News

Fungsi Badan Golgi Pada Sel Hewan

×

Fungsi Badan Golgi Pada Sel Hewan

Share this article

Fungsi Badan Golgi Pada Sel Hewan – , Jakarta Tidak hanya manusia yang memiliki struktur dan fungsi yang kompleks pada setiap bagian tubuhnya, tumbuhan dan hewan pun demikian. Dari bagian terbesar hingga terkecil, seperti sel, semua makhluk hidup memilikinya. Sel adalah unit hidup terkecil. Berbicara mengenai sel, menurut Oman Karmana dalam bukunya yang berjudul “Cerdas Belajar Biologi”, ada organisme uniseluler (uniseluler) dan multiseluler (multiseluler). Sedangkan berdasarkan inti selnya, ada organisme yang memiliki sel prokariotik, yaitu inti sel tanpa membran, dan sel eukariotik, yaitu sel dengan inti sel yang terikat membran.

Di dalam sel, Anda dapat melihat nukleus dan sitoplasma. Anda dapat melihat berbagai organel dalam sitoplasma berdasarkan buku “Biologi 2 Lapis XI SMA dan MA” karya Eva Latifah Hanum dkk, seperti retikulum endoplasma, ribosom, lisosom, mitokondria dan badan gogli. Aparatus Golgi, juga dikenal sebagai kompleks Golgi atau aparatus Golgi, adalah salah satu bagian terpenting dari sitoplasma. Pada organisme hidup, aparatus Golgi memiliki lebih dari satu fungsi.

Fungsi Badan Golgi Pada Sel Hewan

Jianyang Liu et al., dalam jurnal tahun 2021 berjudul “Role of the golgi apparatus in disease” menyatakan bahwa fungsi dari aparatus golgi atau aparatus golgi yang merupakan pusat produksi dan distribusi adalah untuk mengangkut dan menargetkan protein dan lipid terlarut ke berbagai daerah di dalam sel, sistem pencernaan atau sekresi di dalam sel.

Hewan Besar? Apakah Selnya Juga Besar?

Selain itu, aparatus Golgi terlibat dalam berbagai proses biokimia. Berikut analisis lebih detail mengenai fungsi badan Golgi, strukturnya, dan cara kerjanya, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (20 Desember 2022).

Sebelum mengetahui fungsi dari badan Golgi, Anda perlu mengetahui strukturnya terlebih dahulu untuk lebih memahami cara kerjanya. Aparat Golgi ditemukan pada tahun 1898 oleh Camilio Golgi. Hanum et al melaporkan bahwa badan Golgi tersebar di seluruh sitoplasma dengan panjang 1 – 3 µm dan lebar 0,5 µm. Vesikel dari aparatus Golgi dapat terlepas dan bermigrasi ke permukaan sel untuk melepaskan zat di luar sel.

Secara morfologis, Golgi terdiri dari vesikel asosiatif dan banyak vesikel datar yang dikenal sebagai cisternae, berdasarkan makalah tahun 2020 oleh Shuwen Deng et al. Sumbu Golgi dipasang di dekat ujung katoda mikrotubulus dan dihubungkan oleh peristiwa fusi dinamis untuk membentuk jaringan seperti pita. Struktur fungsional Golgi meliputi jaringan cis-Golgi, Golgi perantara, dan trans-Golgi.

Dalam buku “Teori Biologi Sel” karya Dwi Kameluh Agustina dkk tahun 2021, berdasarkan struktur organelnya, badan Golgi terbagi menjadi dua bagian, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu cis dan trans. Sedangkan Cooper GM dalam bukunya “The Cell: A Molecular Approach 2nd  Edition” menyatakan bahwa kompleks Golgi dibagi menjadi empat wilayah, baik kolom Golgi maupun kolom golgi (yang meliputi subunit perantara dan metabolik). Berikut deskripsinya:

Baca Juga  Tuliskan 4 Permasalahan Sosial Yang Terjadi Di Sekitar Kita

Organel Sel Dan Fungsinya Yang Tepat

Cis cembung dan biasanya diarahkan pada nukleus. Cis adalah bagian dari aparatus Golgi yang berfungsi sebagai reseptor vesikel, yang sebagian besar berasal dari retikulum endoplasma kasar (ER). Vesikel ini akan dilarutkan dalam rongga di badan Golgi dan kemudian isi dari vesikel ini akan digunakan untuk pemurnian dll. Jarak akan berubah dari cis ke trans.

Protein diangkut dari ER ke kompartemen perantara ER-Golgi dan kemudian ke aparatus Golgi melalui jaringan cis golgi. Mereka kemudian melanjutkan ke bagian tengah dan melintang kolom Golgi, tempat sebagian besar aktivitas metabolisme aparatus Golgi berlangsung. Protein, lipid, dan polisakarida yang dimodifikasi kemudian dikirim ke jaringan golgi metabolik. Pada sel vertebrata, tumpukan golgi ditutupi oleh membran tubular dan menampilkan jaringan seperti heliks yang dikenal sebagai pita golgi.

Fungsi aparatus golgi, yaitu daerah trans, adalah untuk bertindak sebagai pusat penyortiran dan distribusi, mengarahkan lalu lintas molekuler ke lisosom, membran plasma, atau ruang ekstraseluler. Dengan kata lain struktur crosstalk ini berfungsi membagi ruang-ruang dari cis.

Berdasarkan jurnal Jiangyang Liu et al., Shuwen Deng et al., buku Dwi Kameluh Agustina et al., dan buku Cooper, berbagai fungsi aparatus golgi adalah sebagai berikut:

Docx) Sel Hewan

Aparatus Golgi memiliki dua fungsi utama. Fungsi pertama aparatus Golgi adalah modifikasi pasca-translasi. Seperti glikosilasi, ini adalah modifikasi pasca-translasi umum yang terjadi di retikulum endoplasma (RE) dan pemrosesan golgi dan glikan di seluruh kolom golgi.

Fungsi utama terakhir dari aparatus golgi adalah mengatur, mengemas, mengangkut, dan mendaur ulang barang-barang yang dimodifikasi ini ke titik bergerak yang sesuai. Protein, serta lipid dan polisakarida, diangkut dari aparatus Golgi ke tujuan akhirnya melalui jalur sekretori. Ini melibatkan pengaturan protein menjadi berbagai vesikel pengangkut, yang meninggalkan jaringan metabolisme golgi dan mengangkut isinya ke situs seluler yang sesuai.

Beberapa protein diangkut dari Golgi ke membran plasma melalui jalur sekresi konstitutif yang bertanggung jawab untuk penggabungan protein dan lipid baru ke dalam membran plasma serta penghilangan protein dari sel secara terus menerus. Protein lain diangkut ke permukaan sel melalui jalur sekretori yang diatur atau secara khusus ditargetkan ke situs intraseluler lainnya, seperti lisosom dalam sel hewan atau vakuola dalam ragi.

Baca Juga  Karangan Bahasa Sunda

Selain fungsinya dalam transportasi membran dan glikosilasi, aparatus Golgi terlibat dalam berbagai proses biokimia, termasuk mitosis, perbaikan DNA, respons stres, autofagi, apoptosis, dan peradangan. Sementara itu, fungsi biologis golgi berasal dari posisinya yang sentral dalam jalur sekretori dan peran pengaturannya dalam sejumlah besar molekul pensinyalan.

Penjelasan Lengkap Fungsi Badan Golgi Dan Strukturnya

Fungsi terakhir dari aparatus Golgi adalah membentuk kantung yang dikenal sebagai vesikel atau vesikel ekskretoris. Tas ini memiliki fungsi tarik keluar. Sekresi ini terjadi pada sel-sel tertentu di kelenjar, kantung kecil yang mengandung enzim dan zat lainnya.

Selaput plasma ini hampir seperti vesikel atau vesikel atau membran golgi. Membran bebas dapat menjadi bagian dari membran plasma.

Fungsi badan golgi pada tumbuhan adalah untuk membantu membangun dinding sel (pektin, hemiselulosa dan selulosa diproduksi di badan golgi). Badan Golgi berperan membangun dinding sel ini dengan mengumpulkan dan mengemas karbohidrat dan zat lain yang kemudian diangkut ke permukaan sel. Aparatus golgi juga memiliki fungsi tambahan sebagai tempat sintesis polisakarida kompleks dinding sel ini.

Selain berfungsi sebagai filter pemilah, badan Golgi juga berfungsi sebagai kumpulan berbagai molekul yang akan digunakan dalam sekresi sel.

Organel Sel Hewan

Aparatus Golgi juga berfungsi sebagai tempat pertukaran protein dalam sel. Protein dan lipid dimodifikasi dan diproses secara berurutan di kolom golgi untuk membantu transportasi target ke lokasi yang benar. Pemrosesan protein di golgi melibatkan modifikasi dan sintesis bagian karbohidrat dari glikoprotein.

Salah satu aspek penting dari proses ini adalah modifikasi oligosakarida terkait-N yang ditambahkan ke protein di UGD. Protein dalam RE dimodifikasi dengan penambahan oligosakarida yang terdiri dari 14 bagian gula. Tiga bagian glukosa dan satu manosa kemudian dihilangkan sementara polipeptida tetap berada di UGD. Setelah diangkut ke aparatus Golgi, NO-ligosakarid yang sesuai dari glikoprotein ini mengalami transformasi ekstensif.

Selain aktivitas produksi dan distribusi glikoprotein dan transportasi lipid, aparatus Golgi juga berfungsi dalam metabolisme lipid, terutama dalam sintesis glikolipid dan sphingomyelin. Fosfolipid gliserol, kolesterol dan ceramide disintesis di UGD. Sphingomyelin dan glikolipid kemudian disintesis dari ceramide di badan Golgi. Sphingomyelin (satu-satunya fosfolipid non-gliserol dalam membran sel) disintesis dengan mengubah gugus fosforilkolin dari fosfatidilkolin menjadi ceramide. Atau penambahan karbohidrat ke ceramide dapat menghasilkan berbagai jenis glikolipid.

Baca Juga  Maket Pada Umumnya Terbuat Dari

Aparatus Golgi terlibat dalam pembentukan akrosom dan spermatozoa. Akrosom dan sperma mengandung enzim yang digunakan untuk memecah dinding telur.

Badan Golgi: Pengertian Dan Fungsinya Halaman All

* Kebenaran atau Kebohongan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang disebarluaskan, silahkan hubungi WhatsApp dengan nomor Fact Check 0811 9787 670 cukup dengan memasukan kata kunci yang diinginkan.

Chakra Khan Dituduh Haus Pujian Karena Konten Mixing Muncul di America’s Got Talent 2023: Saya Hanya Orang Biasa

Jadwal Pertandingan Liga 1 BRI 2023/2024: Persik Kediri vs Persib, Bali United vs Dewa United Live Indosiar dan Vidio

Jadwal Pertandingan Liga 1 BRI Pekan Kamis 28-30 Juli 2023: Persik vs Persib Bandung, Persija vs Persebaya Live Live Indosia Golgi Fungsi Tubuh – Salah satu topik dalam biologi adalah tentang sel. Dalam dokumen ini, kita akan mengenal banyak sel, salah satunya adalah sel badan Golgi atau yang biasa dikenal dengan aparatus Golgi. Sederhananya, badan Golgi adalah bagian dari nukleus. Keberadaan badan Golgi juga memiliki beberapa fungsi

Apa Saja 15 Bagian Sel Hewan? Fungsi, Bentuk Dan Senyawa

Sebagian dari Anda mungkin masih ingat dengan fungsi badan Golgi. Namun, jangan bingung jika sebagian dari Anda belum terlalu memahami fungsi dari badan Golgi. Karena Anda bisa mendapatkan penjelasan lengkap tentang semua yang terkait dengan tubuh Golgi di artikel ini.

Dalam sistem organisasi kehidupan, kita akan mengetahui bahwa itu disebut sel. Dalam hal ini, sel dapat dipahami sebagai bagian atau unit terkecil dari suatu organisme. Sel itu sendiri terdiri dari beberapa bagian lain yang dapat membuatnya bekerja.

Setiap bagian sel memiliki organ yang disebut aparatus Golgi. Sederhananya, badan Golgi adalah struktur seperti kantung yang juga memiliki membran ganda.

Bagian ini berperan dalam pembentukan lisosom, peroksisom, serta akrosom spermatozoa dan dalam sekresi sel untuk mengubah bahan yang dihasilkan.

Perbedaan Sel Hewan Dan Tumbuhan

Fungsi organel pada sel hewan, fungsi lisosom pada sel hewan, fungsi kromatin pada sel hewan, fungsi ribosom pada sel hewan, fungsi sitoplasma pada sel hewan, fungsi vesikel pada sel hewan, fungsi sentriol pada sel hewan, fungsi nukleus pada sel hewan, fungsi mitokondria pada sel hewan, fungsi vakuola pada sel hewan, fungsi mikrotubulus pada sel hewan, fungsi sel pada hewan