Madiun

Gotong Royong Jadi Obat Warga Isoman

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Haru dan bahagia terpancar dari wajah pasangan suami istri (pasutri) Bambang Sambodo-Hermin. Itu ketika Wali Kota Maidi bersama warga mengirimi bantuan dan makanan. ‘’Orang sakit Covid-19 itu yang diserang mental, saya betul-betul bahagia. Terima kasih Pak Wali dan warga Jalan Banda,’’ kata Bambang dari balik pagar rumahnya usai menerima bantuan, Jumat (23/7).

Pasutri warga Kelurahan Madiun Lor, Manguharjo, itu memang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman). Sehingga, kedatangan wali kota dan warga menjadi suntikan semangat untuk membangkitkan optimisme melawan virus korona yang menginfeksi tubuh. Potret kepedulian itu sengaja dicontohkan Maidi pada warga kota ini.

Di masing-masing lingkungan rukun tetangga (RT), warga bahu-membahu membantu warga lain yang menjalani isoman. Salah satunya dapur umum di RT 24, RW 07, tersebut. Wiwik Endarini, anggota dasawisma, menyebut bahwa ibu-ibu lingkungan setempat bertugas memasak untuk menyediakan makanan bagi warga isoman. ‘’Dari lima dasawisma, masing-masing mengirimkan perwakilan ke dapur umum,’’ katanya.

Menurut dia, kekhawatiran tertular saat mengantarkan makanan tetap ada. Namun, itu terkalahkan empati untuk peduli ke tetangga. Warga di lingkungan itu sadar betul bahwa Covid-19 bukanlah aib. Sehingga penderitanya tidak harus dikucilkan. Sebaliknya, warga meringankan beban mereka. Warga juga paham bahwa kepedulian akan membantu penyembuhan. ‘’Kalau bahannya, selain dari pemerintah, juga hasil jimpitan RT dan dasawisma. Ada juga dari pribadi,’’ terangnya. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button