News

Garis Batas Pada Lapangan Permainan Galasin Berupa

×

Garis Batas Pada Lapangan Permainan Galasin Berupa

Share this article

Garis Batas Pada Lapangan Permainan Galasin Berupa – Permainan tradisional ini biasa disebut Galasin di daerah saya. Tadinya aku berpikir mungkin ada hubungannya dengan galaksi karena penempatannya normal dan sebagainya.. Tapi ternyata Galasin berasal dari kalimat Galah Asin.. Galah karena pemain dari tim “penjaga” berusaha sejauh mungkin dengan tangannya sehingga dapat menyentuh pemain tim lawan. Jadi bentuknya seperti tiang.. Hehe. Kalau ada yang belum tahu apa itu tiang, berikut gambarnya.

Permainan diawali dengan pembagian tim melalui gambreng. Setelah dipecah menjadi dua kelompok, kedua kelompok tersebut akan dicocokkan untuk melihat siapa yang akan dipanggil.

Garis Batas Pada Lapangan Permainan Galasin Berupa

Ah iya… Sebelum memulai, pitch harus dipersiapkan. Biasanya, untuk kenyamanan, kami menggunakan lapangan bulu tangkis. Pada dasarnya ada beberapa zona atau lapisan yang memiliki pelindung. Dan ada satu pemain dari tim yang menjaga seperti orang jorok…

Permainan Tradisional Dari Jogjakarta

Lapangan akan dibagi menjadi beberapa bagian sepanjang… seperti level dalam permainan dan sepanjang… yang akan membagi lapangan permainan menjadi dua… seperti jalur yang akan diambil “selodor” akan dijelaskan lebih detail di Kontinuitas.

Pemain yang berjaga akan mengisi barisan di seluruh lapangan…seperti halnya level. Biasanya kita isi strateginya, lapisan terakhir dan paling awal akan diisi oleh orang yang lengannya paling panjang.. hal ini karena kedua lapisan itu adalah yang paling penting. Level terakhir menentukan apakah lawan dapat meninggalkan lapangan dan level pertama menentukan apakah lawan dapat memasuki lapangan. Jumlah level atau garis akan sama dengan jumlah pemain dalam satu tim. biasanya.. antara 3-6 orang. Jika ada lebih banyak. .kemudian lapangan menjadi lebih besar.

Orang yang terpisah .. dari tim yang bertugas .. disebut “celondor” .. membagi lapangan permainan menjadi dua .. dapat berpindah dari satu ujung ke ujung lainnya. Mengunci lawan di dalam kotak adalah salah satu kegunaan utamanya. Dia juga bisa memberikan serangan kejutan kepada pemain yang terkena stun…lol… Posisi selondor ini merupakan posisi terpenting ketiga setelah barisan depan dan barisan belakang.

Pemain yang lengah akan mencoba masuk ke lapangan, lalu melewati semua level dan keluar di ujung yang lain… lalu mencoba lagi agar bisa mencetak gol… juga gol… Saya lupa istilahnya.. .. “mutiara” mungkin. Pokoknya itu saja..

Tolon Bantu Kak Pls Ya :)​

Bila salah satu lawan dapat mencetak gol ini.. maka suatu ronde selesai.. dan siapa pun yang tidak menjaga menang.. mendapat satu poin.. dan kemudian permainan diulangi lagi tanpa ada perubahan posisi penjaga.

Pemain yang tidak bertugas kalah jika salah satu anggotanya disentuh oleh pemain yang bertugas atau jika salah satu pemain meninggalkan sisi kiri atau kanan lapangan. Kalau yang lepas satu kaki saja.. tidak apa-apa.. tapi kalau dua-duanya.. berarti melenceng.. *ini taktik hehe* Kalau yang lengah meleset.. maka posisinya akan berubah, siapapun yang berada tidak berjaga menjadi berjaga dan sebaliknya…dan permainan berulang.

Baca Juga  Teater Modern Ide Ceritanya Biasanya Berasal Dari

Jika yang lengah terjebak… dan tidak bisa melarikan diri… maka dia bisa berhenti… sehingga timnya kalah.

Oh ya.. ada satu aturan lagi.. pemain yang tidak bertugas.. tidak boleh mencetak gol sampai semua rekan satu timnya sudah memasuki lapangan di babak kedua. Jadi jika ada satu pemain saja yang belum masuk ke lapangan…dia tidak bisa mencetak gol.

Pdf) Children’s Social Skills Through Traditional Sport Games In Primary Schools

Kalau di belakang rumah.. biasa ada lapangan bulu tangkis.. tapi pesertanya terbatas.. max 5 orang per hold.. kalau di depan rumah.. mungkin 8.. 😀

Setelah kemarin kita membahas Tak Benteng.. kali ini kita akan membahas Tak Jongkok.. permainan yang belum pernah saya lihat sejak saya tamat SMA.

Seperti namanya… Jongkok permainan ini melibatkan tindakan jongkok… jika ada yang belum paham apa itu jongkok… silahkan googling atau… berikut gambar balita jongkok :

Lalu kata “Terima kasih” sepertinya hanya bermaksud begitu saja.. kalau itu permainan.. contohnya.. Jangan Jongkok, Jangan Benteng, Jangan Mencari, Jangan Telanjang. .

Manajemen Pendidikan A 2013

Terima kasih Jongkok dimulai dengan gambreng. Simak postingan saya sebelumnya kalau belum tahu apa itu gambreng… 😀 di sini

Kalau tinggal dua orang… tidak ada lagi gambreng, maka dilakukan suit. Ini seperti permainan batu-kertas-gunting. Jadi setelan ini menggunakan ibu jari (thumb) – telunjuk – kelingking. Jempolnya seperti gajah, jari telunjuknya manusia, dan jari kelingkingnya seperti semut. Gajah memukul manusia (ibu jari menyentuh telunjuk), manusia memukul semut (jari menyentuh kelingking), dan semut memukul gajah (kelingking memukul ibu jari).

Tidak, tidak terlalu buruk.. tapi tidak ada yang menginginkan posisi penjaga.. yah.. penjaga itu terlepas dari kutukan ketika dia menyentuh pemain lain. Makanya…pemain lain akan lari menghindari penjagaan..

Jadi… dimana fungsi capturenya? Kalau ada yang capek dikejar… atau sekedar ingin lepas dari kejaran… bisa jongkok. Penjaga tidak berpengaruh padanya dengan sentuhan.

Melestarikan Permainan Tradisional Melalui Classmeeting

Soalnya kalau semua mau jongkok.. hahaha.. Biasanya kalau main.. Aku jadikan satu orang korbannya.. 😀

Orang terakhir masih berdiri… jadi tidak bisa jongkok. Jika dia berjongkok, statusnya menjadi “Penjaga” dan dia beralih ke berburu.

Jadi…bagaimana status orang yang jongkok itu? Orang yang berjongkok tidak bisa tiba-tiba bangkit dan berlari lagi… tapi harus disentuh oleh orang yang berstatus seperti itu. Jika seseorang tiba-tiba bangkit dari posisi berjongkok, maka ia menjadi ‘Lihat’.

Baca Juga  Bilangan Kelipatan 6 Antara 17 Dan 36 Adalah

Lucunya…kalau yang berdiri dan penjaganya kerja sama…dia mau menyentuh orang yang jongkok…lalu penjaga itu menyentuh orang yang baru disentuh dari posisi jongkok itu. Awas dia.. huh… jahat banget dia.. apalagi kalau gendut.. 😛

Pdf_20220909_205441_0000 Pages 1 32

Waktu aku kecil…ada teman yang larinya kencang sekali,namanya Febri…namanya beda huruf dengan namaku. Dia suka menjadi sukarelawan untuk “menjaga” dan akan memburu anak-anak lain untuk menjaganya.. 😀 thnx sobat..

Orang yang jongkok.. tidak boleh dipaksa untuk berdiri.. Tapi sayang kalau dibiarkan jongkok terus.. jelek sekali kawan.. 😛 *kejadian sekali*

Unsur kejujuran juga penting… Apakah kamu “tersentuh” ​​atau tidak, tidak ada yang tahu kecuali dua orang itu… jadi kamu harus jujur…

Jadi ketika banyak orang yang jongkok kita akan saling mendekat sambil terus jongkok.. berpegangan tangan.. dan ketika satu orang menyentuh semua orang akan bangun.. kereeen.. 😀

Melatih Fisik Dan Mental Dengan Gobak Sodor

Saya biasa memainkan permainan ini ketika saya masih kecil. Kalau tempat guanya disebut Tak Benteng…di tempat lain sepertinya disebut Bentengan…

Konsep Bukan Benteng ini cukup sederhana… saling berusaha saling menyentuh benteng (tiang) masing-masing, bisa berupa tiang, pohon, meja atau apapun yang bisa dijadikan acuan. Ada dua tim yang bersaing untuk menjadi yang pertama menyentuh kastil lawan di setiap putaran… siapa pun yang paling banyak menyentuh di akhir permainan adalah pemenangnya.

Dimulai dari pembagian kelompok, gambreng sering kita gunakan untuk menarik anggota kelompok. Setelah itu, tim akan menuju ke masing-masing benteng yang telah mereka sepakati.

Setiap anggota tim akan berusaha menyentuh benteng lawan, ada juga yang menjaga bentengnya. Semakin banyak anggota game semakin menarik.. 10 vs 10 misalnya.. huehue.. tapi kemudian jadi rumit untuk menentukan siapa yang “asin”.. ya.. istilah itu asin.. itu penting . Asin artinya orang yang keluar benteng duluan.. jadi.. aturan dasar tidak membentengi adalah..

Permainan Tradisional Gobak Sodor

Saat kamu disentuh oleh orang yang lebih kuat, kamu menjadi tawanan dan diminta untuk menahan benteng lawan… hingga akhirnya sebuah ronde berakhir atau temanmu menyentuhmu. Tangan yang panjang sangat penting disini…apalagi jika tanganmu bisa menyentuh benteng lawan tanpa melepaskan tanganmu dari bentengmu sendiri.. hahaha.. puanlong banget…

Jika kamu meninggalkan bentengmu lebih awal… maka kamulah yang asin dan menjadi tawanan ketika disentuh oleh sesuatu yang lebih kuat.

Biasanya kita pakai yang namanya “kakak”.. itu istilah untuk umpan. Kami biasanya memilih orang yang paling lincah… mereka akan mendekati lawan dan memancing lawan menjauh dari benteng…

Baca Juga  Memakai Pakaian Putih Mencukur Kumis Memakai Wangi-wangian Merupakan

Ketika dia mengejar sang kakak.. maka teman-temannya akan berusaha mencari lubang agar bisa mendekati benteng lawan.. bila perlu menyerang.. hehehe

Aturan Permainan Gobak Sodor Dan Manfaatnya Untuk Anak

Biasanya kalau aku gak jaga benteng… aku cadangan, misal kalau temanku kena… aku kejar kailnya… dan walaupun aku gendut… aku kuat untuk berlari.. 😛

Biasanya kita menggunakan pohon kedondong atau tiang listrik terlebih dahulu. Usahakan untuk memperkecil ukuran benteng… agar sulit untuk disentuh. Penting juga untuk memilih salah satu di balik tembok… sehingga musuh tidak dapat menyelinap dari belakang.

Aku rindu masa-masa itu.. dulu aku sering bermain dengan teman-temanku dan teman-temanku di SD.. di SMP aku masih sering bermain.. tapi di SMA.. terkenal sekali.. huehue

Permainan tradisional ini jauh lebih menarik dan bermanfaat dibandingkan permainan komputer masa kini… Saya yakin anak saya akan menjadi maniak permainan komputer…

Pdf) Cublak Cublak Suweng Dan Gobak Sodor: Pengembangan Karakter Anak Dalam Permainan Tradisional Yogyakarta

Game ini melatih fisika, kerjasama dan juga kejujuran.. karena harus jujur ​​kalau asin.. hehe

Dibawah ini sekilas postingan kita dua minggu ke depan… semoga postingan dua hari sekali… haha

Pertama..tentang mainan tradisional..kita akan membahas tentang mainan anak kecil terutama ketika saya masih kecil. Aku rindu semua kegiatan ini… dan postingan ini akan menjadi dokumentasi untuk generasi mendatang… agar game ini tidak mati. *mendesis*

Game yang saat ini sudah tidak pernah dimainkan lagi…masih ada beberapa lagi yang belum tercantum…mungkin akan saya posting lain kali…

Plbj Materi Galasin

Postingan selanjutnya juga tentang kehidupan di Korea.. yang mau aku beri judul.. “Cara hidup di Korea apa adanya” 🙂 Permainan gobak sodor adalah permainan dimana kamu menghentikan lawan untuk mencapai garis finish. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim terdiri dari tiga orang. Satu tim sebagai penghalang dan satu tim sebagai penyerang. Gobak Sodor dimainkan di lapangan berbentuk persegi yang batas-batasnya ditandai dengan kapur. Posisi depan dan penjaga berubah ketika pemain penyerang disentuh oleh pemain yang memblokir.

Gobak Sodor tidak bisa dimainkan sendirian. Permainan ini hanya dapat dimainkan secara berkelompok. Gobak Sodor

Garis lapangan futsal, ukuran garis lapangan futsal, garis lapangan basket, garis lapangan badminton, garis batas, cat garis lapangan badminton, garis lapangan bulu tangkis, permainan tenis meja merupakan permainan yang menggunakan lapangan berupa, buku garis batas, panjang garis lapangan permainan bulu tangkis dalam, garis lapangan voli, garis batas agustinus wibowo