Magetan

Hari Jadi ke-346 Magetan, Kepala Bappeda: Tantangannya Bangkit dari Pandemi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Kabupaten Magetan genap berusia 346 tahun hari ini. Daerah yang dipimpin Bupati Suprawoto dan Wakil Bupati Nanik Endang Rusminiarti itu terus mencoba bangkit dari pandemi Covid-19 yang dua tahun terakhir mendera. ‘’Upaya mengarah ke sana sudah terlihat,’’ kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Magetan Elmy Kurnianto, Selasa (12/10).

Sejak 2018 hingga 2020, indeks pembangunan manusia (IPM) Magetan terus bertumbuh. Dari 72,91 pada 2018, naik menjadi 73,49 pada 2019, dan mencapai 73,93 pada 2020. Angka partisipasi sekolah (APS) juga terus meningkat. Menandakan bahwa pandemi tidak menjadi kendala dalam membangun sumber daya manusia yang unggul.

Menurut Elmy, pertumbuhan IPM dan APS itu juga menjadi indikasi bahwa sederet program dan kebijakan pemerintahan di era kepemimpinan Suprawoto dan Nanik terbilang jitu. ‘’Pertumbuhan IPM dan AHH (angka harapan hidup, Red) di Magetan bahkan melebihi angka nasional,’’ klaim Elmy.

Jika Magetan ingin bangkit dan lebih maju lagi, tiga komponen harus lebih diperhatikan. Pertama, mengarahkan berbagai program agar AHH semakin meningkat. Kedua, meningkatkan APS. Ketiga, fokus meningkatkan angka penanganan daerah rawan pangan (PDRP). ‘’Magetan bisa lebih maju lagi jika fokus memperbaiki ketiga komponen itu,’’ jelas Elmy. (mg5/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button