Pacitan

Gempa di Siang Bolong Kejutkan Warga Pacitan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Sinyal waspada semakin kentara. Gempa bermagnitudo 4,9 skala Richter kembali mengguncang tepat pukul 12.00 Rabu siang (13/10). Kepanikan sempat melanda. Banyak warga berhamburan keluar rumah. Tak terkecuali aparatur sipil negara (ASN) yang turut berhamburan di halaman Setkab Pacitan.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Dianita Agustinawati mengatakan, pusat gempa di 78 kilometer barat daya Pacitan. Berada di tengah samudra dengan kedalaman sekitar 55 kilometer. Meski jauh dari daratan, kuatnya guncangan terasa merata di seluruh wilayah kabupaten paling selatan Jawa Timur itu. ‘’Gempa juga terasa hingga Trenggalek dan Wonogiri, Jawa Tengah,’’ ujarnya.

Dianita memastikan tak ada kerusakan infrastruktur. Merujuk tiadanya laporan dari masyarakat. Kendati getaran cukup terasa selayaknya jalan yang bergetar dilewati truk muatan. Kaca bergetar dan lampu gantung bergoyang. ‘’Situasinya masih terkendali, aman. Tidak ada laporan kerusakan bangunan,’’ tuturnya.

Warga diimbau tak takut berlebihan. Meski gempa yang terjadi sedikit menimbulkan kepanikan. ‘’Waspada boleh, panik jangan. Selalu pastikan durasi gempa agar tahu apa yang harus diperbuat selanjutnya,’’ pungkasnya. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button