News

Gerak Memusatkan Tubuh Pada Salah Satu Anggota Tubuh Disebut

×

Gerak Memusatkan Tubuh Pada Salah Satu Anggota Tubuh Disebut

Share this article

Gerak Memusatkan Tubuh Pada Salah Satu Anggota Tubuh Disebut – , Jakarta merupakan kegiatan non lokomotor dalam olahraga. Gerak dalam olahraga ada tiga macam, yaitu gerak lokomotor, gerak nonlokomotor, dan gerak manipulatif.

Gerak lokomotor merupakan gerak yang menimbulkan gerak spasial. Sedangkan aktivitas non lokomotor adalah aktivitas yang tidak melibatkan pergerakan spasial. Sedangkan kegiatan manipulasi adalah kegiatan yang melibatkan penggunaan alat.

Gerak Memusatkan Tubuh Pada Salah Satu Anggota Tubuh Disebut

Sebelum membahas lebih lanjut contoh gerak nonlokomotor dalam olahraga, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian gerak nonlokomotor secara mendalam.

Apa Itu Ashtanga Yoga ?

Secara sederhana gerak non lokomotor adalah gerak yang prosesnya tidak menimbulkan gerak pada letak subjek geraknya. Dengan kata lain aktivitas non lokomotor merupakan kebalikan dari aktivitas lokomotor.

Berikut pengertian lebih jelas mengenai kegiatan nonlokomotor, dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/7/2022).

Seorang bocah lelaki berusia 6 tahun berhasil memecahkan rekor di Rusia. Ibrahim berhasil melakukan 3270 push-up dalam waktu 2 jam.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kegiatan nonlokomotor adalah kegiatan yang dilakukan di tempat atau kegiatan yang dilakukan tanpa berpindah posisi.

Bse Seni Rupa X Pages 151 200

Kegiatan non lokomotor adalah kegiatan yang dilakukan di tempat tanpa ada gerakan apapun dan menggunakan keterampilan non lokomotor seperti membungkuk, mendorong, menarik, mengangkat, menurunkan, membungkuk, memutar, menggoyang, memutar, mengayun, dan lain-lain.

Kegiatan nonlokomotor merupakan keterampilan yang dilakukan dengan menggerakkan sendi-sendi dan otot-otot tubuh dalam keadaan tubuh pelaku diam dan diam, dengan kaki tetap pada posisi menopang atau tangan tetap pada pegangan.

Posisi gerak non lokomotor adalah berusaha menstabilkan keseimbangan tubuh dan tidak terjatuh. Pasalnya, tujuan utama melakukan aktivitas nonlokomotor adalah untuk melatih keseimbangan gerak manusia agar tidak mudah terjatuh dan melayang meski pada permukaan yang tidak sempurna.

Baca Juga  Dimana Kita Dapat Menemukan Rangkaian Listrik Sederhana

Berdasarkan pendapat banyak ahli, pengertian gerak lokomotor adalah suatu gerak yang pelaku geraknya tidak bergerak, yang ditandai dengan posisi kaki tetap bertumpu pada tumpuan atau berdiri. Tangan masih pada pegangannya. Papan siku dan push-up dapat menjadi indikasi jelas apa itu gerakan statis.

Menjadi Orangtua Hebat Dalam Mengasuh Anak_buku2_130810

Pergerakan badan dapat diputar atau diputar dengan memutar separuh badan, namun posisi kedua kaki tetap. Nantinya, sistem gerak manusia yaitu bagian tubuh dari pinggang hingga kepala mengarah ke samping.

Jenis aktivitas nonlokomotor selanjutnya adalah aktivitas fisik. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara menekuk, memutar, dan menekuk badan.

Untuk aktivitas non lokomotor yaitu gerakan tubuh dapat dilakukan cukup dengan mengubah posisi kaki sehingga tubuh menunjuk ke arah yang berbeda.

Gerakan yang mengubah posisi bagian tubuh tidak menggerakkan tubuh secara utuh. Contohnya seperti menekuk lengan, menggelengkan kepala, merangkak, merentangkan lengan, dan mengangkat satu kaki.

Manfaat Yoga Untuk Meningkatkan Konsentrasi Dan Fokus

Secara umum kegiatan nonlokomotor mempunyai kelebihan dan tujuan, seperti mengembangkan kesadaran akan keberadaan bagian tubuh dalam ruang, serta melatih kecepatan dan ketepatan langkah. Selain itu, pelatihan keterampilan motorik penting bagi anak usia dini, karena mempengaruhi perkembangan neuron motorik.

Menurut Kirchner dan Fishburne (1998), aktivitas nonlokomotor membantu meningkatkan kesadaran tubuh dan kesadaran spasial karena memungkinkan anak mengeksplorasi cara menggerakkan, mengontrol, atau menyeimbangkan tubuh sehubungan dengan bentuk yang dapat dibuat oleh tubuh.

Kegiatan nonlokomotor yang dapat meningkatkan kesadaran tubuh dan spasial anak antara lain mengayun sambil mengubah arah. Kegiatan-kegiatan ini membantu anak-anak memahami di mana tubuh mereka berada di ruang angkasa.

Sedangkan menurut Barnett, Bearden, Morgan, Brooks, dan Beard (2009), aktivitas non-lokomotor dapat menjadi dasar kebiasaan aktivitas fisik seiring bertambahnya usia anak, dan penelitian menunjukkan bahwa (anak-anak yang akrab dengan aktivitas non-lokomotor) menjadi lebih banyak. aktif. Masa remaja ditandai dengan meningkatnya aktivitas dan aktivitas fisik.

Baca Juga  Contoh Skala Prioritas

Manfaat Penting Bergoyang Zumba Secara Rutin Yang Patut Diketahui

Sedangkan menurut Gabbard (2011), latihan nonlokomotor mempunyai manfaat membantu anak menjadi relatif kompeten dalam keterampilan nonlokomotornya dan menggunakan keterampilan tersebut dalam kombinasi dengan orang lain dalam gaya hidup aktif.

Keterampilan nonlokomotor berkontribusi pada pengembangan kelenturan fisik dan mental seiring dengan fokus yang muncul dari latihan beberapa keterampilan nonlokomotor. Misalnya, menekuk lutut dapat melatih konsentrasi sehingga mengharuskan seseorang untuk fokus pada tubuh tertentu untuk melakukan gerakan tersebut.

Mengingat banyaknya manfaat aktivitas nonlokomotor khususnya pada tumbuh kembang anak usia dini, maka penting untuk mengetahui contoh aktivitas nonlokomotor antara lain:

2. Rotasi: Gerakan mengelilingi badan, yang dilakukan dengan cara memutar berbagai bagian tubuh pada suatu sumbu, tetapi dengan alas tidak mengubah posisi kepala dan badan.

Soal Pjok Kelas 4 Semester 2

5. Fleksi : Menggerakan otot-otot sekitar sendi tempat bertemunya dua bagian tubuh. Ini adalah bentuk membungkukkan badan dari posisi lurus ke membungkuk.

9. Aktivitas mengangkat : Dilakukan dengan mengangkat badan, kaki atau lengan dan biasanya menggunakan benda berat untuk mengangkat kedua tangan.

12. Osilasi: Pergerakan bagian-bagian tubuh pada suatu sumbu, yang dapat berupa gerak maju mundur atau maju mundur.

* Kebenaran atau penipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang disebarkan, Anda bisa mengirimkan nomor cek fakta WhatsApp 0811 9787 670 cukup dengan menuliskan kata kunci yang Anda inginkan.

Manfaat Pilates Saat Puasa

Bahasa tubuh atau gerak tubuh merupakan salah satu bentuk komunikasi, salah satu cara meningkatkan sistem imun tubuh, salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh, satu tubuh banyak anggota, ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia, tulang anggota gerak tubuh bagian atas dan bawah disebut, ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia ketika masih muda, cara menghilangkan salah satu suara pada video, salah satu aturan menjaga kesehatan tubuh adalah, menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu cara, salah satu contoh makanan tradisional khas betawi yang disebut, salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh adalah