Pacitan

Harga Porang Tinggi di Tengah Pandemi

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Porang masih menjadi komoditas andalan warga Desa Gembuk, Kebonagung, Pacitan. Jumlah petani pembudidayanya semakin bertambah dari waktu ke waktu. Bahkan, penjualannya nyaris tidak terdampak wabah korona saat ini. ‘’Harga jual porang malah naik dibandingkan tahun kemarin,’’ kata Agung Prasedyanto, salah seorang petani porang setempat, Minggu (19/4).

Pada bulan yang sama tahun lalu, harganya hanya Rp 4.000 per kilogram. Sedangkan, saat ini di tingkat petani mencapai Rp 7.500. ‘’Masih jadi primadona, karena porang tumbuhan multifungsi,’’ ujarnya.

Banyak manfaat porang. Selain untuk dunia industri, juga dapat dibuat lem tingkat tinggi, untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk  juga untuk produk olahan makanan dan minuman. Naiknya harga porang dinilai lantaran banyak investor yang mencari. Kurs dolar yang tinggi juga berpengaruh. ‘’Prospeknya bagus, bisa dikeringkan dan awet juga,’’ jelasnya.

Selain dikemas dalam bentuk chips, juga bisa dijual berupa tepung dan umbi. Pun penjualan merata seluruh Indonesia, termasuk luar negeri. ‘’Dampak korona saat ini hanya  kesulitan di aksesnya. Karena banyak daerah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Untungnya, porang  masih bisa diolah dan dijual setelah wabah mereda,’’ terangnya.

Agus menuturkan, berdasarkan pengalaman setiap tahun, harga porang tidak terlalu fluktuatif. Justru selalu merangkak naik. Pada April, kadar air porang tertinggi. Juli-Agustus  sudah berkurang. Kadar air sangat memengaruhi kualitas. ‘’Petani menjualnya tergantung kebutuhan. Kalau saat ini butuh, tetap dijual,’’ ungkapnya.

Meski demikian, banyak petani yang masih asal-asalan menanam dan pemasarannya, lantaran minim edukasi. Padahal, jika dikelola dengan baik dari semua sisi bisa meningkatkan ekonomi desa. Dia berharap  porang bisa bersaing dengan padi.

Pun berharap pemerintah memberi edukasi menyeluruh. Mulai penanaman, perawatan, juga pemasaran. Sementara saat ini belajarnya dari Kelompok Petani Porang Cerdas Indonesia yang berpusat di Madiun dan luar Jawa. ‘’Semoga porang yang mulai bagus menjadi angin segar petani di tengah wabah korona. Semoga wabah ini juga lekas selesai, sehingga aktivitas kembali normal,’’ harapnya. (mg2/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close