News

Gunung Kerinci Dan Gunung Sinabung Terdapat Di Pulau

×

Gunung Kerinci Dan Gunung Sinabung Terdapat Di Pulau

Share this article

Gunung Kerinci Dan Gunung Sinabung Terdapat Di Pulau – Pegunungan di Sumatera – Secara geografis Indonesia berada pada titik pertemuan dua lempeng benua, sehingga tak heran jika kita mempunyai banyak sekali gunung berapi. Lebih detailnya, terdapat zona subduksi yang membentang di barat Sumatera, selatan Jawa, dan selatan Timor. Banyak gunung berapi aktif yang terdapat di kawasan ini.

Secara khusus, apa saja pegunungan aktif dan tidak aktif di Sumatera? Dari Gunung Leiser hingga Gunung Ka’bah. Untuk lebih jelasnya berikut ulasan 14 gunung yang populer untuk didaki di Sumatera.

Gunung Kerinci Dan Gunung Sinabung Terdapat Di Pulau

Gunung Leiser merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Sumatera, dengan ketinggian 3445 meter di atas permukaan laut. Namun, para pendaki ini mudah dijangkau. Memang benar, mencoba mendaki Gunung Leiser merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

Anak Gunung Wajib Tau! Ini 8 Gunung Tertinggi Di Pulau Sumatera, Track Menantang Dan Menguji Adrenalin

Ambil contoh Katadat, Gunung Leuser memiliki tiga puncak, yaitu Puncak Leuser (3.404 msq), Puncak Leuser (3.199 msq), dan Puncak Tanpa Nama (3.445 msq). Sedangkan pada tahun 1980, salah satu gunung tertinggi di Sumatera ini dimasukkan ke dalam cagar hayati. Tak hanya itu, Gunung Leyser pun masuk dalam ASEAN Heritage Park pada tahun 1984.

Terletak di sekitar Kecamatan Gamedes Gang Lues, Provinsi Nanggro Aceh Darussalam, Gramedes memulai pendakian Gunung Leuser dari Bukit Lawang. Perjalanan menuju puncak biasanya melalui gurun Taman Nasional Gunung Leyser.

Selama pendakian kita akan menjumpai flora dan fauna Indonesia yang berada di sekitar hutan wisata alam Sumatera Utara. Misalnya saja banyak terdapat orangutan liar, ular, gajah, dan harimau sumatera. Tentu saja ada banyak hewan yang harus diwaspadai.

Bagi para petualang yang suka “bersusah payah” melihat keindahan sesuatu, mendaki Gunung Sibayak adalah destinasi yang tepat. Pasalnya kita hanya bisa mendaki ke puncak gunung ini dan menyaksikan keindahan alam yang terhampar di depan mata kita. Petualangan yang menyenangkan pun terjadi.

Pendakian Gunung Kerinci: Menapaki Atap Sumatera

Gunung Sibayak sering disebut Gunung Raja karena Sibayak artinya raja. Dalam cerita penduduk tanah Karo, ada empat orang raja atau Sibayak yang menguasai Sibayak Lingga, Sarinemba, Suka, Barusjahe dan Kutabulukh. Untuk mendakinya, Anda bisa menempuh waktu sekitar dua jam dari dataran Graemdes.

Gunung Sibayak masih memiliki keunikan pemandangan pegunungan yang memiliki kandungan belerang lebih tinggi dari biasanya, sehingga gunung ini memiliki keindahan pemandangan berupa formasi batuan yang berbeda dengan gunung lainnya di Sumatera.

Terlebih lagi, letusan sebelumnya telah menciptakan situasi yang agak tidak teratur pada bebatuan di puncak gunung. Wisatawan yang ingin menguji adrenalin memang menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, pemandangan matahari terbit di puncak Gunung Sibayak sangat indah, cahayanya mengimbangi dinginnya malam yang dilalui para pendaki.

Baca Juga  Sebutkan Tiga Nama Planet Dalam Selain Bumi

Oleh karena itu, tak heran jika banyak pendaki yang memilih mendaki gunung pada malam hari. Idealnya, Gramedes bisa melihat matahari terbit di puncak gunung ini jika ia mulai mendaki pada pukul 02.00. Meski kami memulai perjalanan pagi-pagi sekali, kami tidak perlu takut karena lampu-lampu di rumah-rumah penduduk juga menerangi langit. Terdapat juga aliran air yang menyegarkan di antara bebatuan di gunung.

Update] Informasi Status Buka Dan Tutup Gunung 2022

Gunung Tujuh terletak di Taman Nasional Kerinichi Seblat, jadi Grameds harus banyak menjelajah dalam perjalanan menuju puncak. Gunung dengan danau yang terkenal ini berada 2.735 meter di atas permukaan laut. Menariknya, Gunung Tujukh juga merupakan gunung berapi purba yang hampir punah pasca letusan ribuan tahun lalu, Gramdes!

Letusan tersebut menciptakan kaldera besar sepanjang 4,5 kilometer. Danau ini menjadi salah satu danau terpopuler di Sumatera seiring berjalannya waktu.

Destinasi yang dipilih adalah Danau Gunung Tujuh yang bahkan merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara karena tingginya mencapai 1.950 meter di atas permukaan laut. Tak hanya indah, danau ini juga menjadi sumber Sungai Batang Sangir dan Air Terjun Telun Berasp.

Danau Gunung Tujukh jelas bukan hanya karena Grameng berada di bawah Gunung Tujukh. Alasan lainnya, danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung antara lain Gunung Tujukh, Gunung Jar Pangang, Gunung Madura Besi, Gunung Hulu Tebo, Gunung Lumut, Gunung Hulu Sangir, dan Gunung Selasikh.

Fakta Gunung Kerinci Yang Harus Anda Tahu Sebelum Mendaki

Gunung Talamao yang terletak di wilayah Pasaman, Sumatera Barat, memiliki keunikan pemandangan alam yang menarik wisatawan untuk mendakinya. Ketinggiannya lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut dan mencapai 2.912 meter di atas permukaan laut. Tak heran, biasanya kita perlu menghabiskan waktu sekitar empat hari untuk bolak-balik dari gunung ini.

Untuk mendakinya kita bisa menggunakan jalur pendakian tiang di puncak Gunung Talamao melalui desa Pinaga. Tidak hanya akses jalur pendakian yang mudah, gunung ini juga memiliki air terjun dan danau sebagai pilihan pendakian.

Gunung Bandahara berada 3.030 meter di atas permukaan laut. Terletak di Kabupaten Gayo Lus Provinsi Aceh, merupakan gunung tertinggi kedua setelah Gunung Leuser di Gremes yang berbatasan dengan Aceh dan Sumatera Selatan.

Dibutuhkan waktu sekitar 10 jam dengan mobil pribadi dari Medan untuk mencapai gunung ini. Selama pendakian, Anda akan menemukan beberapa sumber air dan Grameds dapat memastikan jumlah air kemasan yang dibawa bersama pemandu.

Baca Juga  Dalam Bola Voli Pemain Nomor Ketiga Dinamakan Dengan

Gunung Api Di Pulau Sumatera, Ada Yang Meletus Pada Tahun 1600

Gunung Georedong dengan ketinggian 2.885 meter di atas permukaan laut merupakan salah satu dari tujuh gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Jalur pendakian melewati desa Bukit Muli dan berjarak sekitar 6-7 kilometer dari Gunung Georedong.

Pemandangannya luar biasa, dengan banyak puncak berhutan di segala arah. Berdekatan dengan Telong, merupakan kompleks gunung berapi yang bersejarah dan sering dikunjungi oleh para pendaki. Namun sayangnya, masih ada pendaki gunung yang belum mengetahui perbedaan Telong dan Geordong.

Gunung Singalang merupakan salah satu gunung tertinggi di Sumatera Barat yang tingginya mencapai 2.888 meter di atas permukaan laut. Suhu di gunung ini cukup lembab sehingga tak heran jika pepohonan di jalur pendakian banyak ditumbuhi lumut.

Untuk mencapai gunung ini harus melewati kawasan Agham. Salah satu cara untuk mencapai Agam awal pendakian adalah dengan menggunakan kendaraan umum seperti angkot atau mobil sewaan.

Lokasi Gunung Kerinci, Tips Mendaki, Dan Mitos Horor Yang Populer

Gunung Singalang memiliki tiga jalur pendakian: Tobok, Ballingka dan Koto Baru. Pendakian dengan jalur Koto relatif singkat, hanya membutuhkan waktu 4-6 jam untuk mencapai puncak.

Gunung Perkson di Aceh Tenggara merupakan Gunung Mati. Berada di ketinggian 2.828 meter di atas permukaan laut, terletak 30 kilometer barat laut Kota Kutakane, ibu kota Aceh Tenggara.

Untuk mendaki gunung ini dimulai dari desa Lao Harum yang merupakan kendaraan terakhir. Selama pendakian, kita bisa menjumpai beberapa jenis satwa, seperti cumi-cumi, permata, rangkong dan jenis lainnya.

Gunung Sibuatan merupakan gunung tertinggi di Sumatera Utara. Lokasi detailnya berada di perbatasan antara wilayah Karoo dan wilayah Deiry. Secara resmi, gunung ini juga memiliki titik tertinggi yang dapat didaki dengan aman yaitu 2.460 meter di atas permukaan laut.

Coba Mendaki Gunung Untuk Rayakan Momen Kemerdekaan Indonesia

Ada hutan dalam perjalanan menuju Gunung Sibuatan. Selain itu masih termasuk Bukit Barisan yang membutuhkan waktu setidaknya 7-9 jam untuk mencapai puncaknya.

Terletak di perbatasan Jambi dan Sumatera Barat, Gunung Kerinichi merupakan salah satu gunung yang paling mudah untuk dikunjungi atau didaki. Ketinggiannya mencapai 3.805 meter di atas permukaan laut menjadikannya gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Dibutuhkan beberapa hari untuk mencapai puncak Gunung Gramidis Kerinichi.

Gunung Kerinichi masih aktif dan terakhir meletus pada tahun 2009. Lokasinya yang sempurna adalah gunung teraktif di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Oleh karena itu, pendakiannya menjadi momen seru dan tak terlupakan bagi banyak orang. Saat hari libur, Gunung Kerenichi ramai dikunjungi pengunjung karena popularitasnya di nusantara, khususnya Jambi.

Baca Juga  Contoh Tumbuhan Berbiji Tertutup

Kawasan tersebut juga dikelilingi oleh hutan tropis yang indah dan menakjubkan. Taman nasional ini merupakan habitat yang sangat dilindungi bagi harimau sumatera. Kedalaman gua ini adalah 600 meter.

Daftar 5 Gunung Tertinggi Di Indonesia, Salah Satunya Terdapat Salju

Mengutip situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, gunung tersebut bahkan ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh puncak Indonesia. Apalagi Gunung Kerinichi adalah salah satunya

Gunung Dempo adalah gunung berapi aktif lainnya di Sumatera yang terakhir meletus pada tahun 1818. Sudah lama sekali, bukan? Namun, gunung tersebut telah mencatat 21 kali letusan hingga saat ini. Interval ledakan terpendek adalah satu tahun dan terpanjang adalah 26 tahun.

Meski termasuk gunung aktif, akses atau pendakian Gunung Dempo relatif mudah. Pendakian dapat dimulai dari Pagaralam dan dapat diakses setelah lima jam perjalanan baik dari Bengkul maupun Padang.

Selama pendakian, mata kita disuguhi hamparan kebun teh hijau yang luas. Di sana, Anda akan melihat banyak orang mengenakan topi dan membawa keranjang di pundaknya memetik daun teh yang siap dipanen. Dalam perjalanan ini Anda akan mengunjungi puncak tertinggi Gramedes Bukit Barisan, Gunung Dempo dan Gunung Marapi.

Gunung Merapi Di Pulau Sumatera, Diantaranya Sering Meletus

Jika kita naik ke puncaknya, kita akan melihat tujuh kawah hijau unik Gramdes di ketinggian 3.115 meter di atas permukaan laut di puncak Gunung Dempo di Bengkulu. Di bukit ini juga terdapat Kebun Teh Bukit Dempo dan tempat wisata di puncak bukit.

Jangan lupa bukit ini merupakan penghasil kopi sangrai paling terkenal di kota Pagaralam. Sempurna untuk pecinta kopi rias!

Sebagai salah satu gunung berapi aktif di Sumatera, Gunung Marape merupakan gunung berapi yang memiliki beberapa kawah aktif. Di antara gunung berapi aktif lainnya, Gunung Marape masih dianggap paling aktif di Sumatera dan terakhir meletus pada tahun 2018. Gunung ini merupakan jenis gunung berapi yang bersebelahan dan tingginya mencapai 2.891 meter di atas permukaan laut.

Terletak di antara Kabupaten Tanah Dagar, Kabupaten Tanah Agam dan Kota Padang Panjang Sumatera Barat, gunung ini dekat dengan Gunung Singalang dan Danau Su. Sedangkan jalurnya bisa diakses dari Bukiteng dan Padang Panjang.

Mengenal Seven Summits Indonesia, Pendaki Harus Tahu!

Selain itu, jalur pendakian yang dapat diakses adalah dari Koto Baru.