Madiun

Hari Ini, Wisma Haji Kota Madiun Difungsikan Jadi RS Lapangan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Rumah sakit (RS) lapangan untuk merawat pasien Covid-19 dioperasikan hari ini (24/7). Hingga Jumat (23/7) persiapan terus dikebut dan progresnya telah menyentuh 90 persen lebih. Rumah sakit darurat ini berlokasi di Wisma Haji Kota Madiun.

Wali Kota Madiun Maidi ingin RS lapangan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung. Mulai oksigen, exhaust untuk menjaga sirkulasi udara, hingga penataan kamar yang nyaman bagi pasien. Tenaga kesehatan (nakes) dan tim medis telah disiagakan. ‘’Di hall ada kamar mandi, tabung (oksigen), tenaga medis, sudah ready semua,’’ kata Maidi.

RS lapangan hanya dapat diakses warga terkonfirmasi positif. Pintu masuk dekat replika Kakbah tertutup untuk umum. Alih fungsi Wisma Haji juga diikuti peningkatan kapasitas ruang isolasi sesuai standar. ‘’Ada batasan mana yang dapat dan tidak dimasuki. Zona merah tidak bisa orang masuk sembarangan,’’ imbuh Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kota Madiun Denik Wuryani.

RS lapangan berkapasitas 182 tempat tidur (TT) dari sebelumnya 112 TT. Denik mengungkapkan, rekor keterisian selama ini 104 TT. RS lapangan nantinya menampung pasien gejala sedang dan berat. Khusus pasien gejala berat sebagai observasi atau sembari menunggu antrean isolasi di rumah sakit rujukan. ‘’Persiapannya serbacepat, dari sebelumnya tempat isolasi menjadi rumah sakit lapangan,’’ lanjutnya.

Denik menyebut, oksigen yang disiapkan sebanyak 40-50 tabung. Memenuhi pasien yang membutuhkan alat bantu pernapasan. Stok tersebut juga menyesuaikan kebutuhan. Khususnya pasien gejala sedang maupun berat dengan saturasi oksigen rendah. ‘’Instalasi oksigen sudah kita siapkan,’’ ungkapnya. (kid/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button