Pacitan

Gempa di Barat Daya Pacitan, Guncangan seperti Ada Truk Lewat

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Gempa dengan magnitudo 5,1 skala Richter (SR) berpusat di 63 km barat daya Pacitan terjadi pukul 15.27 Kamis (10/9). Peristiwa itu sempat membuat panik warga setempat. Hingga kini belum ada laporan kerusakan yang diterima badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) setempat.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Diannitta Agustinawati mengatakan, gempa kemarin merupakan yang terbesar sepanjang tahun ini. Sebelumnya, gempa berkekuatan 5,0 SR pernah mengguncang kampung halaman SBY itu pada Juni lalu. ‘’Goncangan dirasakan kurang dari lima detik seakan-akan ada truk lewat,’’ ungkapnya.

Dia menambahkan, gempa 5,1 SR itu termasuk yang pertama pada bulan ini. Sebelumnya, gempa sudah mengguncang Pacitan sebanyak 11 kali pada Agustus lalu. ‘’Rata-rata berkekuatan 3–5 SR,’’ katanya.

Kendati guncangan juga dirasakan hingga Jogjakarta, namun gempa tidak sampai memicu gelombang tsunami. Berdasarkan rilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa disebabkan adanya peningkatan subduksi di Samudra Hindia dan Eurasia.

Meski demikian, Dianitta tetap meminta masyarakat yang berada di kawasan pesisir pantai Pacitan waspada dan tidak terpengaruh dengan informasi kurang valid. ‘’Potensi gempa kemungkinan akan selalu ada. Karena aktivitas subduksi intensitasnya semakin sering,’’ terangnya. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close