News

Gerakan Siswa Berlari Di Tempat Dilakukan Pada Kode Hitungan

×

Gerakan Siswa Berlari Di Tempat Dilakukan Pada Kode Hitungan

Share this article

Gerakan Siswa Berlari Di Tempat Dilakukan Pada Kode Hitungan – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri

Unit Pembelajaran Unit 1 Menghubungkan instruksi 37 tentang pekerjaan yang dilakukan sejak Pertemuan 1 dengan menanyakan kepada siswa apa yang telah mereka lakukan sejak pertemuan sebelumnya dan pertanyaan-pertanyaan lain yang berkembang dengan respon siswa. Mintalah siswa bekerja sama untuk menemukan jawabannya dengan melakukan karyawisata. C. Pemanasan Pilihlah jenis kegiatan yang disukai siswa sebagai materi pemanasan. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa dan tubuhnya, mulai dari latihan sehari-hari hingga latihan fisik. Pemilihan kegiatan yang disukai siswa dapat membantu siswa mengingat lebih baik dengan musik pengiring sebagai salah satu cara menanamkan ritme. 2. Kegiatan pokok a. Pindahkan musiknya. Ciptakan suasana yang nyaman dengan memperdengarkan musik yang lembut dan mendorong siswa untuk bergerak. Setelah itu, mintalah seluruh siswa membentuk lingkaran besar dengan guru di tengah sebagai pengajarnya. Gambar 1.17. Struktur latihan terpadu Mengajarkan siswa untuk mengikuti apa yang dikatakan dan digerakkan oleh guru. Mulailah bergerak dari tubuh bagian atas ke tubuh bagian bawah. Memperlambat ke segala arah 1) gerakan kepala (melihat ke atas, ke atas dan ke bawah, memutar dan ke kiri dan ke kanan), 2) mata, mata, hidung dan mulut, 3) bahu dan perut, 4) gerakan tangan, 5) pinggul dan mobilitas pinggul, dan 6) mobilitas kaki.

Gerakan Siswa Berlari Di Tempat Dilakukan Pada Kode Hitungan

38 Buku Panduan Guru Tari SD Kelas 1. 1. Gerakan Kepala 2. Gerakan Wajah 3. Gerakan Badan 4. Gerakan Lengan 4. Gerakan Naik Turun Memutar Mata Kiri dan Kanan Patah Bahu Bahu Perut dan Pinggul Mata Hidung Mulut Bagian 1 Bagian Gambar 1 Gerakan dapat diulang secara berurutan atau tanpa pengulangan tergantung pada keterampilan guru. Tambahkan hitungan atau musik sebagai pengiring untuk menciptakan suasana yang nyaman. Beri mereka waktu istirahat, setelah itu guru membagi mereka menjadi kelompok besar, misalnya lima hingga delapan siswa per kelompok, untuk bekerja dalam lingkaran.

Arie Sol Ujian Sekolah

Unit Pembelajaran 1 Latihan Koordinasi 39 Gambar 1.19 Bentuk Latihan Kelompok Guru tidak harus ikut dalam lingkaran, peran guru hanya memberi petunjuk. Siswa mendengarkan dan melakukan gerakan sesuai petunjuk guru. Jika siswa merasa mampu maka tantanglah mereka untuk mulai menggabungkan kedua gerakan tersebut dalam pelajarannya, misalnya: 1) Gerakan lengan dan bahu 2) Gerakan kaki dan pinggul 3) Gerakan perut dan tangan 4) Gerakan mata dan tangan 5 ) Gerakan bahu dan kaki Gambar 1.20 Koordinasi gerakan dua bagian tubuh 1. Lengan dan bahu 2. Tungkai dan dada 3. Jari kaki dan kaki 4. Mata dan tangan 5. Kelompok perut dan jari Kelompok 5 – 8 siswa Kelompok terdiri dari 5 – 8 siswa Kelompok yang terdiri dari 5 – 8 siswa

Baca Juga  Tuliskan Dua Contoh Pengalamanmu Mendoakan Orang Lain

40 Panduan Guru Menari di Sekolah Dasar Saya yakin koordinasi aktivitas fisik itu penting atau dapat dipindahtangankan. Jangan sampai instruksi guru menyulitkan siswa. Tidak ada benar atau salah dalam proses ini, biarlah semua perjalanan mahasiswa menjadi perjalanan yang bertumpu pada keterampilan mahasiswa dan selalu menyikapi perilaku mahasiswa secara positif. Setelah kegiatan ini selesai, mintalah siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang telah tertulis di papan tulis tadi yaitu “Bagaimana cara kerja tubuh kita ketika kita menari?”. B. Guru dan siswa sedang berbicara. Mintalah siswa duduk dalam kelompok bergerak yang terdiri dari lima hingga delapan orang. Tanyakan kembali bagaimana tubuh kita menari dan kembangkan pertanyaan untuk menggali jawaban siswa lebih mendalam. Ciri pembelajaran berbasis penelitian adalah kekuatan pertanyaan yang diajukan harus obyektif, menarik dan cepat. Contoh soal ada pada tabel berikut: Tabel 1.7 Contoh soal pendidikan jasmani. Jumlah soal tentunya dapat disesuaikan dengan kehadiran guru di dalam kelas. Guru mengetahui secara pasti berapa jumlah soal yang digunakan pada Tabel 1.7. Guru juga dapat membuat pertanyaan sendiri berdasarkan situasi. Tujuan diskusi pada kegiatan ini adalah guru mengajak siswa menemukan gagasan bahwa seluruh bagian tubuh manusia dapat bergerak, seperti kepala, mata, mata, hidung, mulut, bahu, perut, tangan, jari, pinggang, pinggul dan kaki. Bagian-bagian tubuh inilah yang menjadi dasar gerak dalam tari, dengan cara mengkoordinasikan dan menggerakkannya secara bersamaan atau bergerak sendiri-sendiri. Untuk menjawab pertanyaan pada Tabel 1.7, mintalah siswa berdiskusi dalam kelompok. Berikan waktu untuk berdiskusi dan berikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk menjawab pertanyaan berdasarkan pengalaman mereka. Contoh soal • Apakah seluruh bagian tubuh dapat digerakkan? • Bagian tubuh manakah yang dapat bergerak? • Bagaimana rasanya menggerakkan bagian tubuh? • Apakah pergerakan titik-titik dapat dikoordinasikan? • Ceritakan pada kami tentang pengalaman Anda!

Unit Pelajaran 1 Latihan Menghubungkan 41 Tabel 1.8 Jawaban Siswa Terhadap Pertanyaan Penelitian Bagian Tubuh Apakah semua benda dapat bergerak? Itu mungkin. Di manakah letak bagian tubuh tersebut? Tubuh bagian atas: Kepala, mata, mata, hidung, mulut, bahu, perut, lengan dan tangan. Bagian bawah: pinggang, pinggul dan kaki. Bagaimana rasanya menggerakkan bagian tubuh? 1. Senang, karena semua orang bisa bergerak. 2. Susah, karena hidung saya tidak bisa digerakkan. 3. Pusing, karena kepala berputar-putar. 4. Mabuk perjalanan, karena jelas menggerakkan mata dan tangan secara bersamaan menyebabkan rasa mual. 5. Senang, karena saya bisa bepergian dengan baik. 6. Lucu karena menggerakkan perut dan lengan secara bersamaan. dll. Mungkinkah perilaku fisik ada hubungannya? Itu mungkin. Cobalah untuk berbagi pengalaman Anda! Saya memindahkannya secara bersamaan antara lengan dan bahu saya. Saya memindahkannya di antara kaki dan lengan saya. 3. Penutup Kegiatan Menarik kesimpulan dari diskusi dengan menjawab pertanyaan pokok yang diajukan pada awal kegiatan yaitu “Bagaimanakah gerak bagian tubuh?” Jelaskan kepada siswa bahwa proses menggerakkan bagian tubuh adalah memutar tubuh sesuai keinginan, ke arah yang berbeda sebagaimana kita coba bersama-sama. Lebih lanjut jelas bahwa gerakan-gerakan tersebut dapat dipadukan, seperti pada kegiatan sebelumnya ketika siswa menggabungkan gerakan-gerakan dengan dua bagian tubuh. Ada yang bergerak sekaligus, ada pula yang bergiliran. Bagian-bagian tubuh inilah yang menjadi dasar gerak dalam tari. Nyatakan kesimpulan ini dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami. Kemudian mintalah siswa menemukan bagaimana tubuh bergerak ke atas dan ke bawah atau ke kanan atau ke kiri tubuh, dengan menggunakan berhitung atau musik sebagai pengiring pelajaran selanjutnya. Berikut ini adalah daftar kemungkinan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini:

Baca Juga  Teknik Yang Mendorong Badan Ke Belakang Saat Melakukan Shoot Adalah

42 Buku Pedoman Guru Tari SD Kelas 4 4 Metode pembelajaran 4 : Mengeksplorasi koordinasi latihan jasmani Waktu : 2 x 35 Petunjuk mengajar Guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi gerak anggota tubuh seperti pada pelajaran 3 dengan mengkoordinasikan gerakan atas dan bawah. ‘bagian bawah atau anggota badan. kanan dan kiri dengan menggunakan hitungan/musik sebagai pengiringnya. A. Sesi Persiapan 4 ini sama dengan sesi sebelumnya yaitu guru dan siswa akan berlatih. Yang diperlukan adalah ruang bebas bagi siswa untuk bergerak, dapat memanfaatkan ruang kelas dengan memindahkan kursi dan meja ke samping atau menggunakan aula/lapangan jika dirasa cukup. Siswa dan guru mengenakan pakaian tipis untuk berjalan dan membawa botol minum. Dalam pertemuan ini count juga digunakan sebagai pengiring, sehingga jika ada alat musik dan pemusiknya juga bisa diaransemen. Cara lainnya adalah dengan menggunakan lagu yang dinyanyikan oleh guru dan siswa. Disusul dengan inklusi yang penting karena dapat mendorong siswa untuk bergerak dan menemukan konsep perjalanan. Tujuan dari pembelajaran ke 4 ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada siswa bagaimana mengkoordinasikan gerakan tubuh untuk menciptakan tarian yang unik. Seperti yang telah dijelaskan pada materi pokok, pengertian tari adalah irama. Pada Pelajaran 4, guru harus mampu mengajak siswa mengeksplorasi konsep ini. Apa artinya menari mengikuti irama? Pembahasan tari terangkum pada materi Unit Inti 1 halaman 19. B. Kegiatan Pembelajaran Unit 1. Kegiatan Pratama a. Berdoa. B. Jadikan belajar menyenangkan. C. Pemanasan. Gunakan gerakan yang sama seperti pada langkah ke 3, yaitu berpindah dari kepala hingga ujung kaki dan ulangi.

Tahun (1962 2012)aeronautika & Astronautika Itb By Download Bs E

Unit Studi 1 Koordinasi Perjalanan 43 2. Kegiatan Utama a. Amati bagaimana tubuh bergerak. Beritahu siswa untuk mencari tempat bergerak dengan ruang yang cukup. Guru dapat mengatur dirinya sendiri dengan membuat garis panjang, lingkaran atau acak tergantung ruang yang tersedia. Ajukan pertanyaan verbal, seperti: 1) Siapa yang dapat bergerak dengan menghubungkan titik atas dan bawah? 2) Siapa yang dapat bergerak dengan menghubungkan titik-titik ke kiri dan ke kanan? 3) Siapa yang dapat bergerak dengan angka? Kemudian perintahkan siswa untuk: • Hanya menggerakkan tubuh bagian atas saja. • Gerakkan hanya bagian bawah tubuh saja. • Gerakan menyatukan tubuh bagian atas dan bawah. • Bergerak dengan menyambungkan tubuh bagian atas dan bawah secara terpisah. • Gerakkan hanya sisi kanan tubuh Anda. • Gerakkan hanya sisi kiri tubuh Anda. • Bergerak untuk menyambung ke kanan dan kiri secara bersamaan. • Pindahkan link kanan dan kiri secara terpisah. Bergerak hanya dengan sisi kanan tubuh Anda. Bergerak hanya dengan sisi kiri tubuh Anda. Bergerak dengan menyambungkan tubuh bagian atas dan bawah secara terpisah. Bergerak dengan menghubungkan bagian atas dan bawah secara bersamaan. Gerakkan saja tubuh bagian bawahmu. Gerakkan saja tubuh bagian atas Anda.

Baca Juga  Wong Sing Ngasilake Karya Sastra Wujud Geguritan Diarani

44 Buku Panduan Guru Tari SD Kelas 1. Tabel 1.9 Gerakan anggota tubuh sesuai petunjuk Petunjuk gerakan Bagian tubuh Menggerakan bagian tubuh bagian atas Kepala, bahu, lengan dan jari Menggerakan bagian tubuh bagian bawah pinggang, pinggul dan kaki Memindahkan bagian tubuh kepala ke kanan, tangan

Gerakan yang dilakukan setelah olahraga adalah, latihan kekuatan otot punggung dilakukan dengan gerakan, kekuatan otot punggung dilakukan dengan gerakan, alat berlari di tempat, gerakan senam dansa harus dilakukan dengan, gerakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah, gerakan menggiring bola pada permainan sepak bola dilakukan saat, gerakan menggiring bola pada permainan sepak bola dilakukan jika, gerakan lempar tangkap bola dilakukan sebanyak, gerakan mengeper dalam senam irama dilakukan pada, gerakan wudhu yang dilakukan secara berurutan disebut, gerakan yang tidak boleh dilakukan ibu hamil