Madiun

Hari Ini, Belasan Tiang di Jalan Kapuas Dipindahkan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Tiang di Jalan Kapuas dan Kampar yang menjorok ke tengah jalan bakal dipindahkan Kamis (14/11). Itu setelah CV Karya 71 sebagai konsultan pengawas dalam tender paket pekerjaan PT Rajawali Raya melakukan kajian. ‘’Konsultan pengawas sudah mengecek lokasi,’’ kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Madiun Thariq Megah.

Mendasar hasil kajian, ada 19 tiang yang bakal dipindahkan. Tujuh milik Telkom dan 12 penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Kapuas dan Kampar. Sedangkan tiang listrik masih berada di bahu jalan. Artinya masih sesuai detail engineering design (DED). ‘’Sudah dijadwalkan untuk pemindahan besok (hari ini, Red),’’ ujarnya.

Sesuai perencanaan, terdapat bahu jalan antara jalan utama dengan trotoar. Lebarnya sekitar 50 sentimeter. Berdasarkan kajian konsultan pengawas, tiang listrik berada di bahu jalan. Sehingga tidak perlu dipindahkan. ‘’Bahu jalan itu yang di luar garis markah. Untuk tempat utility seperti tiang listrik, kemudian pipa PDAM, dan lain-lain. Jadi, tidak mengganggu pengguna jalan,’’ terangnya.

Thariq menegaskan pihak ketiga tidak perlu menyurati PLN terkait permohonan pemindahan tiang listrik. Sebab, masih berdasarkan perencanaan. Pun, keberadaan tiang listrik tidak mengganggu pengguna jalan. ‘’Tiang listrik tidak perlu dipindahkan,’’ tuturnya.

Thariq menyebut, alokasi pemindahan tiang senilai Rp 250 ribu per tiang. Besaran anggaran itu bersifat fluktuatif menyesuaikan kebutuhan lapangan. Kendati demikian, Thariq enggan menunjukkan rencana anggaran biaya (RAB) karena masih dalam proses pengerjaan. ‘’Sudah ada di perencanaan. Tapi, besarnya berapa nanti disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,’’ katanya.

Saat ini paket pekerjaan sepanjang 1.050 meter dengan nilai Rp 10 miliar itu telah mencapai 95 persen. Menyisakan beberapa item pekerjaan seperti perapian, pengecatan, dan perapian tiang. ‘’Besok (hari ini, Red) kami juga turun ke lapangan untuk meninjau langsung pemindahan tiang,’’ ucapnya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button