News

Godhong Jambu Klutuk Bisa Kanggo Obat Lara

×

Godhong Jambu Klutuk Bisa Kanggo Obat Lara

Share this article

Godhong Jambu Klutuk Bisa Kanggo Obat Lara – Pembelajaran Bahasa dan Sastra Cerbon-Dermayu untuk Siswa Kelas V SD/MI Hak Cipta © Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menurut undang-undang: Buku ini diajarkan kepada siswa sesuai kurikulum 2013. klawan sebagai buku kurikulum lokal hasil koordinasi dengan Balai Pengembangan Bahasa dan Seni Daerah (BPBDK) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Buku tersebut akan diterbitkan pada tahun 2014/2015. Hakikat buku ini adalah “dokumen hidup” yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan zaman. Kolektor : Presiden : Supali Kasym, M.P. Anggota : -Nanang Suhana, M.Pd. -Masduryat, S.Pd.SD. – Vardina, M.P. -Karsym, S.Pd., M.Si. -Roji Hidayat S.Pd. – Ruhandi, S.P. – Dokter. Bani, M.P. – Komaria, M.P. – Dokter. Khj. Siti Ratnavathi, M.M. – Dokter. Saptuna, -Vignya Vinata, M.A., M.P. SUMBER: Supali Kasym, MD, PhD. Saptuna, Durohim, S.Pd., Roji Hidayat, S.Pd., Sulistijo, Saupah, S.Pd., Maya Dewey, S.Pd., Tasman, S.Pd., Mesruri, S.Pd., M. Av., Siarudin, M.Pd., H.Uti Sudianto, S.Pd. TIM PENINJAUAN : H. Made Casta, S.Pd., M.Pd. Kh. Husnan Adisantika, S.Ag., M.M.Pd. Shri Murtiani, M.P. Abur Mustikawanto Sulistijo Desain Konten: Yoshi Sukadar Desain Sampul: Yoshi Sukadar Gambar: Toto Rianto Konten menggunakan Adobe InDesign CS3 dan Adobe Photoshop CS3 Font Arial – ITC Officina Sans 12 pt – 18 pt. Penerbit : DINAS PENDIDIKAN JAWA BARAT ISBN : 978-602-1300-34-3 (Volume Lengkap) 978-602-1300-39-8 (Volume 5) Perpustakaan Nasional : Katalog Publikasi (KDT)

Awalan DIREKTUR PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT Assalamualaikum Wr. Wb. Aku mulai bersyukur kepada Tuhan yang telah memberiku begitu banyak rahmat dan bimbingan. Salam dan sejahtera bagi Nabi kita Muhammad dan keluarga serta kerabatnya serta saya dan Anda yang ingin meminta syafaatnya. Anda menerapkan kurikulum 2013 dan kesediaan Anda untuk menjaga dan menghormati bahasa dan sastra Cerbon-Dermayu, sehingga Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat memutuskan untuk menyusun Buku Siswa dan Buku Guru muatan lokal (mulok) bahasa daerah dan bahasa daerah. Literatur. Saya sangat senang bahwa para guru bahasa dan sastra telah mencapai tujuan seperti itu. Kondisi kitab Blajar Basa dan Sastra Cerbon-Dermayuiku sangat penting untuk pengajaran. Yang kedua adalah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, sebenarnya dengan adanya kandungan buku Blajar Basa dan Sastra Cerbon-Dermayu ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan dan keterampilan, serta mengembangkan rasa budaya dalam diri masyarakat. anak-anak. wilayah tersebut. Jadi buku ini tidak memerlukan pengetahuan iii

Godhong Jambu Klutuk Bisa Kanggo Obat Lara

Bahasa dan sastra, serta juga memperhatikan “pandangan sosial budaya”. Tentu saja untuk mengisi pengajaran bahasa dan sastra Cerbon-Dermayu dengan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai budaya. Setelah itu tentunya ada tanggung jawab akademik dan moral serta guru budaya, bahasa, dan sastra di daerah. Saya bersyukur dan ingin mengajar bahasa dan sastra Cerbon-Dermayu bersama teman-teman saya. Jadi buku ini akan bermanfaat berkali-kali lipat. Saya yakin buku ini akan menjadi penerang bagi guru dan siswa dalam mempelajari bahasa, sastra, dan budaya. Kekurangan atau kesalahan konsep bahasa, sastra, budaya kedepannya akan diperbaiki. Saya harap buku ini sangat bermanfaat. Wassalamu Alaikum Vr. Wb. Bandung, April 2015 Kepala Dinas Pendidikan Provinsi. Dr.Jawa Barat. H. Asep Hilman, M.Pd. NIP Instruktur Tingkat I. 19630111 198803 1 016 iv

Baca Juga  Penulisan Kode Program Untuk Identifier Yang Benar Adalah

Pantun Lucu Dalam Bahasa Jawa, Gokil Dan Bikin Ketawa Ngakak

Kata Pengantar KEPALA DINAS BAHASA DAN SENI LOKAL KOTA JAWA BARAT Assalamu Alaikum Wr. Wb. Kurikulum 2013 sudah diterapkan di tingkat nasional, karena pengajaran bahasa dan sastra daerah di Jawa Barat yang saya ajarkan dalam konteks kedaerahan, sebaiknya diselaraskan dengan kurikulum 2013 khususnya yang berkaitan dengan sastra. , beradaptasi. Bidang perubahan yang khusus atau bagian dari Kurikulum 2013: Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian. Pembelajaran ini hendaknya dikuasai dan dilaksanakan oleh seluruh guru bahasa dan sastra daerah baik SD/SMP, SMA/SMP, SMA/SD/SMA. Buku yang digunakan sebagai alat peraga adalah buku bahasa dan sastra Cerbon-Dermayu. Terdapat 24 jilid yaitu Buku Siswa 12 jilid dan Buku Guru 12 jilid yang merupakan masteran sekolah Cerbon dan Indramayu. Buku pegangan siswa tersedia untuk semua siswa di tingkat kelas. Isi buku ini disusun berdasarkan materi kajian, soal-soal, dan tugas-tugas praktik yang berkaitan erat dengan kekuatan utama. Isi Buku Guru: Kurikulum, metodologi pengajaran dan penilaian untuk melengkapi Buku Siswa. ay

Bab-bab yang dibuat dalam “Buku Siswa” dan “Buku Guru” didasarkan pada 4 (empat) keterampilan berbahasa, yaitu: menyimak (listening), merasakan (berbicara), membaca (reading) dan menulis (writing) serta mengajarkan penggunaan. dari “menulis”. Dalam proses pengajaran, “Ciri-ciri Kurikulum 2013” ​​dan “Mendekati Kebenaran” merupakan kelanjutan dari buku ini; Surat Direktorat Pendidikan Provinsi Jawa Barat, No: 423/2372/ SETDISDUK, 26 Maret 2013, perihal: Pembelajaran bahasa dan sastra daerah pada tingkat SD/SMP – SMA. /sekolah menengah – sekolah menengah pertama/sekolah dasar/sekolah menengah atas/mak, dan Peraturan Gubernur Jawa Barat, no. 69/ 2013, perihal: Pengajaran bahasa daerah dan sastra daerah pada tingkat dasar dan menengah. Saya berharap buku ini dapat bermanfaat bagi seluruh saudara dan kerabat serta dapat digunakan untuk menata bahasa dan sastra daerah (Cirebon) sebagai bintang pendidikan formal di Jawa Barat pada umumnya dan Cirebon pada khususnya. Buku ini masih penuh kekurangan dan belum sempurna, serta akan terus direvisi menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Bandung, April 2015 Kepala Pusat Pengembangan Bahasa dan Seni Daerah Dr. H. Husen R. Hasan, M.Pd. NIP Instruktur Tingkat I. 196110051986031014 vi

Pendahuluan Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, Tim Penulis Buku Kajian Bahasa dan Sastra Cerbon-Dermayu. Atas rahmat-Nya, Tim Penulis Buku dapat menyelesaikan buku ini untuk siswa SD/SMP, SMP/SMA, dan SMA/MA/SMK. Tim penulis mengucapkan terima kasih kepada para guru, tokoh budayawan, dan tokoh masyarakat yang telah mendorong mereka untuk menyelesaikan buku ini dan mengajarkannya di sekolah/madrasah. Tim penulis hanya dapat mengucapkan terima kasih kepada: 1) Ibunda H. Asep Hilman selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat; 2) Mama H.Husen R. Hassan adalah Kepala Balai Pengembangan Bahasa dan Seni Daerah (BPBDK) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat; 3) Mama Nurdin M. Noer, Presiden Institut Bahasa dan Sastra Cerbon (LBSC); 4) Mama Kusnadi Muamarto merupakan tokoh masyarakat pendidikan; 5) Mama Husnan Adisantika, direktur sekolah; 6) Mimi Sri Murtiani sebagai kepala sekolah; serta individu lain yang tidak dapat disebutkan namanya, satu persatu mengajarkan bahasa dan sastra Cerbon-Dermayu. vii

Baca Juga  Sebutkan Tiga Upaya

Buku ini disusun oleh sekelompok penulis yang merasa perlu adanya buku berbahasa daerah yang sesuai dengan kurikulum 2013. Ada banyak pelajaran dalam pengajaran, terutama bahasa, tata bahasa, sastra, kosa kata dan mengetahui bagian budaya lainnya. Disarankan juga untuk dapat menggunakan empat keterampilan kelancaran selama pembelajaran, yaitu mendengarkan, membaca, dan menulis. Selain itu juga harus dipadukan dengan konsep pengajaran ilmiah. Tim penulis mengakui buku ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran dan komentar para guru, budayawan, tokoh masyarakat dan lain-lain dapat menyempurnakan buku ini. Saya berharap dengan adanya buku ini dapat menambah pengetahuan bahasa dan budaya yang bertujuan untuk meningkatkan budaya profesional, pengetahuan bahasa dan budaya, serta penggunaan bahasa dan sastra Cerbon-Dermayu. Wassalamu Alaikum Vr. Wb. Tim penulis buku viii

Pdf) Kamus Bahasa Jawa Tegal Indonesia

Kata Pengantar: iii Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat ………………………….. v Kepala Bidang Pembinaan Bahasa dan Seni Pusat Barat Kementerian Pendidikan Provinsi Jawa ……………………………. Purwaka … .. .. ……………………………………. ….. .. ………………………….. vii Pelajaran 1: Permainan Tradisional 2 3 Minggu 1 4 A. Permainan Berdiskusi .. .. …………………………………. .. … ……… 5 B. Pertanyaan ………………………….. …………………………………………C. Dayan-Besan.. ……. ……………………………… .. …………………… .. .. ……… 5 D. Pekerjaan Rumah …… … …………….. …. …. …………………. … .6 7 Minggu kedua A. Permainan tradisional. ….. ………………………………………… . ….. . …….. …… 7 B. Paramamasastra ………………………….. .. ………………………….. 8 C. Pertanyaan …… … … …………………………………………. .. …. ….. ….. …………. 9 10 Minggu 3 A. Memutar teks …………. . ….. …… ….. ………………………….. . …………. .. … 10B. Mengetahui bahasa …………………………………………… …. ………….. ………… 11 C. Pertanyaan ………… …. …. …… …. ….. …………………………….. . … ………… . D.Pekerjaan Rumah …………………………… ………… .. .. …………………. Minggu ke-4. A.Permainan tradisional… …………. … …………………… …………..B.Paramamasastra…. …………………………….. ……………….. …. …………. …………. ix

Baca Juga  Berikut Yang Bukan Termasuk Faktor Pembentuk Keunggulan Bangsa Indonesia Adalah

Pelajaran 2: Penginjilan………………………………………….. ….. …. ….. … …….. ………… 13 Minggu Pertama 14 A. Kemerdekaan …… ….. …. …… … ………………………….. ….. ……….. ……… ………… 15 B. Pertanyaan ……… ….. …………………………….. .. …. …. …… …………….. 16 C. Mengenal bahasa ………. .. ……… ……. …………………………………………… ……. .. ……. 17 2. Minggu 18 A. Supremasi Injil …………………… …. … ………… …………………….. 19 B. Dayan-Besan. ………………………………………… .. ……… C. Pekerjaan Rumah …………………………….. … .. …. ……………………… 19 20 3. Minggu 21 A. Supremasi Injil … .. …………………………………………….. … ….. ………… 22 B. Mengenal bahasa …………………… .. .. …. …………………………………. C .Paramasastra.. …………………………………. ….. …………… .. …………….. D. Pertanyaan …….. …. ………. .. …. …………………… .. …………… Pelajaran 3: Alfabet Karakan 24 Minggu 1 26 Membaca Alfabet Karakan ……………….. ………….. ….. . ……………………… 26 Minggu kedua 27 A. Menyalin alfabet …… …….. . ………………………………………… .. 27 B. Linguistik .. . ………………………………………… .. ……………….. .. …. 29 30 Minggu 3 30 A. Menulis alfabet ………. …………. ………….. .. ……….. ….. .. B. Sastra ………… …………….. .. ……… …. ……………. …………. 31 C. Arti Lihat Daftar Istilah. …………. …………… ………………. … ………… …. 32 D. Pertanyaan ……… ………………. .. .. ……. ……………. ……………… 32 E .Bekerja di Rumah . …… ……………. ………………………….. . …. … ….. ………. Minggu ke 4. Membaca Alfabet Karakan. ………………………………………… .. ………… …. …….. B. Dayan-Besan ………………. .. ……………. …. ………………………. C Pekerjaan rumah …………… . ………………………….. …………….. . …………. Pelajaran 4: Cangkriman/Bahdekan 34 35 Minggu 1 A. Membaca Bahdekan ………….. …… . . . …………. ……………………… ….. B. Kamus dalam arti melihat…………………………………………. .. ……… ……… …. x

C. Dayan-Besan …………………………………….. . … ……………….. 36 D. Linguistik ………………. . …………………………………………. 36E Pekerjaan rumah …………………………………………. .. …………………. … 37 Minggu 2 37 A. Saling mengontrol …………… ……. …….. …… …….. ………………… .37 B. Mengenal Bahasa …… ……… ……. ………………. .. .. …………… 38 C Linguistik …. …………………… . ….. ………………………….. …… …… ……… 39 D. Tugas di rumah …………………. …… ……. .. …………… 39 Minggu 3. 40 A. Paramasastra …….. .. …. …………………. ………. ………………….. ……. ….. B. Tugas di rumah ………. ……………….. …….. ……. ………….. ….. 40 41 Minggu 4 42 A. Menjawab pertanyaan ….. .. …….. …… …………. .. …………….. …. …… 42 B Paramasastra …. ………….. .. ……………. …. …….. ……… ……….. .. ….. C. Kebebasan Sehari-hari …….. .. …….. ………… ……… .. …………….. … ….D.

Hotel jambu klutuk temanggung, buah jambu klutuk, jambu klutuk ungu, jus jambu klutuk, bonsai pohon jambu klutuk, pohon jambu klutuk, apartemen jambu klutuk jogja, manfaat daun jambu klutuk, manfaat jambu klutuk, jambu klutuk resort, villa jambu klutuk, jambu klutuk