Ponorogo

Harga Telur Anjlok, Peternak di Ponorogo Gelar Bazar di Depan Kantor Dewan

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Aksi protes terkait anjloknya harga telur dilakukan oleh peternak di Ponorogo. Cara yang mereka tempuh adalah dengan menggelar bazar di depan kantor DPRD Ponorogo, Minggu (26/9). ‘’Gedung dewan itu rumah rakyat. Kami menggelar bazar agar mendapatkan kepedulian wakil rakyat, selain upaya menstabilkan harga telur,’’ kata Eni Kustianingsih, ketua Asosiasi Peternak Ayam Petelur Ponorogo.

Eni dan sejumlah anggota asosiasinya mulai berjualan telur di depan gedung DPRD sejak Jumat lalu (24/9) hingga kemarin. Mulai pukul 14.30 hingga pukul 20.00. Mereka membawa mobil penumpang dengan bagian bagasi diisi tumpukan telur. Para peternak itu tak lupa menyediakan timbangan digital. ‘’Kami biasanya menjual ke pedagang, sekarang turun ke jalan untuk bertemu konsumen langsung,’’ terang Eni.

Dia menyebut, harga pokok penjualan (HPP) telur saat ini Rp 20.500. Peternak saat bazar banting harga telur Rp 17 ribu per kilogram. Eni sempat menyesalkan ulah pedagang dari luar daerah yang main obral telur Rp 14 ribu per kilo. Yang dijual ternyata telur grade B alias KW 2. ‘’Peternak lokal selama ini penghasil telur grade A karena menjaga kualitas pakan,’’ jelasnya. (tr2/c1/hw/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button