KriminalitasMadiun

Gadai 11 Kendaraan, Bujang Penipu Rentalan Diringkus

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Sepak terjang Alfino Sutya, 24, menipu dan menggelapkan mobil sewaan hingga belasan kali berakhir. Warga Desa Gunungsari, Kecamatan/Kabupaten Madiun, itu diringkus Satreskrim Polres Madiun. Polisi turut mengamankan delapan kendaraan milik korban yang sudah digadaikan. ‘’Aksinya sudah 11 kali selama enam bulan,’’ kata Kapolres Madiun AKBP Bagoes Wibisono dalam rilis pers di mapolres Selasa (29/9).

Bagoes mengungkapkan, Alfino ditangkap di rumahnya Kamis (24/9). Terungkapnya perbuatan bujang itu atas laporan KSW, warga Desa Kaibon, Geger, sehari sebelumnya. Korban merasa ditipu karena mobil Toyota Avanza hitam yang dirental tersangka tidak dikembalikan. ‘’Kami lakukan penyelidikan lewat melacak identitas yang ditinggalkan tersangka ke pemilik rental,’’ ujarnya.

Hasil pemeriksaan tersangka, mobil KSW berada di Bojonegoro. Penyidik lantas melakukan pengembangan. Hasilnya, tujuh mobil dan satu motor milik korban lainnya ditemukan. Perinciannya, masing-masing dua unit Suzuki Ertiga warna abu-abu dan Toyota Avanza warna hitam.

Juga, satu unit Honda Jazz hitam, Honda Mobilio hitam, Daihatsu Sigra putih, dan motor Yamaha Aerox. Kendaraan tersebut ditemukan di Magetan; Kota Madiun; dan Cepu, Jawa Tengah. ‘’Tidak ada penadah. Tersangka bekerja sendirian,’’ papar kapolres.

Bagoes menerangkan, modus Alfino berpura-pura sebagai penyewa mobil dan motor. Tanpa persetujuan pemilik, kendaraan itu digadaikan demi mendapat keuntungan pribadi. Nilainya, Rp 12 juta hingga Rp 35 juta. ‘’Uangnya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari,’’ ujarnya.

Polisi menjerat Alfino dengan pasal 372 dan 378 KUHP tentang penggelapan dan penipuan. Ancaman maksimalnya hukuman delapan tahun penjara. (mg4/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close