Magetan

Gunung Bancak Kembali Terbakar karena Ulah Warga

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Kawasan hutan di Gunung Bancak sempat kembali membara Selasa lalu (29/10). Angin kencang dan banyaknya daun kering membuat nyala api makin membesar serta meluas. Ada dua titik kebakaran saat itu. Yakni, di Desa Garon, Kecamatan Parang, serta Desa Balerejo, Kecamatan Kawedanan.

Petugas yang turun ke lapangan sempat kewalahan memadamkan api karena medannya cukup sulit. Si jago merah baru bisa dipadamkan sorenya. ‘’Kebakaran sempat mendekat ke permukiman penduduk,’’ kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan Fery Yoga Saputra.

Diungkapkannya, kawasan hutan Gunung Bancak memang rawan terbakar. Sebab, beberapa warga yang mempunyai lahan pohon jati sengaja membakarnya untuk kepentingan pembersihan. ‘’Tapi, nyala api belum sepenuhnya padam. Terpantau titik api masih terlihat sampai kemarin sore,’’ terang Fery.

Untuk memudahkan proses pengawasan, BPBD beserta Perhutani dan TNI/Polri membuat ilaran. Sekaligus melakukan pengawasan jarak jauh serta patroli di waktu tertentu di kawasan hutan Gunung Bancak. ‘’Ke depan kami juga akan melacak kepemilikan tanah warga yang berada di kawasan Gunung Bancak. Supaya ketika ada kebakaran di lahan mereka, bisa dimintai pertanggungjawaban,’’ bebernya. (fat/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button