Magetan

Galian C Ilegal di Karas Disegel Polisi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Penambangan ilegal yang diam-diam dilakukan MR, warga Desa Temboro, Kecamatan Karas, akhirnya terhenti. Penyidik Polres Magetan menyegel tambang galian C di Desa Temboro itu dan mengamankan si empunya usaha. ‘’Izinnya habis sejak Juli 2021,’’ kata Kasatreskrim Polres Magetan Iptu Rudi Hidajanto, Rabu (29/9).

MR diduga melanggar pasal 158 UU 3/2020 tentang Pertambangan lantaran nekat melanjutkan aktivitas kendati izin yang dikantongi telah kedaluwarsa. Rudi menyebut, pihaknya sudah lebih dari sekali mendatangi usaha MR bersama dinas lingkungan hidup (DLH) setempat. ‘’Sudah diimbau untuk mengurus perpanjangan izin, tapi enggan,’’ ujarnya.

Langkah tegas akhirnya diambil penyidik. Tambang di Temboro itu disegel kemarin. Lima dump truck dan satu ekskavator turut diamankan sebagai barang bukti. Polisi juga meminta keterangan kepada sebelas warga Karas, Panekan, dan Sukomoro sebagai saksi.

Menurut Rudi, ada potensi kerusakan lingkungan akibat aktivitas penambangan yang terus dilakukan oleh MR. Pihaknya telah meminta DLH untuk membantu mengkaji potensi kerusakan tersebut. ‘’Kalau memang terbukti, pasal yang dijerat bisa bertambah,’’ bebernya. (mg5/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button