News

Gerakan Lompat Jauh Dibagi Menjadi Empat Yaitu

×

Gerakan Lompat Jauh Dibagi Menjadi Empat Yaitu

Share this article

Gerakan Lompat Jauh Dibagi Menjadi Empat Yaitu – Atlet Kuba Mekel Maso bertanding dalam final lompat jauh putra Olimpiade Tokyo 2020, Senin (8/2/2021) di Olympic Stadium, Tokyo. (Foto: AFP/Javier Soriano)

, JAKARTA – Lompat jauh adalah gerakan melompat ke depan dan ke atas dengan upaya menghempaskan badan ke udara, mendorong salah satu kaki untuk menggapai lebih cepat dan lebih jauh.

Gerakan Lompat Jauh Dibagi Menjadi Empat Yaitu

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lompat jauh adalah olahraga yang dimulai dengan satu kaki dan berlanjut ke jarak yang dapat dijangkau.

Pengertian Lompat Jauh: Sejarah, Teknik Dasar, Gaya, Hingga Peraturan

Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang paling digemari dan sering dipertandingkan dalam kompetisi dunia, termasuk Olimpiade.

Sebagai olahraga lompat jauh tentunya memiliki tujuan tersendiri, dan melakukannya tidak sembarangan, melainkan dengan teknik yang mumpuni.

Meski terkesan sederhana dan mudah, lompat jauh membutuhkan penguasaan teknik dasar yang baik dan akurat. Teknik-teknik ini harus dipelajari saat melakukan olahraga lompat jauh.

Ini adalah rangkuman dari empat teknik dasar lompat jauh yang perlu Anda ketahui seperti dilansir pada halaman e.

Sportpedia: 4 Tahapan Dalam Melakukan Lompat Jauh

Video berita aksi Sapwaturrahman, pebalap Indonesia yang menari kemenangan unik usai memecahkan rekor dan meraih medali emas SEA Games 2019.

Atlet Indonesia, Maria Londa, bersiap untuk lompat dalam pertandingan invitasi cabang atletik lompat jauh di SUGBK, Jakarta pada Minggu (11/2/2018). Ia meraih emas dalam lompat jauh 6,43 meter. (/Lifer Yogi Trishna)

Lompat jauh adalah gerakan gabungan dari presesi, tolakan, waktu terbang, dan pendaratan. Gerakan-gerakan ini diulang dan terkait satu sama lain.

Oleh karena itu, penguasaan setiap gerakan dasar tersebut sangatlah penting. Berikut adalah teknik dasar lompat jauh:

Macam Macam Atletik Dan Penjelasannya, Dari Lari, Lompat, Hingga Lempar

Preposisi atau posisi adalah gerakan awal berupa lari untuk memperoleh kecepatan pada saat tolakan (melompat). Jarak start yang biasa digunakan oleh atlet lompat jauh adalah:

Sedangkan penerapan pembelajaran di sekolah dasar disesuaikan dengan kemampuan anak usia sekolah dasar, misalnya jarak tempuh anak perempuan 15-20 meter dan jarak tempuh anak laki-laki 15-25 meter.

B Tingkatkan kecepatan lari secara bertahap sebelum memulai/beristirahat. Kecepatan posisi dipertahankan maksimum hingga bagan lepas landas tercapai.

Atlet lompat jauh Indonesia Maria Natalia Londa saat mengikuti pertandingan lompat jangkit putri SEA Games di Stadion Bukit Jalil Malaysia, Rabu (23/8). Medali perak diraih Maria Natalia Londa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Latihan Lari Akselerasi Untuk Meningkatkan Kecepatan Lari

Tolakan adalah perubahan gerak dan gerak dari gerak mendatar menjadi gerak vertikal yang terjadi dengan cepat. Dimana para pelompat jauh mempersiapkan diri untuk melakukan push sekuat tenaga di etape akhir.

Baca Juga  Contoh Gerak Esionom

Dengan demikian, seluruh tubuh akan terangkat dan terbang di udara. Dapat dikatakan bahwa tolakan akan berubah dari kecepatan horizontal menjadi vertikal.

Atlet Indonesia Maria Natalia Londa mencapai final lompat jauh putri pada Asian Games Invitational ke-18 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senan, Minggu (11/2). Maria Natalia Londa meraih medali emas dengan lompatan 6,43m

Saat mendaki, tubuh harus dijaga dalam keadaan rileks kemudian melakukan gerakan tubuh untuk menjaga keseimbangan yang memungkinkan pendaratan lebih sempurna. Gerakan asana ini disebut gaya lompat jauh.

Macam Gaya Lompat Jauh: Berjalan Di Udara, Jongkok, Menggantung

Atlet Filipina Marestela Sunang tampil pada babak final Lompat Jauh Putri Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (27/8). Sebanyak 11 atlet mengikuti final lompat jauh putri (Antara Photo/INASGOC/M Agung Rajasa)

Saat mendarat, kedua kaki dibawa lurus ke depan dengan paha diangkat, badan ditekuk ke depan, tangan dibawa ke depan ke kaki pertama, dan lutut ditekuk serta ditekuk.

Hal ini agar badan tidak terlalu jauh, kemudian kepala ditundukkan dan kedua lengan lurus ke depan.

2 Perubahan Sepak Bola SEA Games 2023: U-22 Kembali ke Timnas Indonesia, Kurangi Jumlah Pemain Senior

Teknik Pendaratan Yang Tepat Dalam Lompat Jauh

Witan Sulaeman dan Calon Bintang 3 Timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2023: Ayo bawa pulang medali emas.

Usai mengalahkan Leicester City di Liga Inggris, apakah MU benar-benar siap menjadi penantang gelar? Eric ten Haag Pilih kerendahan hati

Foto: Aksi Tim Duo Brasil RANS Nusantara FC, Peringkat Kedua Persib Piala Persija 2022/2023 Liga 1 BRI, Jakarta – Lompat jauh adalah olahraga atletik di mana pemain menggabungkan kecepatan, kekuatan, dan ketangkasan untuk mendorong diri mereka sendiri untuk lepas landas. meja.

Oleh karena itu, maksud atau tujuan dari lompat jauh adalah mencapai titik tumpu lompatan atau jarak lompatan dalam panggul.

Pjok Smp/mts Kelas Ix

Sekadar informasi, olahraga lompat jauh sudah ada sejak 13 abad yang lalu di Yunani tepatnya tahun 708 Masehi. Pada tahun 1896, lompat jauh menjadi bagian dari Olimpiade.

Sebagai olahraga lompat jauh tentunya memiliki tujuan tersendiri, dan melakukannya tidak sembarangan melainkan dengan teknik yang baik.

Untuk mendapatkan lompatan yang maksimal, sebaiknya latih otot kaki secara berulang-ulang, seperti dengan berlari atau melompat. Ini dapat membantu saat memukul mundur sehingga lompatan maksimal tercapai.

Juga dikenal sebagai gaya jongkok lompat jauh atau gaya ortodoks, tujuan utama gaya ini adalah berlari secepat mungkin dari jarak 40 hingga 45 meter di lintasan.

Baca Juga  Friendzone Artinya Brainly

Teknik Lompat Jauh Yang Baik Dan Benar

Teknik lompat jauh dimulai dengan berlari secepat mungkin dari awal lintasan dan tidak melambat sehingga membuat tumpuan saat melompat.

Tolakan melibatkan menggerakkan tubuh lebih jauh, kemudian dimulai dengan tumit, telapak kaki dan kaki dan kemudian menggerakkan kedua kaki ke depan.

Saat berada di udara, lengan lurus ke depan bersama tubuh, lalu gerakkan lengan ke belakang. Saat mendarat, pastikan menggunakan ujung tumit. Jangan biarkan tubuh jatuh ke belakang karena dapat mengurangi jarak lompatan.

Lompat jauh gaya lari udara adalah jenis gaya yang merupakan teknik lompat jauh yang hampir sama dengan gaya squat, baik saat preposisi, tolakan atau tumpuan dan pendaratan.

Pdf) Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Mahasiswa Penjaskesrek Stkip Pgri Lubuklinggau

Perbedaannya ada di udara. Dalam gaya ini, Anda harus bisa mengayunkan kaki seolah-olah sedang berjalan di udara. Makanya disebut gaya saat berjalan.

Biasanya, gerakan di udara dimulai dengan awalan 10 langkah, setelah itu atlet melakukan akselerasi dan sprint sebelum memantul.

Lompat jauh merupakan salah satu gaya yang kecepatannya tidak dapat diubah dengan bertumpu pada alas atau papan kayu.

Teknik lompat jauh gaya gantung dengan badan ke depan, kemudian posisi tangan di samping telinga dan posisi kaki ke belakang kuat saat di udara. Untuk teknik prefix, takeoff/support dan landing sama dengan kedua teknik diatas.

Olahraga Lempar Lembing: Sejarah, Teknik, Dan Peraturannya

Seperti gaya jongkok, posisi tubuh pada gaya ini lebih tegak. Pada gaya gantung, ayunan ke belakang dan ke depan akan dilakukan pada kaki bersamaan dengan lengan yang diayunkan ke depan dan ke belakang.

Saat mendarat, kedua kaki akan lurus ke depan dan badan akan mendarat menggunakan kedua tumit terlebih dahulu untuk menjaga keseimbangan.

2 Perubahan Sepak Bola SEA Games 2023: U-22 Kembali ke Timnas Indonesia, Kurangi Jumlah Pemain Senior

Witan Sulaeman dan Calon Bintang 3 Timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2023: Ayo bawa pulang medali emas.

Pdf) Analisis Biomekanika Teknik Gerakan Lompat Jauh (mata Kuliah Biomekanika Olahraga)

Usai mengalahkan Leicester City di Liga Inggris, apakah MU benar-benar siap menjadi penantang gelar? Eric ten Haag Pilih kerendahan hati

Foto: Aksi Tim Duo Brasil RANS Nusantara FC, Persib Kup Peringkat Persija 2022/2023 Liga 1 BRI dari peringkat kedua lompat jauh.

Oleh karena itu, seorang atlet membutuhkan teknik dasar lompat jauh. Keterampilan teknis harus terus dikembangkan. Tujuannya agar pengendara bisa melakukan gerakan yang benar saat mengikuti kejuaraan.

Baca Juga  Nyatakan Bilangan Berikut Dengan Menggunakan Pangkat Positif

Teknik dasar lompat jauh terdiri dari tahapan gerak dimulai dari sikap awal, push-off, sikap badan di udara dan diakhiri dengan mendarat.

Teknik Dasar Lompat Jauh Dan Sejarah Awal Mulanya

Sekilas, lompat jauh terlihat sangat mudah. Padahal, ketika ingin menerapkan teknik dasar lompat jauh ini, tidak sembarangan dan memerlukan latihan khusus.

Selain itu, tingkat kewaspadaan para atlet juga harus tinggi. Tujuannya, agar pengendara tidak mengalami resiko cedera saat beraksi.

Apalagi saat melakukan rebound atau landing yang buruk, cedera bisa berakibat fatal bahkan bisa mempengaruhi hasil evaluasi selama pertandingan.

Untuk itu simak ulasan tentang 4 teknik dasar lompat jauh dan posisi tubuh yang benar agar terhindar dari cedera sob.

Kak Tolong Dibantu Maaf Kak Banyak​

Teknik lompat jauh dasar yang pertama dilakukan adalah teknik awalan. Berlari secepat mungkin adalah teknik dasar lompat jauh di awal.

Panjang lintasan lari yang harus ditempuh dari posisi start ke balok start kurang lebih 20 sampai 30 meter.

Karena teknik lompat jauh ini dilakukan dengan cara berlari dengan kecepatan penuh, maka posisi awal badan saat melakukan lompat jauh harus ke arah depan atau tempat tolak balak.

Tujuannya agar pengendara benar-benar siap dengan lompat jauh selanjutnya untuk fokus melakukan teknik dasar yaitu tolakan.

Jumlah Kesempatan Melompat Tiap Atlet Dalam Lompat Jauh

Teknik preposisi yang benar berfungsi untuk memberikan dorongan pada saat melakukan lompat, sehingga atlet lompat jauh akan mendapatkan sebanyak-banyaknya.

Setelah teknik preposisi dilakukan dengan benar, teknik dasar lompat jauh lainnya yang harus dilakukan adalah teknik push-off atau posisi awal sebelum lompat.

Posisi tubuh saat melakukan lompat jauh adalah dalam posisi lurus, dan posisi kedua lengan harus diangkat dan diputar ke depan dan ke atas.

Saat memukul mundur lompat jauh, kaki yang digunakan untuk bertumpu pada balok tolak adalah kaki yang lebih kuat berupa kaki atau tumpuan.

Sudut Melakukan Awalan Lompat Tinggi Sebesar A 15° 20° B 30° 40° C 49° 50° D 20° 30°2. Ad Di

Langkah selanjutnya dalam teknik lompat jauh dasar adalah teknik udara. Setelah tolakan, benda akan terangkat ke udara, atau

Asuransi dibagi menjadi 2 jenis yaitu, sebutkan gerakan lompat jauh, asuransi jiwa dibagi menjadi 2 jenis yaitu, gejala gagal jantung dibagi menjadi dua yaitu, iklan dibagi menjadi dua yaitu, pemerintahan bani umayyah dibagi menjadi dua periode yaitu periode, sedekah dibagi menjadi dua yaitu, limbah organik dibagi menjadi dua jenis yaitu, teknik gerakan lompat jauh, magnet dibagi menjadi dua yaitu, asuransi jiwa prudential dibagi menjadi 2 jenis yaitu, jenis komputer terapan berdasarkan fungsi alat dibagi menjadi 2 yaitu