Advertorial

Gelontorkan Rp 1,1 Miliar, Konjen Jepang Bantu Air Bersih Warga Sidomulyo

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Bantuan hibah rehabilitasi sarana air bersih di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan yang merupakan grassroots pemerintah Jepang diresmikan secara virtual, kemarin (11/2). Kegiatan yang berlangsung di salah satu ruang Pendapa Pacitan itu juga menampilkan penandatanganan prasasti oleh Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang Masaki Tani di Surabaya.

Ketua Wahana Anak Bangsa Peduli Indonesia Maju (WABPIM) Pacitan, Siwi Rochani mengatakan dana sebesar Rp 1 miliar digelontorkan untuk pembangunan ini. Dana tersebut digunakan untuk pemasangan jalur induk sepanjang 9.286 meter untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk 4.345 jiwa. ‘’Karena masyarakat di Desa Sidomulyo membutuhkan air bersih dan mempunyai dua sumber air yang bagus. Pemanfaatannya untuk 4 ribu jiwa, makanya kami memilih lokasi desa ini,’’ tuturnya.

Kegiatan ini dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dan dapat membantu masyarakat agar bisa memenuhi kebutuhan air bersih. Pihaknya berharap masyarakat dapat menggunakan sebaik mungkin. ‘’Dengan sarana ini, kami berupaya mendekatkan air kepada masyarakat. Masyarakat bisa menggunakanya secara hemat dan terkoordinir,’’ jelasnya.

Dia juga berharap bisa tetap menjalin kerja sama dengan pemerintah Jepang melalui konjen di Surabaya. Selain itu juga masih dipercaya untuk mengajukan proposal ke pemerintah Jepang. ‘’Dan yang pasti pemerintah daerah selalu mendukung kegiatan yang dilaksanakan WABPIM,’’ harapnya.

Sementara, Konjen Jepang Tani Masaki percaya dengan WABPIM Pacitan dalam mewujudkan hibah ini. Dia juga menyebut, bantuan hibah ini juga sebagai tanda persahabatan antara Jepang dan Indonesia. Dia juga berharap bantuan ini digunakan semaksimal mungkin dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Sidomulyo. ‘’Semoga masyarakat tercukupi untuk kebutuhan air bersih untuk dikonsumsi,’’ tuturnya.

Bupati Pacitan Indartato juga menambahkan ikut memberikan dukungan terhadap pelaksanaan hibah ini. Dia juga berterima kasih adanya proyek rehabilitasi air bersih ini. ‘’Saya harap kerja sama ini perlu dilanjutkan karena sangat membantu masyakarakat. Semoga bantuan air bersih ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat hingga anak cucu nanti,’’ pungkasnya. (uci/aan/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button