Magetan

Harga Ayam Ras Terjun Bebas, Peternak Merugi

MAGETAN – Peternak ayam ras di Magetan merugi. Seiring anjloknya harga jual daging ayam ras pascalebaran. Dari sebelumnya Rp 10 ribu, menjadi Rp 7 ribu perkilogramnya. ‘’Untuk normalnya, harga perkilogram adalah Rp 18 ribu sampai dengan Rp 20 ribu,’’ kata seorang peternak di Sukomoro, Suparman.

Dampaknya, Suparman merugi puluhan juta rupiah. Kondisi itu belum termasuk beralihnya masyarakat membeli ayam ras di pasar. Serta melambungnya harga bahan pakan ayam. ‘’Untuk pakan satu karungnya Rp 360 ribu, sedangkan untuk mencukupi sekitar 5 ribu ekor ayam setidaknya membutuhkan 5–6 karung tiap harinya,’’ ungkapnya.

Keluhan serupa juga datang dari peternak ayam ras lainnya, Rudi. Dia menduga anjloknya harga ayam ras dipengaruhi oleh permainan harga di tingkat tengkulak. Sehingga, membuat pedagang menurunkan harga jual daging ayam ras ke konsumen. ‘’Stok ayam ras pascalebaran sangat melimpah. Sehingga, memperngaruhi harga daging ayam di tingkat pasar,’’ terangnya.

Dia berharap pemkab bisa mencarikan solusi terkait kemudahan peternak ayam dalam mendapatkan pasar secara layak. Termasuk menekan harga jual daging ayam ras di tingkat pasar. ‘’Yang pasti, dampaknya selain merugi puluhan juta rupiah, para peternak akan mengundur masa panen yang semula (ayam) berumur 34 hari bisa menjadi 50 hari,’’ jelasnya. (mgc/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close