Pacitan

Gubernur Wacanakan Pembangunan Bandara di Pacitan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Gulungan peta wacana pembangunan bandara di Pacitan yang sempat ditutup lantaran lokasinya dekat tempat pelatihan militer kini dibuka kembali.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggulirkan kembali wacana itu saat berkunjung ke Pacitan beberapa pekan lalu. Kini, Bupati Indartato mulai melakukan pencarian lokasi pengganti. ‘’Kesempatan emas ini harus kita manfaatkan,’’ kata Sekda Pacitan Heru Wiwoho.

Beberapa tahun lalu, sebutnya, tim ahli dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sudah survei lokasi. Namun, di mana lokasi persisnya dulu, Heruwi enggan membeberkan. Kini, dia berharap wacana itu bakal terealisasi. Terlebih, wacana tersebut dibuka kembali oleh orang nomor satu di Pemprov Jatim. ‘’Sekarang ini sepertinya sudah ada tanda. Berbeda dari usulan sebelumnya,’’ ujar Heruwi, sapaan sekda.

Terkait zona pelatihan militer, Heruwi optimistis di zaman serbacanggih ini bisa tersolusikan. Terlebih, pemkab juga mempertimbangkan opsi pindah lokasi. ‘’Sekarang kan sudah modern, seharusnya bisa diusahakan,’’ tuturnya.

Sembari menyiapkan proposalnya ke pemprov, pemkab terus melakukan penjajakan. Tak muluk-muluk, bandara yang diharapkan nanti setidaknya dapat menampung pesawat ATR dengan kapasitas sekitar 30 penumpang. ‘’Mudah-mudahan juga ada dukungan dari DPR RI,’’ harapnya.

Heruwi optimistis, kelak pembangunan bandara di selatan Jawa ini bakal berdampak positif bagi kelangsungan pariwisata di Pacitan. Meski telah difasilitasi Jalan Lintas Selatan (JLS), moda transportasi udara tetaplah memberi pesona tersendiri. Karena menjanjikan kemudahan akses dan memangkas jarak tempuh. ‘’Kami harapkan tak lama mewujudkannya,’’ pungkasnya. (gen/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close