MadiunSport

Gerick Fernando Masuk Timnas Basket, Bersiap Bela Indonesia di Piala Asia

Kota Madiun tak pernah kehabisan talenta atlet basket andal. Saat ini sosok Fransiscus Gerick Fernando tengah menjadi sorotan seiring keberhasilannya masuk timnas. Tahun depan dia bakal turun di FIBA 3×3 Asia Cup U-17.

============================

ASEP SYAEFUL BACHRI, Kota, Jawa Pos Radar Madiun

BOLA basket itu tampak lengket di tangan Fransiscus Gerick Fernando saat remaja itu berlatih di Generasi Muda Cirebon (GMC) Arena. Sesekali dia memantul-mantulkannya melewati sela dua kaki dengan posisi badan agak membungkuk. Di saat lain Gerick berlari mendekati papan pantul dan memasukkan bola ke ring dengan teknik lay-up yang ciamik.

Ya, saat ini Gerick sedang getol berlatih. Itu dilakukan untuk menyongsong kejuaraan FIBA 3X3 Asia Cup 2020.  Pada pagi hari, dia biasa latihan pukul 05.00 sampai 06.00. Sedangkan sore mulai pukul 16.00 hingga 18.00. Berlanjut pukul 20.00 sampai 21.00.

Gerick mulai akrab dengan basket saat masih kelas III SD. Bermula saat diajak bermain pamannya. Minatnya terhadap cabor tersebut semakin menjadi sejak dipoles kakeknya yang merupakan mantan atlet basket. ”Banyak ilmu yang saya dapat dari kakek,’’ kata remaja 15 tahun itu.

Saat kelas III SD itu Gerick bergabung klub basket Tri Dharma Madiun. Kemampuannya bermain basket berkembang pesat setelah masuk klub GMC ketika kelas IX SMP. ‘’Juga dapat beasiswa dari klub untuk sekolah di sebuah SMA di sana,’’ terangnya.

Selama gabung GMC, Gerick telah berhasil mencatat sejumlah prestasi. Di antaranya, lolos program Jr NBA Indonesia. Dia juga lolos seleksi timnas U-16. Terbaru,  November lalu sulung pasangan Hundoyo dan Sherly Dewi Anggraini itu mengantar Indonesia masuk empat besar Indonesia International Junior Basketball Invitation Tournament. ‘’Pastinya bangga,’’ tutur warga Jalan Setiaki, Kota Madiun, tersebut.

Pengalaman buruk dirasakan Gerick ketika turun di ajang Youth Basketball Association di Cirebon tahun lalu. Dia tidak bisa bertanding pada partai final akibat cedera engkel. ‘’Puji Tuhan tim kami keluar sebagai  juara,’’ ucapnya. *** (isd/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button