features

Hari-Hari Agus Setya Budi Tak Pernah Lepas dari Reptil

Kerap Diminta Evakuasi Ular Masuk Rumah Warga

Bagi banyak orang, ular merupakan binatang menakutkan. Namun, itu tidak berlaku untuk Agus Setya Budi. Pria itu kesehariannya justru akrab dengan jenis reptil tersebut maupun beberapa hewan predator lainnya.

SRI MULYANI, Jawa Pos Radar Madiun

ULAR warna hitam dengan garis-garis kuning itu terlihat nyaman saat dipangku Agus Setya Budi. Sesekali binatang melata itu menjulur-julurkan lidahnya. Di saat yang lain bergelayut di leher tuannya. ”Awalnya orang tua tidak suka dengan hobi saya ini. Tapi, lama-lama bisa menerima, apalagi ada manfaatnya,” ujar Agus.

Agus mulai akrab dengan reptil terinspirasi dari tayangan acara petualangan alam liar di salah satu stasiun televisi swasta. Awalnya dia sekadar memelihara ular, musang, dan burung hantu. Namun, belakangan merambah jenis hewan predator lainnya seperti biawak dan musang. ‘’Hobi sejak SD. Kebanyakan ular. Sampai sekarang sudah ratusan yang pernah saya rawat,’’ ungkapnya.

Beberapa jenis ular yang pernah dipelihara Agus adalah reticulated python, naja sputatrix, boiga dendrophila, ular weling, dan pipe snake. Ular-ular itu didapat dari sawah, pinggir sungai, dan hutan bambu. Sebagian lagi dari rumah penduduk.

”Bukan untuk koleksi, tapi saya rawat dari kecil. Setelah besar dikembalikan ke habitatnya. Kalau yang sakit disembuhkan dulu, baru dirilis. Kalau jenis berbisa biasanya saya carikan tempat yang jauh dari perkampungan. Sedangkan yang tidak berbisa dikembalikan ke persawahan,” bebernya.

Berkat hobinya itu, Agus kerap diminta mengevakuasi ular yang masuk rumah warga. Kendati demikian, dia enggan disebut sebagai pawang. ”Bisa menangani ular dari belajar secara otodidak. Kuncinya berani dan pakai perasaan,” sebut warga Jalan Kamboja, Oro-Oro ombo, Kartoharjo, itu.

Agus menyayangkan adanya tindakan membunuh ular lantaran dianggap sebagai binatang yang membahayakan. Pasalnya, ular merupakan bagian dari jejaring ekosistem pengendali hama. ‘’Jika mendapati ular di sekitar rumah sebaiknya minta bantuan orang yang berpengalaman untuk menangkapnya, kemudian dilepas lagi,’’ ujarnya sembari memperlihatkan beberapa bekas gigitan hewan predator di tubuhnya. (*/isd/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close