Magetan

Gawat! Warga Positif Covid-19 Gelar Kenduri, 47 Tamu Reaktif

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Acara kenduri di Kediran, Lembeyan, berujung petaka. Gegaranya, si tuan rumah acara ternyata positif Covid-19. Akibatnya, 47 orang langsung reaktif saat dites cepat massal pada Kamis (17/6). ‘’Dari 65 tamu undangan, ada 47 yang reaktif,’’ kata Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Rohmat Hidayat, Jumat (18/6).

Insiden kenduri berujung reaktif massal di Kediran terungkap usai dinkes menerima laporan dari RSU Aisyiyah Ponorogo, Senin lalu (14/6). Hari itu, ada seorang warga Kediran yang masuk bangsal rumah sakit dengan keluhan mengarah Covid-19. Belakangan hasil tes menunjukkan perempuan tersebut positif terpapar korona.

Dinkes mencoba menggali lebih dalam. Terungkap bahwa warga Kediran itu usai pulang dari Purwodadi pada 1 Juni. Sejak 5 Juni yang bersangkutan telah mengeluh sakit. Namun tetap memaksakan menggelar kenduri untuk memperingati seribu hari meninggalnya sang suami. ‘’Yang diundang ada 65 orang,’’ beber Rohmat.

Setelah dilacak, sebagian besar tamu kenduri berkontak erat dengan perempuan tersebut. Tak heran bila didapati ada 47 warga yang reaktif dari hasil tes cepat massal. Seluruh warga yang reaktif diminta menjalani isolasi mandiri lantaran tidak menunjukkan gejala sedang maupun berat. ‘’Sementara waktu warga diimbau untuk tidak menggelar acara yang berpotensi menimbulkan kerumunan,’’ tegasnya. (fat/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button