News

Globalisasi Merupakan Bentuk Perubahan Secara

×

Globalisasi Merupakan Bentuk Perubahan Secara

Share this article

Globalisasi Merupakan Bentuk Perubahan Secara – Dampak positif dan negatif globalisasi dalam bidang sosial inilah yang harus kita pelajari ketika menganalisis konsep globalisasi. Untuk mengetahui lebih lanjut, kajian ini akan kita awali dengan membahas tentang globalisasi dan ilmu sosial.

Merujuk pada buku Sosiologi terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020: 6), terdapat banyak definisi globalisasi menurut para ahli, meskipun penekanannya pada sistem sosial global.

Globalisasi Merupakan Bentuk Perubahan Secara

Misalnya Martin Albrow yang menjelaskan bahwa pengertian globalisasi adalah semua yang berkaitan dengan proses menghubungkan manusia ke dalam masyarakat global, atau menghubungkan masyarakat global dengan masyarakat yang tinggal di tempat lain sehingga menyebabkan perubahan pada dua hal.

Globalisasi: Pengertian Menurut Para Ahli Dan Dampaknya Di Indonesia

Sedangkan Anthony Giddens memberikan pengertian yang menjelaskan bahwa globalisasi adalah meningkatnya hubungan sosial yang terjadi di seluruh dunia, sehingga menghubungkan peristiwa-peristiwa di satu tempat dan menempatkan yang lain.

Berbeda dengan sosiolog Indonesia Selo Soemardjan yang mengatakan bahwa globalisasi adalah proses terciptanya sistem koordinasi dan komunikasi antar negara di seluruh dunia menurut prosedur dan aturan tertentu.

Dalam kajian hubungan sosial, globalisasi dikaji sebagai faktor yang memfasilitasi pertukaran informasi, pengetahuan dan teknologi antara kota dan negara.

Seiring berjalannya waktu, bisnis perubahan sosial semakin berkembang. Sejak zaman kuno, berbagai peradaban telah mengembangkan jalur perdagangan komersial dan pengalaman pertukaran budaya. Selain itu, peristiwa imigrasi juga turut andil dalam perpindahan penduduk.

Perubahan Sosial Budaya Dan Globalisasi Online Exercise For

Peristiwa ini berlanjut dalam sejarah, terutama melalui penaklukan militer dan pariwisata. Namun, hanya kemajuan teknologi di bidang transportasi dan komunikasi yang telah mempercepat konektivitas global.

Apalagi setelah paruh kedua abad ke-20, perdagangan dunia berkembang begitu pesat sehingga istilah “globalisasi” menjadi hal yang lumrah.

Proses penyebaran agama sering terjadi bersamaan dengan perdagangan. Namun ada juga yang mempunyai misi menyebarkan agama yang sama.

Akibat globalisasi, negara-negara di dunia saat ini ‘hampir’ kehilangan perbatasan dalam arti regional. Globalisasi juga membawa perubahan besar, terutama ketika banyak negara dapat saling terhubung satu sama lain.

Sosiologi Kelas 12: Proses Terjadinya Globalisasi

Dengan kata lain, globalisasi disertai dengan proses yang mempermudah jangkauan banyak hal, baik secara fisik maupun dengan bantuan teknologi.

Di sisi lain, globalisasi merupakan suatu proses yang tidak dapat dihindari oleh setiap negara di dunia, termasuk dampaknya terhadap berbagai aspek kehidupan. Menolak dan menghindari globalisasi berarti mengisolasi diri dari masyarakat.

Salah satu dampak globalisasi yang mudah dilihat adalah pada bidang sosial. Hal ini dikarenakan globalisasi dapat memicu perubahan sosial di berbagai bidang, seperti bahasa, sistem pengetahuan, sistem dan organisasi sosial, teknologi dan cara hidup masyarakat, gaya hidup, sistem agama dan seni.

Baca Juga  Kewajiban Adalah

Namun dampak globalisasi tidak selalu positif, namun ada juga dampak negatifnya. Berikut ini adalah daftar dampak negatif dan positif globalisasi dalam bidang sosial.

Contoh Contoh Soal Materi Tentang Perubahan Sosial, Lengkap Beserta Kunci Jawabannya

Globalisasi membawa perubahan nilai-nilai sosial, cara hidup, proses berpikir serta ilmu pengetahuan dan teknologi dari negara-negara maju lainnya. Misalnya saja mengembangkan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, mempunyai jiwa kemandirian, akal sehat, sportif dan masih banyak lagi.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan kehidupan masyarakat semakin produktif, efisien dan efektif. Globalisasi memungkinkan setiap negara untuk belajar dari negara lain, sehingga transfer ilmu pengetahuan dan teknologi secara global semakin cepat.

Kemajuan teknologi, komunikasi, informasi dan perjalanan juga membuat hidup masyarakat lebih mudah. Misalnya saja banyak pergerakan, karena jarak satu tempat ke tempat lain pendek. Hal ini memudahkan masyarakat memperoleh informasi dan pengetahuan, serta melakukan berbagai kegiatan perekonomian.

Globalisasi memudahkan kita mengenalkan kehidupan sosial dan budaya suatu negara, termasuk Indonesia, ke negara lain. Efeknya perekonomian pariwisata dapat tumbuh dan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat yang tinggal di destinasi tersebut.

Globalisasi Adalah: Pengertian, Manfaat, Dan Contoh

Globalisasi juga membantu memperluas pasar sehingga produksi dalam negeri dapat bersaing secara internasional. Proses ini akan mendorong peningkatan aktivitas ekonomi dan kesejahteraan serta pembangunan masyarakat.

Kecepatan globalisasi dapat menghancurkan nilai-nilai tradisional yang asli. Misalnya, semangat gotong royong, kebersamaan, kepedulian, dan persatuan semakin merosot.

Selain itu, pelanggaran terhadap nilai-nilai budaya lokal juga terlihat pada gaya berbusana kita, yaitu ketika gaya busana barat semakin berpengaruh di tanah air, sedangkan budaya Indonesia semakin kuat.

Contoh perubahan kehidupan sebagai dampak negatif globalisasi adalah meningkatnya sifat banyak anggota masyarakat. Banyak dampak negatif globalisasi terhadap perubahan gaya hidup adalah sebagai berikut:

Perubahan Organisasi: Pengertian Dan 8 Langkah Melakukannya

Globalisasi membuat pergerakan modal antar negara menjadi lebih mudah. Apa yang terjadi di bidang perekonomian menyebabkan penanaman modal asing di dalam negeri semakin meluas sehingga perusahaan semakin berkembang. Negara berkembang seperti Indonesia banyak menarik perhatian investor asing karena memiliki sumber daya alam yang melimpah dan murah.

Masuknya modal asing menciptakan lapangan kerja baru, mendukung kegiatan perekonomian dalam negeri dan meningkatkan pendapatan pemerintah. Namun industrialisasi juga dapat memberikan dampak negatif terhadap daya dukung alam, seperti kerusakan lingkungan akibat limbah industri, penggundulan hutan, penambangan liar dan masih banyak lagi. Diperbarui 25 Mei 2022 16:36 WIB

Istilah globalisasi, modernitas, dan westernisasi seringkali digunakan secara bergantian, terutama karena ketiga sistem sosial tersebut mengandung unsur nilai-nilai dari Barat (negara maju) dan negara berkembang seperti Indonesia. Namun jika bicara teori, pengertian sosiologi dan metodologi, ketiga istilah tersebut mempunyai perbedaan yang signifikan.

Baca Juga  Yang Bukan Merupakan Bentuk Energi Yaitu

Merujuk pada surat M-Education dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, globalisasi merupakan globalisasi suatu sistem yang tidak mengenal batas wilayah dan banyak membawa nilai-nilai universal. Salah satu prinsip tersebut adalah modernitas, penghormatan terhadap hak asasi manusia (HAM), demokrasi dan lainnya.

Apa Saja Dampak Positif & Negatif Globalisasi Di Bidang Ekonomi Dan Sosial Budaya

Diterbitkan oleh Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan (2020:15), globalisasi adalah proses melakukan banyak hal secara global ketika setiap orang dapat berkomunikasi, berinteraksi, bertukar informasi, menerapkan nilai-nilai budaya satu sama lain, tanpa sekat batas negara. Globalisasi meningkatkan hubungan antara berbagai negara melalui perdagangan, budaya dan banyak aspek lainnya.

Sedangkan modernisasi merupakan peralihan dari keadaan terbelakang ke keadaan yang lebih maju, atau suatu proses menuju masyarakat modern dalam berbagai bidang kehidupan. Kemajuan tersebut didukung oleh perkembangan dan inovasi di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan.

Sedangkan Westernisasi mengacu pada proses peniruan budaya negara-negara Barat yang dilakukan oleh negara-negara non-Barat, termasuk negara berkembang seperti Indonesia, namun sedemikian rupa sehingga tidak ada pilihan antara baik atau buruk.

Perbedaan Globalisasi dan Modernitas dan Sunset Definisi di atas menunjukkan perbedaan globalisasi, modernisasi dan Sunset. Jika dijelaskan lebih detail seperti yang dijelaskan pada modul Ilmu Pengetahuan Sosial terbitan Kemendikbud (2020) dan sumber lainnya, berikut perbedaan globalisasi, modernitas, dan westernisasi, serta contohnya.

Pengertian Dan Dampak Globalisasi, Ada Dampak Positif Dan Dampak Negatif

Globalisasi merupakan proses global yang dimulai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Globalisasi menjadi sebuah tantangan karena budaya asing semakin banyak masuk ke setiap negara dan mempengaruhi budaya lokal. Komunitas di tingkat nasional juga mudah diperkuat oleh proses politik dan ekonomi di tingkat global.

Sementara itu, globalisasi telah menciptakan kepercayaan antar negara di dunia. Oleh karena itu, tidak ada satu negara pun yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan negara lain.

Perbedaan antara globalisasi dan modernisasi di Barat adalah bahwa globalisasi mengacu pada proses pengurangan pengaruh batas-batas wilayah ketika orang-orang di dunia saat ini terhubung dan saling mempengaruhi.

Pertama, perkembangan Internet berarti bahwa orang-orang di seluruh dunia kini dapat terhubung dan saling mempengaruhi. Melalui Internet, masyarakat yang tinggal di Indonesia misalnya, dapat mengenal budaya negara lain dan mengetahui informasi dari berbagai belahan dunia. Internet juga memudahkan komunikasi melalui telepon seluler, melalui teks, suara, atau video, antara masyarakat Indonesia dan masyarakat yang tinggal di negara lain yang berjauhan.

Perbedaan Globalisasi, Modernisasi Dan Westernisasi Serta Contohnya

Kedua, sistem demokrasi pertama kali dimulai di negara-negara Barat, khususnya Amerika Serikat dan Eropa pada abad ke-18. Meskipun kekuatan negara-negara Barat menurun pada akhir pemerintahan kolonial pada pertengahan abad ke-20, sistem demokrasi terus tumbuh pengaruhnya. Saat ini banyak negara di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, yang menerapkan demokrasi sebagai sistem pemerintahan dalam negaranya.

Baca Juga  Naon Bae Pancen Panata Acara Teh

Kemajuan (inisiasi) dalam berbagai bidang kehidupan. Modernisasi juga dapat diartikan sebagai perubahan dari penggunaan cara-cara tradisional ke cara-cara baru yang lebih maju yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Berbeda dengan globalisasi dan westernisasi, modernitas menggambarkan perubahan cara berpikir dan masyarakat dari yang tradisional menjadi modern, secara positif dan praktis.

Oleh karena itu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan faktor terpenting yang mendorong proses perbaikan masyarakat. Modernisasi bisa terjadi karena globalisasi. Namun globalisasi tidak selalu membawa kekacauan.

Dampak Positif Negatif Globalisasi Bidang Sosial Budaya, Apa Saja?

Di Indonesia banyak contoh kemajuan di berbagai bidang, seperti pertanian, perdagangan, industri dan kehidupan sosial budaya.

Pertama, dalam beberapa dekade terakhir terjadi perkembangan baru di sektor pertanian Indonesia. Hal ini terlihat melalui penggunaan mesin pengolahan tanah, sistem irigasi yang lebih canggih, penggunaan pupuk dan pestisida, varietas benih yang unggul, serta peralatan panen yang lebih efisien.

Dahulu petani banyak yang menggunakan kerbau untuk mengolah sawahnya, kini traktor digunakan untuk sebagian besar lahan pertanian. Penggunaan mesin dan sistem baru menjadikan pertanian lebih efisien dan efektif. Namun selain memberikan manfaat yang besar, proses perbaikan juga mempunyai dampak negatif seperti hilangnya lapangan pekerjaan karena tenaga manusia digantikan oleh mesin, menurunnya kualitas tanah akibat penggunaan pupuk dan pestisida buatan yang berlebihan.

Kedua, contoh perbaikan yang paling sederhana dapat dilihat pada sektor transportasi. Pada awal abad ke-20, mayoritas masyarakat Indonesia masih melakukan perjalanan puluhan ribu mil dengan sepeda, kereta kuda, atau bahkan berjalan kaki. Saat ini masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan sepeda motor, mobil, pesawat, kereta api dan perahu dibandingkan perahu. Kegiatan perjalanan saat ini menjadi efisien karena hadirnya transportasi modern. Namun ada juga dampak negatifnya, seperti polusi udara di kota-kota besar dan jalan raya akibat banyaknya mobil di jalan raya.

Pengertian Globalisasi, Karakteristik, Bentuk, Dampak, Dan Prosesnya

Westernisasi merupakan tiruan dari cara hidup orang Barat. Westernisasi lebih menitikberatkan pada sikap dan perilaku karena cara hidup orang Barat dianggap lebih unggul dan unggul dibandingkan budaya lokal.

Oleh karena itu, yang dimaksud dengan westernisasi adalah meniru gaya hidup dan budaya negara barat yang dianggap lebih baik dibandingkan dengan budaya lokal.

Modernisasi dan Westernisasi

Bentuk perubahan, perubahan globalisasi, perubahan bentuk tubuh saat hamil muda, contoh perubahan sosial akibat globalisasi, bentuk perubahan sosial dan contohnya, bentuk perubahan sosial, perubahan sosial sebagai dampak globalisasi, perubahan sosial di era globalisasi, contoh bentuk perubahan sosial, perubahan bentuk energi merupakan, bentuk globalisasi, perubahan bentuk kata kerja dalam bahasa inggris