News

Gerak Dasar Tari Bungong Jeumpa Pada Gerak Kepala

×

Gerak Dasar Tari Bungong Jeumpa Pada Gerak Kepala

Share this article

Gerak Dasar Tari Bungong Jeumpa Pada Gerak Kepala – Anak-anak muda mengikuti gladi bersih tarian tradisional Ahnese di Desa Ekowisata Nusa di Lhoknga, Provinsi Ashlar (31/08/2021). (AFP/Ketua Mahiuddin)

, Jakarta Gerakan utama tari Bungong Jeumpa adalah berdiri dan duduk. Tari Bungong Jeumpa merupakan tarian tradisional Nangroe Aceh Darussalam.

Gerak Dasar Tari Bungong Jeumpa Pada Gerak Kepala

Sebagian orang mungkin lebih mengenal Tari Jerami dibandingkan Bungong Jeumpa. Namun sejak dipentaskan pada upacara pembukaan Asian Games 2018, tari Bungong Jeumpa mulai mendapat perhatian masyarakat.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Gerakan dasar tari Bungong Jeumpa adalah gerakan berdiri dan duduk dengan diiringi lagu Bungong Jeumpa. Dengan kata lain, tari Bungong Jeumpa dilakukan dengan dua cara, yaitu Bungong Jeumpa ditarikan dalam bentuk duduk dan Bungong Jeumpa ditarikan dalam bentuk tari.

Selama Ramadhan, masyarakat Aceh diperbolehkan melaksanakan salat tarawih berjamaah di masjid. Wakil Ketua Majelis Ulama Aceh Faisal Ali mengatakan, status Aceh belum masuk zona merah.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jenis tari Bungong Jeumpa ada dua, yaitu gerakan yang dilakukan sambil berdiri dan gerakan yang dilakukan sambil duduk.

Menunjukkan kedua tangan, berjinjit dan menekan 2 kali ke kanan. Dia menunjuk kedua tangannya, kaki di ujung, lalu mengetuk 2 kali ke kiri.

Unsur Utama Tari Adalah Gerak, Ruang, Dan Waktu, Simak Penjelasannya

Badan ditekuk ke kanan dan kedua jari diremas dan ditarik. Kaki kanan ke depan. Tangan diturunkan, lalu kaki kanan ditarik ke belakang. Badan diputar diagonal ke kiri, kedua jari diremas dan ditarik. Kaki kiri diarahkan ke depan, bergantian dua kali ke kanan dan kiri.

Badan diarahkan secara diagonal ke kanan, dengan kedua jari ditarik kuat. Kaki kanan ke depan dan lengan ke bawah. Kaki kanan kembali. Kemudian badan diputar diagonal ke kiri, jari kedua tangan dikepalkan, lalu ditarik. Kaki kiri ke depan. Gantilah kaki kanan dan kiri 2 kali setiap kali.

Baca Juga  Apa Itu Struktur

Kedua tangan dipegang di bahu dan lengan didorong ke depan. Jari-jari menunjuk lurus. Lalu bergantian ke kanan dan ke kiri.

Penari tampil di Festival Tari Ratoh Jaroe di Banda Aceh pada Rabu (08/09/2021). Tari Ratoh Jaroe merupakan salah satu tarian Aceh yang paling terkenal. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Mengenal 2 Posisi Gerakan Tari Bungong Jeumpa Aceh, Kelas 4 Tema 1

Tangan kanannya di bahu dan tangan kirinya di paha. Lakukan gerakan bergantian dan pukul dua kali secara bersamaan.

Tangan kanan berdiri, tangan kiri memegang siku kanan. Lakukan ini sambil berdiri dengan tangan kiri dan pegang siku kiri dengan tangan kanan. Tepuk tangan Anda dua kali.

Kedua tangan lurus ke depan dan bertepuk tangan. Kemudian tepuk tangan pemukul Anda di depan dada. Kemudian rentangkan tangan ke atas kepala, rentangkan tangan, dan angkat tubuh. Lalu pukulan lagi di depan dada.

Badan sedikit membungkuk, berbelok ke kanan dan ke kiri, lalu kedua tangan menyentuh tanah. Angkat lengan lurus ke atas, lalu tekuk bergantian ke kanan dan kiri.

Buku Siswa Kelas Iv Tema 1 Indahnya Kebersamaan

Desa Ekowisata Nusa, Lhoknga, Provinsi Aceh, 20 Oktober 2021. Penari menggunakan gendang tradisional pada 20 Oktober 2021. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tari Bungong Jeumpa merupakan tarian tradisional Aceh. Nama Bungong Jeumpa sendiri mempunyai arti bunga Cempaka. Bunga Cempaka merupakan bunga yang banyak tumbuh dan populer di Aceh.

Menurut catatan sejarah, tari bungong jeumpa sudah ada sejak zaman Dinasti Aceh. Tarian ini selalu digunakan dan dibawakan sebagai salah satu tarian resmi acara-acara kerajaan di keraton. Para raja juga menyukai tarian ini karena dikatakan membawa kekayaan dan pendapatan besar bagi kerajaan mereka.

Oleh karena itu, tari bungong jeumpa lebih banyak dibawakan oleh masyarakat setempat. Masyarakat menggunakan tarian ini sebagai salah satu tarian ritual untuk hiburan. Selain itu, tarian adat ini juga ditampilkan pada acara-acara adat seperti pesta pernikahan dan acara formal untuk mempertemukan para tamu.

Baca Juga  Dalam Sebuah Cerita Teater Alur Harus Bersifat

Gerak Kepala Pada Gambar Disamping Yaitu Km​

Tari Bungong Jeumpa sebagaimana telah disebutkan sebelumnya merupakan tarian yang diiringi musik dan nyanyian yang disebut Bungong Jeumpa. Kata-kata Bungong Jeumpa adalah sebagai berikut:

* Fakta atau tipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang tersebar, masukkan kata kunci yang diperlukan di WhatsApp 0811 9787 670. Tari Bungong Jeumpa berasal dari provinsi Aceh. Nanggroe Aceh Darussalam terkenal dengan kekayaan budaya dan tradisi yang tidak bisa dianggap remeh. Budaya tradisional berkisar dari adat istiadat, pakaian tradisional, aspek tradisional rumah hingga berbagai bentuk seni. Salah satu kesenian yang dimiliki provinsi Aceh adalah tari daerah yang menonjolkan nuansa Islami.

Tarian ini dibawakan dengan memadukan tarian dan nyanyian tradisional khas Aceh. Seperti halnya tarian tradisional Aceh lainnya, tarian ini tidak memerlukan iringan alat musik tradisional atau modern, hanya nyanyian para penarinya saja.

Kata Bungong Jeumpa artinya bunga cempaka dalam bahasa Aceh. Dalam masyarakat Aceh, bunga cempaka mempunyai hubungan yang erat dengan masyarakat, biasanya setiap rumah tangga di Aceh menanam bunga ini di pekarangan rumah mereka. Bunga Cempaka merupakan simbol kebanggaan masyarakat Aceh dan keindahan Aceh. Selain itu marigold mempunyai beberapa fungsi, yaitu:

Gerakan Tari Bungong Jeumpa Pada Gambar Di Atas Termasuk Informasi?a.formasi Ab.formasi Bc.formasi

Misi dan makna tari Bungong Jeumpa adalah menggambarkan semangat dan keindahan tanah Aceh. Semua itu ditandai dengan bunga tradisional Kesultanan Aceh yaitu bunga cempaka. Tarian ini dimaksudkan sebagai ungkapan kecintaan dan kebanggaan masyarakat Aceh terhadap bunga bungong jeumpa/cempaka.

Kostum yang dikenakan penari Bungong Jeumpa menjadi salah satu ciri khas dari tarian ini. Pakaian yang dikenakan berupa kemeja, celana dan topi.

Baca Juga  Hari Kemerdekaan Laos

Tarian tradisional khas Aceh ini merupakan pengenalan budaya Aceh lainnya seperti pakaian adat. Iklan sederhana seperti baju, syal, topi, gelang dan musik digunakan. Penggunaan alat peraga tersebut menambah keindahan pertunjukan, begitu pula penampilan panggung dan penarinya sendiri.

Pementasan tarian daerah di Aceh terdiri dari beberapa gerakan yang sangat menambah keindahan tarian tersebut. Karena tarian ini dibawakan secara berkelompok maka diperlukan kesatuan, keselarasan, saling menghormati, disiplin dan keseriusan.

Rpp) Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 5

Tarian ini dikembangkan sesuai kebutuhan, namun tari Bungong Jeumpa sudah dikembangkan dari gerak-gerak tari, antara lain:

Seperti halnya tariannya, lagu Bungong Jeumpa juga berasal dari Aceh. Bunga aceh tumbuh di daerah yang dikenal dengan gurun Mekkah ini, dan setiap penduduk mempunyai bunga ini di rumahnya. Saat ini, bunga cempaka seakan menjadi wajah baru Aceh.

Perpaduan makna kata dengan alunan musik yang indah pasti akan menyentuh hati orang yang mendengarnya. Nada yang sederhana dan lembut menjadi ciri khas lagu ini. Jika ditanya, masyarakat Indonesia pasti ingat dengan lagu dari balkon Mekkah.

Demikianlah sejarah dan makna tari Bungong Jeumpa. Ingin mencoba tarian daerah asal Aceh ini?

Gerakan Tari Bungong Jeumpa

Auliya, N. (2020, 26 April). Bungong Jeumpa: Wajah baru yang ‘cemerlang’ di Aceh. Diakses pada 26 Juni 2021 dari https://museumnusantara.com/

Saputra, R. (2021, 04 Mei). Sejarah Tari Bungong Jeumpa, Lirik dan Gerakannya. Diakses tanggal 26 Juni 2021 dari https://www.hops.id/

Gerak dasar tari kecak, kostum tari bungong jeumpa, download lagu tari bungong jeumpa, gerak dasar kepala dalam tari, tari aceh bungong jeumpa, download tari bungong jeumpa, gerakan tari bungong jeumpa, tari bungong jeumpa berasal dari, gerak dasar tari bagian kepala, tari bungong jeumpa, video tari bungong jeumpa, baju tari bungong jeumpa