Madiun

Hari Pertama Kerja Maidi-Inda Raya

MADIUN – Wali Kota Madiun Maidi menjalani hari efektif pertamanya sebagai kepala daerah kemarin (30/4). Mengumumkan program kerja dan rencana penyusunan RPJMD 2019–2024 merupakan agenda pertama mantan sekda Kota Madiun tersebut. Sebelumnya, Maidi juga memimpin apel pegawai di halaman Balai Kota.

Ada sejumlah hal yang dievaluasi oleh Maidi dalam rapat koordinasi (rakor) bersama seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di ruang 13. Seperti target program yang kurang perlu dilakukan peningkatan progres. ’’Kami evaluasi kalau ada kekurangan-kekurangan perlu dikejar. Sementara, kalau ada (progres) yang lebih kami jadikan acuan pada 2020,’’ katanya kepada Radar Madiun.

Dalam rakor tersebut Maidi tidak sendiri. Dia ditemani oleh wawali Inda Raya Ayu Miko Saputri dan sekda Rusdiyanto. Pejabat asal Magetan itu juga memberikan pemaparan program dan motivasi.

Namun, yang paling penting dalam rakor itu adalah penekanan terhadap penyusunan RPJMD Kota Madiun. Karena, menurut Maidi, RPJMD tersebut menjadi pedomanan pembangunan untuk lima tahun ke depan. ‘’Maka RPJMD ini dalam waktu dekat akan kami selesaikan. Baru nanti kami uji publik, lalu diserahkan ke DPRD untuk selanjutnya dicek kembali,’’ ungkapnya.

Diakuinya, RPJMD Kota Madiun untuk 2019–2024 mesti dilakukan penyesuaian dengan RPJMD provinsi. Saat ini, rencana jangka pembangunan menengah yang disusun oleh gubernur Khofifah Indar Parawansa dan wagub Emil Elestianto Dardak itu sedang dibahas oleh DPRD Jatim. ’’Dari rencana kegiatan itu nanti betul-betul kami cermati dengan konsultan dan seluruh OPD. Jangan sampai (program) lima tahun ke depan terlalu banyak suplemen,’’ terang Maidi.

Suplemen yang dimaksud dirinya itu adalah tambahan kegiatan di luar perencanaan awal. Sehingga berdampak pada terganggunya pelaksanaan program yang sudah disusun. ’’Jadi, programnya matang, perencanaannya matang dan anggarannya matang. Sehingga, penyelenggaraan pemerintahan ini berjalan mulus sesuai dengan target RPJMD,’’ jelasnya.

Di sisi lain, Sekda Kota Madiun Rusdiyanto juga memaparkan tentang rencana pemkot menghadapi Ramadan. Seperti penataan wajah Kota Madiun. Mulai dari pintu masuk sisi utara, barat, selatan dan timur.

Sementara itu, hari pertama kerja pertama wawali Inda Raya dilakukan dengan meninjau rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di kantor KPU Kota Madiun. (her/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close