Pacitan

Harga Cabai Anjlok

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Harga cabai rawit dan merah di Pacitan turun. Stok yang melimpah membuat harga cabai yang biasa melambung tinggi kini justru merosot.

Saat ini harga cabai di pasaran di bawah Rp 23 ribu per kilogram. Bahkan, beberapa pasar menjualnya dengan harga di bawah Rp 20 ribu per kilogram. Patokan harga tersebut berlangsung sejak beberapa pekan terakhir.

Yatmi, pedagang sayur Pasar Arjowinangun, mengatakan harga cabai turun sejak Agustus lalu. Di lapaknya, kini harga cabai rawit dijual Rp 20 ribu per kilogram. Padahal, pada harga normal cabai rawit biasanya seharga Rp 22 ribu hingga Rp 25 ribu per kilogram. ’’Meski harga turun, pembeli juga tidak naik,’’ katanya Selasa (8/9).

Sejak adanya pandemi, penjualan sayur dan kebutuhan pokok memang tidak begitu ramai. ’’Yang beli ada, tapi jumlahnya turun dibandingkan biasanya,’’ imbuh Yatmi.

Menurutnya, harga cabai bakal semakin menurun. Sehingga dinilai semakin merugikan petani cabai. ‘’Memang harganya murah. Apalagi setelah di Desa Arjowinangun ada yang terkonfirmasi, pengunjung jadi sepi,’’ ungkapnya.

Tidak hanya cabai, harga bawang merah juga turun. Saat ini hanya Rp 22 ribu–Rp 25 ribu. Sementara sebelumnya Rp 50 ribu per kilogram. Turunnya harga komoditas itu membuat masyarakat sedikit terbantu. ‘’Setidaknya dari harga kami beli di tengkulak masih bisa dapat untung saat kembali dijual,’’ pungkasnya. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close