News

Garwane Arjuna Yaiku

×

Garwane Arjuna Yaiku

Share this article

Garwane Arjuna Yaiku – Lambang keindahan dunia pewayangan yakni lemah lembut dan elok adalah istri keempat Raden Arjuna, Dewi Sumabdra. Sayangnya kisah hidupnya tidak seindah wajahnya. Bagaimana kisah hidup karakter ini?

– Selain dewi Srikandi, Raden Arjuna mempunyai banyak istri lain, salah satunya adalah dewi Wara Subadra (Sembadra atau Sumadra dalam bahasa Jawa). Dewi yang dikenal dengan nama “Rara Ireng” ini merupakan putri Rohini dan Prabu Basudev, penguasa kerajaan Surasena.

Garwane Arjuna Yaiku

Ia dipanggil ‘Rara Ireng’ sewaktu kecil karena kulitnya yang gelap. Namun Dewi Sumabdra memiliki paras cantik ketika sudah tua. Selain parasnya yang cantik, ia juga mempunyai sikap lemah lembut, tutur kata yang halus, dan watak yang berwibawa. Tak heran jika potretnya kemudian digambarkan sebagai seorang lelaki kerajaan Jawa.

Soal Pat B.jawa Kelas 5

Sebagai seorang istri, Dewi Sumabdra sangat berbakti kepada suaminya. Ketika Pandawa mengunjungi kakak laki-laki Sumabdra, Kresna di Dwarka, dia bertemu Arjuna. Melihat mereka saling jatuh cinta, Kresna menasehati Arjuna untuk menikah dengan Sumabdra.

Raden Angkawijaya (Abhimanyu) lahir dalam pernikahan itu. Putranya tidak berumur panjang karena terbunuh dalam pertempuran Kurukshetra. Kejadian ini menyisakan duka yang mendalam bagi Sumbrada.

Dewi Sumabdra konon merupakan anak dari Bathara Shri Vidhyavati, istri Bathara Wisnu. Di akhir ceritanya, dia ditikam hingga tewas oleh Burrisrao Carey.

Burisarao, yang jatuh cinta padanya, menghentikannya di jalan pada malam hari. Namun, karena dia tidak menyukai Buriswara, Sumabdra mengabaikannya. Buiswara yang terluka kemudian mengeluarkan kari untuk menakutinya.

Ulangan Jawa Bab 2 Smstr 2

Tanpa diduga, Sumbadra mendatanginya dan mengambil Keri ke dalam hatinya. Dia meninggal dan atas saran Sri Krishna, Burisvara melemparkan tubuhnya ke laut.

Baca Juga  Kelipatan Persekutuan Terkecil Dari 48 Dan 60 Adalah

Sakit, bukan? Meski berakhir tragis, sosok Sumabdra yang tetap menjaga sikapnya patut diacungi jempol. Dimanapun Anda berada, jika Anda sopan, orang akan menghormati Anda.

Tak heran jika Sumbadra kemudian menjadi salah satu dewi yang disembah oleh masyarakat Hindu di Kuil Jagannath, India. Cerita yang menarik! (IB15/E03)

Media merupakan perusahaan digital yang fokus mengembangkan aset lokal dan potensi budaya di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Memperkenalkan warna baru Indonesia kepada generasi milenial.

Tugas Sj Klasik

Sage yaiku, yaiku, garwane raden arjuna, sesorah yaiku, geguritan yaiku, garwane, wangsalan yaiku, novel yaiku, beskap yaiku, ruwatan yaiku, tembang yaiku, arjuna