AdvertorialMejayan

Guru Teladan Asah Siswa Jadi ”Berlian”

MEJAYAN – SMAN 1 Mejayan, Kabupaten Madiun, mencetak generasi hebat. Banyak tokoh penting negeri ini pernah menimba ilmu dari lembaga pendidikan yang pada 1 Agustus 2020 lalu itu berusia 55 tahun. Mulai dosen, profesor, guru besar, pengusaha, sampai jenderal. ‘’Mereka (alumni, Red) adalah permata yang terpendam,’’ kata Kepala SMAN 1 Mejayan Agus Supriyono.

Para alumni menjadi kebanggaan sekolah. Kisahnya menginspirasi. Karenanya, SMAN 1 Mejayan mengambil tema Mari Kejar Mimpi Sampai ke Luar Angkasa untuk peringatan HUT ke-55. Jargon itu diterapkan pula dalam perayaan virtual kemarin. Tajuknya Spectacular Performance at Smansa Celebration (SPACE).

Agus menyebut, perwakilan guru yang berhasil mengasah siswa menjadi ”berlian” itu diundang. Video ucapan selamat, kesan, dan pesan dari para alumni disiarkan ulang. ‘’Guru-guru zaman dulu mampu melahirkan mereka semua. Bagi siswa, bisa dijadikan inspirasi meraih cita-cita,’’ tuturnya.

Lilik Ari Mudjiati, mantan guru SMAN 1 Mejayan, masih bisa mengingat anak didiknya yang sudah sukses. Salah satunya, Laksmana TNI Yudo Margono, yang kini menjabat kepala staf Angkatan Laut. ‘’Dia (Yudo, Red) sekolah naik sepeda dari Nglames,’’ kenangnya.

Di mata para alumni, Lilik adalah guru favorit dan diteladani. Pendidik yang mulai mengajar di SMAN 1 Mejayan pada 1979 itu menjadi langganan silaturahmi orang-orang penting yang dulu dia ajar di ruang kelas. ‘’Mereka sudah saya anggap sebagai anak sendiri. Ada reuni, saya dijemput atau datang ke rumah,’’ ungkapnya. (den/c1/cor/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close