Ngawi

Hando, Seniman Balancing Art yang Akrab dengan Bebatuan di Sungai

Seni dapat diterapkan dalam media apa saja. Tak terkecuali batu. Belakangan, semakin banyak warga Ngawi yang menekuni balancing art. Bahkan, ada festivalnya. Salah satunya di bumi perkemahan Seloondo.

————-

SUGENG DWI, Ngawi, Jawa Pos Radar Ngawi

MATA Hando menatap tajam beberapa botol bekas minuman bersoda itu. Mencari sudut yang pas, sesekali benda dari bahan kaca tersebut diputar-putar. Botol itu selanjutnya ditumpuk dengan hati-hati. Pria itu tampak mengernyitkan dahi saat upayanya gagal. ‘’Sulitnya di sini, waktu menyusun harus ekstrasabar,’’ kata Hando.

Aksi Hando itu sempat menjadi pusat perhatian pengunjung Festival Gravitasi Bumi (FGB) 2019 di bumi perkemahan Seloondo beberapa hari lalu. Pun, tak sedikit wisatawan yang mengabadikan aksi seniman balancing art tersebut. ‘’Kalau lagi jenuh sering main ke sungai sambil menata batu,’’  ujarnya.

Hando mengenal dunia tumpuk-menumpuk benda sejak tiga tahun silam. Bermula saat warga Desa/Kecamatan Paron tersebut melihat foto-foto rock balancing di media sosial.

Sejak itu, dia rajin belajar secara otodidak dengan memelototi video aksi para seniman rock balancing. Tayangan tersebut lantas dipraktikkan hingga lambat laun Hando menguasainya. ‘’Pernah ikut event di Madiun, Jogjakarta, dan kota lain,’’ ungkap pria yang pada FGB 2019 menjadi juri ini.

Pria 32 tahun itu tak pernah menghitung berapa tinggi batu yang berhasil ditumpuk. Baginya, unsur estetika dari rock balancing lebih menarik. Apalagi, saat berhasil membuat model-model sulit seperti bridge, tik tak toe, pagoda, hingga pembelokan counter.

Selain di sungai, Hando pernah menyusun batu di lokasi ketinggian seperti bukit dan gunung. Namun, agar tidak membahayakan warga, setelah tersusun lantas dirobohkan sebelum pergi. ‘’Kalau di sungai saya biarkan saja (menumpuk). Biasanya akan ambruk sendiri terkena arus air atau angin,’’ jelasnya. *** (isd/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close