Magetan

Halau Pemudik di Perbatasan Jateng-Jatim

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pemudik akan mendapat penyambutan berbeda dibanding pekerja migran. Selama Lebaran mendatang, kepolisian bakal menerapkan penyekatan untuk menghalau para pemudik yang nekat pulang kampung. Khususnya dari wilayah Jawa Tengah (Jateng) menuju Jawa Timur (Jatim). ‘’Seluruh jalur menuju Magetan akan kami pantau,’’ kata Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana, Selasa (27/4).

Perbatasan Magetan-Karanganyar bakal menjadi titik utama penyekatan. Seluruh kendaraan yang nekat melintas dari Jateng ke Jatim untuk mudik bakal diminta putar balik. Jalan-jalan tikus yang menghubungkan Jatim dan Jateng juga akan dipantau ketat. ‘’Kalau jalan tikus nanti ramai, kami akan langsung kerahkan tim,’’ tegasnya.

Selain perbatasan Jatim-Jateng, polisi akan mendirikan pos penyekatan di Lembeyan, Parang, Takeran, dan Maospati. Hanya pengguna jalan yang membawa surat keterangan negatif tes cepat Covid-19 yang diperbolehkan melintas. ‘’Bagi yang tidak memiliki surat keterangan negatif Covid-19, kami persilakan untuk putar balik atau tes cepat di tempat,’’ ujarnya.

Tak tanggung-tanggung, polres bakal menerjunkan 118 personel. Jumlah itu belum termasuk dukungan personel dari TNI dan pemkab. Festo berharap masyarakat dapat mematuhi kebijakan larangan mudik pada Lebaran tahun ini. ‘’Kami tegaskan, pemudik dilarang kembali ke kampung halaman,’’ ucapnya. (fat/c1/naz)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button