Pacitan

Gayuhan, Wisata 1.001 Lubang

Akses ke Pemandian Tirto Husodo Rusak Parah

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kondisi sejumlah akses menuju tempat pariwisata di Pacitan sungguh memprihatinkan. Kerusakan terparah terdapat di jalan menuju wisata tempat pemandian air hangat Tirto Husodo di Dusun Tawang, Desa Gayuhan, Kecamatan Arjosari.

Pantauan wartawan koran ini, banyak lubang menganga yang bisa membahayakan pengendara motor ketika melintasi satu-satunya akses menuju lokasi pemandian tersebut. Terlebih saat lubang jalan itu tertutup air.

Awalnya, yang rusak hanya sebagian ruas jalan. Namun, lantaran jalan tersebut sering dilalui truk-truk penambang pasir, kerusakan terus merembet. Warga sudah menyampaikan kerusakan jalan itu ke pemkab. Tapi, perbaikan hanya dilakukan dengan sistem tambal. ‘’Sudah empat tahun rusak,’’ kata Wulan Hariyono, salah seorang warga Dusun Tawang, saat ditemui di lokasi Selasa (21/1).

Sebagai bentuk protes, Hari –sapaannya– beserta warga lainnya lantas memasang papan kayu yang berisi sindiran soal kondisi jalan rusak di lingkungan mereka. Seperti Gayuhan wisata 1001 lobang; Butuh aspal ojo ditambal; serta Musim udan dadi sawah, musim panas mangan bledok, jal pie?

Karena warga di desa itu sebagian besar adalah petani yang berpenghasilan pas-pasan, Hari mengaku hanya bisa menambal jalan sepanjang empat kilometer itu dengan tanah. Tapi, tidak bertahan lama. ’’Saat hujan, sudah tidak bisa dilalui sama sekali. Jalan tergenang air dan lumpur,’’ ujarnya.

Warga berharap pemkab segera memperbaiki jalan ke arah tempat pemandian air hangat tersebut. Sebab, selama ini kerusakan jalan sangat menyulitkan warga, apalagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke pemandian banyu anget. Selain itu, jalan tersebut menjadi akses warga setempat yang mayoritas petani untuk menjual hasil pertanian mereka ke wilayah lain. ‘’Kalau bisa jalan itu diaspal,’’ pinta Hari. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close