Madiun

Harga Kelewat Murah, Ribuan Ayam Potong Dibagikan Gratis

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Harga ayam potong hidup di Kabupaten Madiun kelewat murah. Sejumlah peternak yang kesal membagikan gratis ribuan unggas itu ke warga Kamis (16/4). Aksi yang digelar di Pasar Dungus, Wungu, itu bentuk protes harga yang hanya Rp 6.000 per kilogram. ‘’Jauh dari harga semestinya Rp 17 ribu per kilogram,’’ kata Yusak Dwi Prasetyo, seorang peternak ayam potong.

Yusak mengungkapkan, harga turun bertahap sejak pertengahan tahun lalu. Kondisi itu membuat banyak peternak buntung. Sebab, harga pakan dengan harga jual tidak seimbang. Fenomena itu dianggap janggal lantaran harga ayam potong siap konsumsi di pasaran terbilang normal. ‘’Kami bagi-bagikan supaya pemerintah tahu kondisi peternak. Kalau memang ada yang main-main harga, semoga cepat ditindaklanjuti. Sudah banyak peternak yang gulung tikar,’’ terangnya.

Pembagian ribuan ayam potong dari atas pikap itu menyedot perhatian warga. Baik pedagang maupun yang berbelanja rela berdesak-desakan demi mendapatkan satu hingga dua ekor unggas tersebut. Tidak genap satu jam, langsung ludes. ‘’Lumayan dapat satu, untuk jadi lauk,’’ kata Prawoto, salah seorang warga.

Jatmiko, warga lainnya, berhasil membawa pulang tiga ekor setelah berdesak-desakan. ‘’Bagi-bagi ayam gratis baru pertama kali di Pasar Dungus. Lumayan buat dimasak tanpa harus keluar uang,’’ ujarnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close