News

Gerakan Senam Lantai Banyak Variasinya Tuliskan 3 Gerakan Senam Lantai

×

Gerakan Senam Lantai Banyak Variasinya Tuliskan 3 Gerakan Senam Lantai

Share this article

Gerakan Senam Lantai Banyak Variasinya Tuliskan 3 Gerakan Senam Lantai – Sobat pernah mendengar istilah olahraga di lantai? Senam lantai terkenal dengan gerakan tubuhnya yang rumit, namun jika dilakukan oleh para atlet akan terlihat indah dan membuat penontonnya betah! Ternyata senam lantai terbagi menjadi beberapa jenis yang menarik untuk diketahui satu persatu. Apa saja jenis-jenis senam lantai? Pertama, mari kita pahami dulu maksud dari senam lantai berikut ini.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan olahraga di lapangan? Senam lantai merupakan salah satu jenis olahraga yang memerlukan latihan fisik untuk keseimbangan, kekuatan, kelenturan dan ketangkasan. Selain itu, gerakannya juga mencakup koordinasi antar bagian tubuh, daya tahan dan komitmen.

Gerakan Senam Lantai Banyak Variasinya Tuliskan 3 Gerakan Senam Lantai

Semua gerakan senam tanah sangat penting untuk pertumbuhan otot lengan, kaki, bahu, punggung, dada, dan perut. Berolahraga di lapangan membutuhkan banyak dedikasi dan disiplin. Oleh karena itu sering kita jumpai para atlet yang memulai latihannya sejak masih anak-anak. Dengan cara ini, kelenturan tubuh bisa terbentuk sejak dini.

Pengertian Senam Lantai, Ketahui Sejarah Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Di seluruh dunia terdapat berbagai kompetisi yang berkaitan dengan senam lantai. Pesertanya juga terdiri dari berbagai kelompok umur. Mulai dari anak-anak, anak-anak, remaja hingga dewasa. Selain itu juga terdapat turnamen-turnamen bagi para atlet dalam tingkat rekreasi bagi para atlet profesional yang memiliki daya saing dan lebih serius dalam menghadapi dunia ini.

Senam lantai bisa terlihat sangat modern, apalagi pada beberapa jenis yang sengaja dibuat lebih mengkilat. Namun tahukah Anda, ternyata sejarah senam lantai sangatlah panjang. Tepatnya dimulai dari zaman Yunani kuno! Oleh karena itu, berolahraga di lapangan merupakan salah satu jenis olahraga yang dilakukan pada masa itu. Tentu saja olahraga ini mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu.

Di Sparta dan Athena, latihan di lantai dicatat oleh Philostratus dalam karyanya Senam. Pelatihan berlangsung di gimnasium yang merupakan tempat olah raga, mirip dengan gimnasium masa kini. Namun pada masa itu, gimnasium sering kali hanya digunakan oleh laki-laki untuk mempersiapkan perang. Pada masa itu laki-laki berlatih tanpa mengenakan pakaian.

Setelah bangsa Romawi kuno mengalahkan bangsa Yunani pada tahun 146 SM. Di zaman yang lebih modern, seorang kolonel Spanyol bernama Don Francisco Amorós y Ondeano memperkenalkan senam lantai di sekolah-sekolah di Paris. Sedangkan olahraga ini diperkenalkan di Jerman oleh Friedrich Ludwig Jahn.

Perbedaan Headstand Dan Handstand Dalam Gerakan Senam Lantai

Jahn sendiri dianggap sebagai bapak senam. Dia mulai memperkenalkan pelatihan darat di Jerman pada tahun 1811. Berkat Jahn, terciptalah berbagai peralatan olahraga lantai yang kita kenal sekarang, seperti palang sejajar, ring, palang tinggi, kuda pommel, dan kuda vault. Organisasi induk senam lantai didirikan pada tahun 1881 dengan nama Fédération Internationale de Gymnastique (FIG).

Baca Juga  Reklame Dikatakan Baik Dan Informatif Apabila

Sejak dahulu tujuan senam darat pada zaman Yunani kuno adalah untuk melatih tubuh atau berolahraga secara rutin agar tubuh lebih bugar. Namun saat ini, apa sebenarnya tujuan melakukan senam lantai? Berikut penjelasan lengkapnya:

Jika tidak berlatih, melihat pergerakan lantai yang berbeda akan terasa mustahil. Soalnya kalau lupa sedikit saja pasti akan terjatuh dan menimbulkan luka yang berbahaya. Padahal, keseimbangan tubuh merupakan hal utama dalam senam lantai. Jika kita belajar dari awal maka keseimbangan tubuh kita akan membaik.

Berlatih senam lantai memerlukan fokus dan konsentrasi penuh. Kalau ini bisa tercapai, maka kita bisa seimbang. Kemampuan tersebut kini semakin langka, apalagi di era sekarang yang serba cepat. Padahal keseimbangan tubuh sangat penting dalam fungsinya.

Macam Macam Senam Lantai: Manfaat Dan Gerakannya!

Segala jenis olahraga yang kita gunakan untuk melatih tubuh pasti mampu membuat tubuh menjadi lebih kuat. Dengan cara ini, daya tahan tubuh Anda meningkat. Bagi yang sebelumnya memiliki daya tahan tubuh rendah, senam lantai bisa ditingkatkan.

Selain itu, gerakan senam lantai umumnya bekerja secara komprehensif. Misalnya latihan utamanya untuk tangan, tapi yang pasti tetap bahu, kaki, dll. Karena seluruh bagian tubuh bergerak, racun yang tersimpan di dalam tubuh menjadi sangat berkurang.

Seperti banyak jenis olahraga lainnya, olahraga lantai pada dasarnya dapat membantu kita mengatasi perasaan ragu atau takut. Misalnya saja melakukan gerakan jungkir balik yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Tentu wajar jika ada yang takut untuk mencobanya.

Namun pada prakteknya kami akhirnya berusaha melakukannya dengan bimbingan pelatih hingga akhirnya bisa. Setelah itu, mulailah mempelajari jurus-jurus lain yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. Jika pola ini terus berulang, rasa percaya diri bisa meningkat.

Sebutkan Gerakan Senam Lantai Sesuai Pada Gambar Diatas​

Banyak sekali manfaat senam lantai yang kita dapatkan jika kita melakukannya secara rutin. Fungsi senam lantai dapat dirasakan oleh setiap orang yang mempraktikkannya dengan benar, tidak hanya oleh para atlet saja. Berikut beberapa fungsinya bagi tubuh dan pikiran:

Ada banyak jenis senam lantai. Namun tidak semuanya diatur oleh organisasi induknya. Lalu jenis senam lantai apa saja yang diatur oleh FIG? Simak beberapa di antaranya di bawah ini:

Pada varian pertama ini, para atlet harus berlari di lintasan khusus sepanjang 82 kaki atau sekitar 25 meter sebelum akhirnya melompat dari papan dan akhirnya mendarat di platform yang telah disediakan. Setiap atlet memulai dari titik yang berbeda di lintasan. Ini tergantung pada tinggi dan kekuatan mereka.

Baca Juga  Pecahan Yang Terletak Diantara 2/3 Dan 11/15 Adalah

Dalam proses pendaratannya dapat berupa gerakan jungkir balik satu kali atau beberapa kali dan gerakan memutar lainnya. Semakin cantik Anda, semakin tinggi peluang mendapatkan skor tinggi. Tapi sekali lagi ini tergantung hasil pendaratannya, karena harus lancar.

Pengertian Dan Macam Macam Gerak Senam Lantai

Sejak tahun 2001, papan tradisional atau kuda lompat telah digantikan oleh peralatan yang lebih baru. Tentunya alat ini lebih stabil dengan bentuk yang lebih lebar dan panjang, berukuran sekitar 1 x 1 m. Papan ini dinilai lebih aman untuk digunakan. Namun dengan adanya papan baru ini, diharapkan tingkat kesulitan gerakan yang dapat dilakukan para atlet semakin meningkat.

Seperti namanya, dalam disiplin senam lantai ini terdapat beberapa palang yang tingginya tidak sejajar. Di atas mistar, atlet akan melakukan berbagai gerakan dengan cara berdiri di atas tangan untuk berpegangan pada mistar. Pada umumnya gerakannya berupa putaran bersama dengan gerakan lainnya. Semakin kompleks dan sempurna gerakannya, semakin tinggi nilainya.

Batangannya terbuat dari fiberglass yang dilapisi dengan kayu laminasi sehingga tidak mudah patah. Namun bahan ini dinilai masih rawan pecah sehingga diperlukan teknologi baru yang lebih menjamin keselamatan para atlet. Ukuran dan tinggi batang dapat disesuaikan.

Di masa lalu, jarak jeruji ini berdekatan. Namun kini jarak tersebut semakin menjauh. Gunanya agar para atlet bisa melakukan gerakan lebih leluasa. Anda mulai mengayun, memutar, hanya menggunakan satu batang, pada dua batang sekaligus. Atlet menggunakan pegangan kulit di tangannya untuk memudahkan pergerakan serta plester di telapak tangan.

Pada Gambar Tersebut Merupakantahap Pelaksanaan Gerakan Merodadalam Senam Lantai Ditunjukan

Atlet tersebut berada pada sebuah balok dengan panjang 5 m dan lebar 10,16 cm, sedangkan jaraknya dari tanah 125 cm. Namun tingginya bisa diatur lebih tinggi atau lebih pendek, sesuai kebutuhan. Pada balok ini, para atlet melakukan berbagai gerakan selama 90 detik tanpa henti. Yang dihargai adalah keseimbangan, kelenturan, kekuatan, ketenangan dan keanggunan.

Ini adalah latihan lantai yang sebenarnya. Jadi semua gerakan dilakukan di lapangan. Dahulu, olahraga ini dimainkan di lantai tanpa lapisan atau di lapisan yang sama dengan lapisan turnamen gulat. Sekarang aturannya sudah berubah, harus dilakukan di atas lantai dengan karpet berukuran 12 x 12 m. Negara ini sering disebut negara musim semi.

Lantai ini dipilih karena dianggap paling kuat dan mampu memberikan refleksi ekstra. Sehingga gerak-gerik para atlet menjadi lebih indah dan performanya pun lebih baik. Dalam kejuaraan tersebut, atlet harus tampil selama 90 detik. Disiplin ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pada level 3 – 6 gerakannya harus sama dengan musik yang sama.

Baca Juga  Lampu Lalu Lintas Dalam Bahasa Inggris

Berbeda dengan level yang lebih tinggi yaitu level 6 – 10, dimana para atlet dapat memilih sendiri lagunya dan juga gerakan apa yang dilakukannya. Meski demikian, masih ada langkah-langkah yang diperlukan. Diantaranya adalah tumbling, berbagai gerakan akrobatik dan berbagai jenis lompatan.

Materi Aktivitas Pengembangan

Kuda pommel atau kuda pelana merupakan suatu disiplin yang didalamnya terdapat platform dengan tinggi 1,10, panjang 1,6 m, dan lebar 30 cm. Ditengahnya terdapat 2 tombol. Para pemain menahan dan melakukan gerakan dengan kakinya. Biasanya mencakup gerakan memutar kaki, serta gerakan lain yang lebih menantang.

Disiplin ini memerlukan daya tahan dan keseimbangan yang luar biasa. Pergerakan berakhir ketika atlet turun dari platform pelana kuda. Cara mendaratnya bisa dengan cara memutar atau handstand. Yang pasti pergerakan ke bawah harus mulus untuk mendapatkan skor yang bagus.

Siapapun bisa melakukan senam lantai. Mulailah dengan gerakan yang mudah, lalu lanjutkan ke gerakan yang lebih sulit. Berikut berbagai gerakan senam lantai yang bisa Anda coba:

Gerakan ini merupakan salah satu gerakan yang paling mudah dilakukan, dan sering diajarkan di tingkat sekolah dasar. Cara termudah adalah dengan mulai berbaring telungkup seperti orang yang sedang tidur normal. Lalu letakkan telapak tangan dan kaki di lantai dan angkat tubuh. Sedangkan untuk cara yang sulit, mulailah dari posisi berdiri.

Manfaat Senam Lantai: Kesehatan Yang Menyenangkan

Dengan alat fitnes U3036 – Flat Bench DHZ Fitness yang dibanderol Rp 4,7 juta, sobat juga bisa belajar menjadi kaya dari posisi tidur. Kayang bermanfaat untuk menguatkan otot lengan, bahu, dan kaki, serta membuat otot perut dan pinggang menjadi lebih kuat.

Gerakan senam lantai selanjutnya juga dinilai cukup sederhana, gerakan ini juga sering dijumpai pada yoga. Gerakan yang sempurna dimulai dari posisi berbaring, lalu kita angkat kaki dan punggung hingga membentuk garis lurus ke atas. Jadi kami mengandalkan bahu, kepala, dan lengan.

Jika posisi candle masih ditopang oleh bahu dan lengan, maka headstand benar-benar menggunakan kekuatan kepala. Untuk mengangkat kaki, letakkan siku dan telapak tangan melingkari kepala, lalu gunakan kekuatan kepala untuk mengangkat kaki hingga lurus. Gunakan dinding untuk berlatih.

Ini adalah gerakan memutar yang terus menerus

Contoh Kombinasi Gerakan Dengan Bantuan Alat, Materi Penjasorkes Kelas 3 Sd

Gambar gerakan senam lantai, contoh gerakan senam lantai, nama gerakan senam lantai, 10 gerakan senam lantai, 5 gerakan senam lantai, macam gerakan senam lantai, macam2 gerakan senam lantai, senam lantai gerakan, gerakan pada senam lantai, 3 gerakan senam lantai, unsur gerakan senam lantai, senam lantai gerakan meroda