Pacitan

Geopark Gunung Sewu Pacitan Masuk Kawasan Ekonomi Khusus

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Geopark Gunung Sewu patut mendapat perhatian dunia. Pesona taman bumi yang membentang dari Pancer Door hingga Klayar itu memang layak dikenalkan kepada wisatawan mancanegara.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji berharap kolaborasi Pacitan dengan Wonogiri dan Gunung Kidul akan mendongkrak eksistensi Geopark Gunung Sewu. Dua tetangga lintas provinsi itu menjadi bagian dari kawasan geopark yang ditetapkan UNESCO 2015 silam tersebut.

Pembahasan geopark itu telah diutarakan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Surya Tjandra di Pacitan awal tahun silam. ‘’Paling tidak, Pacitan menyandang status kawasan ekonomi khusus (KEK). Kalau sudah masuk KEK, ada perlakuan ekonomi yang berbeda,’’ ujar bupati, Selasa (12/10).

Sejak 2009, cagar alam berjuluk Geopark Pacitan telah dibentuk. Namun, saat itu urung diusulkan ke UNESCO lantaran luas wilayahnya kurang. Pada 2015, barulah Geopark Gunung Sewu mendapat pengakuan dunia. Itu setelah Pacitan bergabung dengan dua kabupaten tetangga lintas provinsi. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button