News

Gerakan Senam Tersusun Atas Rangkaian Beberapa

×

Gerakan Senam Tersusun Atas Rangkaian Beberapa

Share this article

Gerakan Senam Tersusun Atas Rangkaian Beberapa – Dua gajah liar di Pelalawan Riau berhasil dievakuasi meninggalkan FC Barcelona di akhir musim, Xavi Hernandez melatih Tyson Fury cedera, laga unifikasi gelar tinju kelas berat ditunda. Debat capres kelima perlu dibicarakan Masalah database bantuan sosial, di perbatasan Mesir Israel terus menembaki warga Gaza

Senam lantai merupakan olahraga yang dilakukan sambil bergerak di lantai dan menggunakan matras sebagai alasnya. Penggunaan matras pada latihan lantai tentunya untuk mengurangi cedera saat melakukan olahraga ini. Hal ini dilakukan karena senam lantai melibatkan gerakan yang bersentuhan langsung dengan lantai.

Gerakan Senam Tersusun Atas Rangkaian Beberapa

Senam berasal dari bahasa Inggris “gymnastics” yang artinya dilakukan pada ruangan khusus yang meliputi aktivitas gerak, kekuatan, kecepatan dan keselarasan gerak jasmani. Kegiatan ini diperlukan karena senam lantai memerlukan kombinasi gerakan untuk merasakan manfaat mental dan fisik.

Aktivitas Menarik Tapi Membugarkan, Ini Dia Istilah Dalam Olahraga Senam!

Senam lantai umumnya meliputi gerakan-gerakan seperti berguling, melompat, berputar, bersandar pada tangan atau kaki, bersandar pada punggung, menjaga keseimbangan tubuh, bahkan hanya sekedar bertumpu pada kepala.

Menurut Yusup Hidayat (2010), senam lantai merupakan latihan jasmani dengan gerakan yang sistematis dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.

Sedangkan menurut Muhajiri (2013), senam lantai merupakan salah satu kelompok senam. Gerakan-gerakan dalam senam lantai sangat bervariasi dan dilakukan sesuai istilahnya yaitu di lantai. Beliau juga menyampaikan bahwa pengertian senam lantai adalah olahraga yang mencakup unsur-unsur gerak seperti berguling, memantul, menyeimbangkan, dan melompat.

Sayuti Sahara (2010) kemudian menekankan bahwa senam adalah suatu sistem latihan yang dirancang untuk meningkatkan perkembangan jasmani melalui latihan jasmani.

Macam Macam Gerakan Senam Aerobik, Ketahui Manfaatnya Bagi Kesehatan

Menurut Budi Sutrisno (2010), pengertian senam lantai adalah gerakan-gerakan yang merupakan suatu kombinasi terpadu dan dinyatakan dalam keterampilan atau gerakan komponen motorik setiap bagian tubuh, seperti kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelenturan, kelincahan dan presisi. . B.Sejarah senam lantai

Awalnya saya masih ragu dengan senam lantai. Namun berdasarkan pengertian senam lantai, diyakini sudah ada sejak zaman Yunani kuno.

Pada abad ke-20, senam mulai populer dan menyebar ke seluruh dunia. Perkembangan olah raga ini begitu pesat sehingga kemudian mempunyai banyak cabang, salah satunya adalah senam lantai. Sedangkan senam pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1912, pada masa penjajahan Belanda.

Pengenalan senam bertepatan dengan ditetapkannya pendidikan jasmani sebagai salah satu mata pelajaran wajib di sekolah. Saat itu senam pertama dalam bahasa Jerman. Berasal dari Jerman, senam biasanya mengedepankan ragam gerak yang kaya akan alat pembelajaran.

Serunya Persami Perdana Setelah Pandemi

Pada tahun 1916, senam versi Jerman diubah menggunakan sistem dari Swedia. Sistem Swedia lebih menekankan manfaat gerakan senam.

Baca Juga  Jelaskan Cara Gerak Memutar Simpai Secara Horizontal

Posisi candlestick atau shoulder stand merupakan salah satu gerakan senam lantai untuk melatih keseimbangan dan ketenangan tubuh. Pergerakan posisi candle dimulai dari posisi tidur kemudian mengangkat kedua kaki dengan kuat. Kedua tangan menopang pinggang dan bahu tetap rata di lantai.

Pergerakan posisi candle memerlukan kekuatan otot perut untuk mengangkat kaki. Kemudian otot pinggang, punggung dan leher untuk menguatkan kedua lengan guna menopang pinggang. 2. Jabat tangan

Gerakan latihan untuk lantai dua adalah handstand. Gerakan ini dilakukan sambil berdiri dengan kedua tangan. Hal ini dapat dilakukan dengan berdiri dan meletakkan kedua telapak tangan di atas matras.

Senam Irama Adalah Gerakan Yang Mengikuti Irama Musik, Kenali Jenis, Unsur, Dan Manfaatnya

Kemudian tarik kembali kaki ke atas dengan gerakan mengayun. Mulailah dengan kaki kanan diikuti dengan kaki kiri atau sebaliknya. Tahan gerakan ini selama beberapa detik. 3. Kapten

Latihan menggerakkan kepala dari lantai ini cukup sulit. Hal ini dikarenakan kepala dan telapak tangan menopang tubuh sehingga bagian tubuh lainnya dapat tetap lurus dan seimbang. Headstand ini membalikkan posisi tubuh, tepat di ubun-ubun kepala dengan telapak tangan menghadap ke bawah dan seluruh tubuh tegak lurus ke atas. 4. Gulir ke depan (roll forward)

Berguling ke depan merupakan salah satu gerakan dasar latihan lantai. Dimulai dari posisi berdiri, lalu jongkok dengan tangan terentang dan dibuka selebar bahu. Tempatkan dagu Anda ke arah dada dengan kepala menghadap ke lantai. Dorong tubuh Anda ke depan dengan kaki Anda dan mendaratlah di atas kaki Anda. Berhenti berdiri tegak. 5. Mundur (mundur)

Menggulingkan ke belakang mirip dengan menggelinding ke depan, tetapi arahnya berlawanan. Caranya bisa dengan menekuk badan dalam posisi jongkok dengan tangan terentang di depan.

Macam Macam Gerakan Dasar Dalam Senam Aerobik

Pertama, turunkan otot bokong ke lantai dengan punggung. Tekan tubuh Anda dengan kaki Anda. Letakkan tangan Anda di samping bahu untuk menopang tubuh Anda saat berguling. Berhenti berdiri. 6. Mendorong

Gerakan ke atas ini bergantung pada telapak tangan dan juga jari kaki. Dalam praktiknya, push-up hanya melibatkan gerakan lengan ke atas dan ke bawah.

Tujuan dari gerakan menyodorkan ini adalah untuk melatih kekuatan otot tubuh. Otot yang dapat diperkuat dengan gerakan ini adalah otot dada, trisep, dan bahu. 7. Sayang

Cara membuat kayak ini ada dua cara yaitu posisi berdiri dan juga posisi tidur. Namun, pemula biasanya memulai dengan posisi tidur. Posisi ini juga merupakan posisi terlindung dari cedera. 8. Mengemudi troli

Latihan Soal Jawaban Pjok

Gerobak jungkir balik adalah gerakan jungkir balik dimana seluruh tubuh diputar ke samping dengan ditopang oleh lengan. Mulailah dengan posisi berdiri dengan tubuh bagian atas ditekuk ke depan.

Baca Juga  Berikut Bukan Termasuk Usaha Badan Usaha Milik Negara Adalah

Gerakan plank ini mirip dengan posisi awal push up. Bedanya, gerakan plank hanya sekedar menahan tubuh pada posisi yang sama selama mungkin. Plank tidak memerlukan pergerakan banyak bagian tubuh.

Plank dirancang untuk memperkuat otot inti, memperbaiki postur tubuh, dan bahkan dapat mengencangkan perut Anda, yang dikenal sebagai six-pack. 10. Pergerakan jembatan atau jembatan

Gerakan ini bisa dibilang hampir mirip dengan gerakan plank, namun sedikit lebih mudah karena dukungan yang lebih besar yaitu kepala pada tangan, lengan dan kaki.

Lawan Stunting! Mahasiswa Kkn Tim Ii Undip Ramaikan Germas Kauman Kidul

Dimana gerakan ini menyebabkan tubuh kita membentuk sebuah jembatan. Gerakan ini juga merupakan salah satu gerakan dasar latihan yoga untuk meningkatkan kelenturan tubuh. 11. Pose kupu-kupu

Pose kupu-kupu sangat mudah dilakukan. Duduk saja dengan kaki terentang seperti sayap kupu-kupu. Pegang kaki Anda dengan kedua tangan sambil meluruskan punggung.

Tujuannya adalah membuat lengan, punggung, dan bahu Anda terasa terikat. Gerakan senam lantai ini mampu melancarkan peredaran darah dan meredakan nyeri haid.(OL-5), Jakarta – Senam ritmik dikenal dengan sebutan senam ritmik, yaitu gerakan senam yang dilakukan dengan irama atau suara.

Irama pengiringnya bisa berupa tepuk tangan, ketukan, nyanyian musik, dan lain-lain. Nah, yang membedakan senam ritmik dengan senam lainnya adalah penambahan ritme.

Bentuk Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani Yang Perlu Diketahui

Dalam praktiknya, senam ritmik biasanya dilakukan dengan alat peraga seperti pita, tongkat, panji, bahkan topi. Namun senam ritmik juga bisa dilakukan tanpa menggunakan peralatan.

Seiring berjalannya waktu, senam ritmik banyak mengambil gerakan dari balet. Wajar jika senam ritmik banyak dilakukan oleh kaum hawa.

Bagi pecinta senam, penting untuk menguasai teknik gerak senam ritmik agar tercapai keselarasan gerakan yang bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Apalagi olahraga dapat membentuk keindahan, kebugaran, dan kekuatan tubuh.

Sebelum membahas macam-macam tahapan senam ritmik, Anda juga harus mengetahui manfaatnya. Berikut manfaat olahraga ritmik seperti dilansir

Pg Penjasorkes Kelas 10 Smt2 Smk Ktsp (1516)

Manfaat olahraga ritmis dapat membantu membakar kalori dan lemak berlebih. Setiap gerakan memerlukan kelenturan, keseimbangan fisik dan kemampuan menyesuaikan irama lagu pengiringnya.

Saat melakukan senam ritmik, tubuh bergerak sepanjang waktu dan hampir terus menerus dari satu gerakan senam ke gerakan senam lainnya.

Latihan ritmis dapat menguatkan jaringan otot pada tubuh. Melakukan senam ritmis otomatis dapat membuat otot Anda lebih lentur dan kuat.

Ketika otot menjadi fleksibel dan kuat, maka dapat meningkatkan rentang gerak tubuh, mencegah kekakuan tubuh dan cedera saat melakukan aktivitas berat.

Perbedaan Headstand Dan Handstand Dalam Gerakan Senam Lantai

Senam ritmik dilakukan dengan diiringi musik yang mengiringinya. Saat musik bertempo cepat, gerakan senam menjadi cepat dan bergantung pada keterampilan. Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung karena gerakan olahraganya seimbang antara lambat dan cepat.

Baca Juga  Berikut Ini Yang Bukan Termasuk Prinsip Usaha Bank Adalah Prinsip

Dengan melakukan senam ritmis secara langsung melatih kekuatan dan kesehatan tulang. Tulang yang kuat dan sehat berguna untuk menopang beban berat Anda saat beraktivitas sehari-hari.

Jika Anda memiliki masalah pada tulang, Anda mungkin akan mengalami masalah kesehatan di kemudian hari. Jika Anda melakukan olahraga berirama, Anda bisa terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis.

Dengan mengingat hal ini, langkahkan kaki kanan Anda ke depan, letakkan tumit terlebih dahulu, telapak kaki, dan ujung jari kaki terakhir.

Gerakan Awal Dan Gerakan Akhir Dalam Senam Irama

Pada hitungan kedua, langkahkan kaki kanan ke depan dan letakkan telapak kaki kanan sejajar dengan kaki kiri, dengan lutut dibuka.

Selama dua hitungan, saat Anda mengucapkan “dua”, putar kaki kiri Anda dan segera satukan dengan kaki kanan Anda.

Pada hitungan kedua, kaki kanan menyusul, dan sebelum kaki kanan menapak (masih mengangkat tumit), kaki kiri melangkah mundur, disusul kaki kanan sambil mendekat, namun tidak ada hentinya.

Untuk memudahkan mempraktekkan langkah-langkah sebelumnya, sebaiknya pelajari langkah-langkah perakitannya terlebih dahulu. Langkah selanjutnya adalah:

Menganalisis, Merancang, Dan Mengevaluasi Rangkaian Senam Lantai

Selama tiga hitungan, putaran terus dilakukan, angkat kaki kiri melewati punggung dengan gerakan memutar, kaki kiri diletakkan di samping kaki kanan kembali ke wajah semula.

Video sepatu platinum yang didesain khusus Adidas untuk Lionel Messi peraih Ballon d’Or sebanyak 5 kali.

Ses+ 01:07 VIDEO: Bagus! Tim F1 Haas memperkenalkan mobil Formula 1 baru untuk musim depan, VdF 24

Hasil PLN Mobile Proliga 2023 Hari Ini: Firma Fastron Pertamina Jakarta di Puncak, Tuan Rumah BJB Tandamata Libas Bandung

Materi Senam Lantai

VIDEO: Jakarta BNI 46 akhiri putaran pertama PLN Mobile Pro League 2023 dengan kemenangan atas Bank Palembang Sumsel Babel

VIDEO: Momen Australia mencetak empat gol ke gawang Indonesia di babak 16 besar Piala Asia 2023

Foto: Daftar 5 transfer termahal pekan terakhir bursa transfer musim dingin 2023/2024, rekrutan termahal Liga Inggris

Foto: Berbagai penghormatan kepada Jurgen Klopp dari fans Liverpool saat The Reds vs Norwich City di Piala FA, termasuk senam ritmik –

Jenis Senam Beserta Penjelasannya Yang Perlu Diketahui

Rangkaian gerakan senam, rangkaian gerakan senam irama, rangkaian gerakan, rangkaian gerakan senam aerobik, tulang rawan tersusun atas, tulang bahu tersusun atas, sebagian besar lapisan pada matahari tersusun atas, gerakan senam, rangkaian senam, bagian telinga luar tersusun atas, rangkaian gerakan senam lantai, membran sel tersusun atas