Ponorogo

Harga Jahe Merah Tembus Rp 60 Ribu

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Komoditas empon-empon mendadak diburu warga hingga harganya melonjak di pasaran. Itu lantaran dipercaya mampu menjaga kebugaran tubuh di tengah kekhawatiran merebaknya Covid-19 alias korona. ‘’Paling mahal jahe merah,’’ kata Ratmi, pedagang rempah di pasar relokasi, Jumat (6/3).

Ratmi menjelaskan, jenis empon-empon yang paling dicari adalah jahe merah. Pun, harganya yang semula Rp 40 ribu, kini naik menjadi Rp 60 ribu per kilogram. Temulawak ikut naik harga, dari Rp 5.000 menjadi Rp 10 ribu. ‘’Kunyit juga naik. Sebelumnya Rp 5.000 sekarang Rp 8.000,’’ rincinya.

Tengkulak penyuplai empon-empon, kata dia, menyebut harga mengalami kenaikan lantaran stok jenis komoditas itu minim. ‘’Paling banyak kenaikannya jahe merah,’’ tuturnya.

Minten, pedagang lainnya, mengaku berlangganan jahe merah dan jenis empon-empon lainnya dari tengkulak di Pacitan dan Pulung. Namun, akhir-akhir ini pasokan berkurang. ‘’Pesan tiga kuintal hanya dikirim dua kuintal. Katanya barangnya langka,’’ ujarnya. (naz/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button