Magetan

Gedung Direnovasi, Pinjam Buku Dibatasi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Layanan pinjam-meminjam buku di perpustakaan Magetan tersendat. Penyebabnya, gedung lantai atas untuk menempatkan buku dan ruang baca telah dikosongkan. Ribuan eksemplar buku koleksi dinas kearsipan dan perpustakaan (arpus) setempat juga masih di dalam karung. ‘’Renovasi belum selesai, jadi pelayanan belum maksimal,’’ kata Kabid Pengembangan Perpustakaan Dinas Arpus Magetan Dwi Suprih Jumat (25/10).

Dwi menyebut, layanan lembaganya cukup terbatas hingga nanti renovasi rampung. Buku yang masih bisa dipinjamkan adalah buku pengembalian pengunjung. Ditempatkan khusus di keranjang untuk memudahkan. Sedangkan di dalam karung tidak bisa dipinjamkan. Alasannya tidak ingin membuat repot petugas. Kondisi tersebut membuat banyak pengunjung kecewa. ‘’Kami berikan pengertian kepada pengunjung lewat pemustaka,’’ ujarnya.

Dinas arpus juga sempat menolak kunjungan anak-anak TK. Sebab, kondisi gedung tidak memungkinkan untuk diisi pengunjung dalam jumlah banyak. Apalagi banyak material pekerjaan yang cukup membahayakan. ‘’Kami siasati dengan mengirimkan mobil perpustakaan keliling (MPK) untuk anak-anak TK itu,’’ tuturnya.

Dwi berharap masyarakat tidak terlalu kecewa jika tidak bisa memperoleh layanan maksimal. Sebab, membaca tidak melulu datang ke lokasi perpustakaan. Ada buku digital yang bisa dijadikan pilihan. Lebih mudah karena bisa dibaca dalam berbagai situasi lewat gadget. ‘’Koleksi memang tak sebanyak buku cetak. Tapi, tetap bisa digunakan sebagai referensi dan bahan bacaan,’’ paparnya.

Dinas arpus menarget lantai bawah gedung bisa ditata buku di awal November. Kemudian membenahi jaringan untuk layanan komputer pascarenovasi. Dinas komunikasi dan informatika serta PT Telkom sudah diajak koordinasi. ‘’Layanan perpustakaan dipusatkan di lantai bawah, dan lantai atas hanya untuk kantor,’’ tandasnya. (bel/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button