Pacitan

Hari Jadi Ke-275 Kabupaten Pacitan, SBY Pulang Kampung

Kirab Parogo Libatkan 1.000 Orang

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Rangkaian peringatan hari jadi ke-275 Kabupaten Pacitan 2020 yang jatuh hari ini (19/2) dikemas lebih meriah. Sebelumnya, tiga tahun berturut-turut dirayakan sederhana. Acara yang melibatkan banyak massa digelar. Salah satunya, kirab parogo dari Penceng hingga pendapa kabupaten setempat. ‘’Jumlah petugas juga lebih banyak,’’ kata Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Pacitan Daryono Selasa (18/2).

Daryono menyebut, sebanyak 500 petugas dikhususkan untuk prosesi kirab. Terdiri para pelajar dan lainnya. Pun 200 seniman senior dan junior dilibatkan dalam  acara yang dijadwalkan berlangsung sekitar satu jam tersebut. ‘’Ditambah peserta dan kepanitiaan total mencapai 1.000 orang,’’ ujarnya.

Petugas, lanjut Daryono, sengaja didominasi para pelajar. Harapannya, keterlibatan generasi muda bakal memupuk rasa bangga karena lahir dan tinggal di Pacitan. Pun menanamkan kecintaan pada budaya lokal. ‘’Ke depan mereka akan mewarisi budaya ini, jadi harus kita tanamkan sejak dini,’’ tuturnya.

Prosesi kirab sendiri bakal dimulai sekitar pukul 07.00. Peserta berjalan kaki membawa beberapa bungai rampai. Termasuk tirto wening dan rucuh pace yang jadi acara inti. Sesuai rundown acara, kirab bakal berlangsung sekitar 20 menit. Dilanjutkan prosesi di pendapa. ‘’Nanti di pendapa sekitar 30 menit, kita kemas semenarik mungkin,’’ ungkapnya.

Daryono menambahkan, warga dapat melihat langsung acara ini. Mereka juga diperkenankan masuk halaman pendapa, baik sebelum atau sesudah kirab. Namun, dia berharap warga menjaga jarak dengan para peserta kirab agar prosesi sakral berjalan lancar. ‘’Kami buka semua pintu kompleks pendapa. Jadi, warga boleh masuk dan melihat langgung di sekitar lapangan rumput,’’ jelasnya.

Bupati Pacitan Indartato menambahkan, beberapa agenda juga diselenggarakan untuk memeriahkan hari jadi. Termasuk lomba, event, hingga pengajian dan pergelaran wayang kulit. Anggaran ratusan juta rupiah disiapkan untuk memeriahkan hari jadi di akhir masa jabatan Indartato ini. ‘’Tahun ini lebih meriah, tapi tetap menjaga budaya,’’ sebut Pak In, sapaan Indartato.

Sementara itu, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga dijadwalkan pulang kampung bersamaan peringatan hari jadi Pacitan. Rencananya, presiden ke-7 RI itu hadir Kamis besok (20/2). Menurut Pak In, SBY empat hari di Pacitan. Kembali ke Jakarta Senin (24/2).

Selain melepas rindu, kehadiran putra kebanggan Kota 1.001 Gua itu juga untuk meninjau lokasi pembangunan museum dan galeri di Jalur Lintas Selatan (JLS) Sidoharjo, Pacitan. ‘’Groundbreaking dan peletakan batu pertema museum yang digagas Pak SBY,’’ jelasnya.

SBY juga bakal membuka turnamen bola voli di GOR Pacitan, Jumat (21/2). Turnamen diikuti sejumlah klub lokal Pacitan. ‘’Mungkin nanti hari Minggu (23/2), beliau juga kami undang untuk ikut jalan sehat kalau berkenan,’’ ujarnya sembari menambahkan tidak ada agenda politik yang dilakukan SBY selama di Pacitan. (gen/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close