Madiun

Hari-Hari Wilis Palupisari Tak Pernah Dilewatkan dengan J-Song

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Lagu-lagu karya musisi Jepang mendapat tempat tersendiri di kalangan pencinta musik tanah air. Tidak terkecuali Wilis Palupisari. Bahkan, perempuan itu kini eksis sebagai vokalis sebuah band rock Jepang beraliran powermetal. ‘’Hampir setiap hari dengerin acara lagu-lagu Jepang di radio,’’ kata warga Jalan Campursari, Kelurahan Sogaten, Manguharjo, itu, Senin (20/9).

Kecintaan Wilis pada J-song tidak terlepas dari minatnya terhadap J-pop culture semenjak duduk di bangku SMP. Kala itu, dia mulai keranjingan dengan apa pun yang berbau Jepang. Mulai komik, fashion, teknologi, musik, hingga kulinernya.

Saking sukanya dengan J-song, Wilis sengaja mengoleksi beberapa CD musik Jepang. Di antaranya, rekaman konser Ayumi Hamasaki dan album Loka, salah satu band rock Negeri Sakura. Tak hanya itu, dia juga memiliki koleksi beberapa kostum manggung yang unik. ‘’Misalnya kimono yang sudah dimodif ala cosplay,’’ beber ibu satu anak itu.

Setelah lulus SMA, Wilis gabung Komunitas Jepang Surabaya (Kojtsu). Berawal dari situ, tercetuslah ide membentuk beberapa grup musik sekaligus hingga lahirlah We and You, Oricon, Dragon Essence, dan Anonim. ‘’Yang masih aktif sekarang cuma Dragon Essence. Genrenya powermetal,’’ ujarnya.

Awalnya, Wilis kesulitan bernyanyi dengan genre powermetal. Namun, berbekal tutorial dari YouTube serta masukan senior di komunitasnya, perempuan 29 tahun itu akhirnya mampu membawakannya dengan baik. Pun, bandnya sering mendapatkan job manggung. ‘’Mulai Sidoarjo, Surabaya, Gresik, dan Malang. Kebanyakan festival budaya Jepang,‘’ paparnya.

Bagi Wilis, musik powermetal Jepang memiliki energi yang membuat dirinya lebih semangat. Selain itu, lantaran mayoritas memiliki sentuhan klasik sehingga terasa megah saat dibawakan di panggung. (tr1/isd/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button