Madiun

Fosil Binatang Purba Terpendam di Desa Sumberbendo, Saradan

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Warga Desa Sumberbendo, Saradan, dibuat heboh dengan temuan fosil hewan purba. Fragmen-fragmen fosil ditemukan di area ladang dan permukiman penduduk. ‘’Awalnya orang-orang sini menganggapnya batu,’’ kata Sukarno, warga setempat, Kamis (6/2).

Benda yang awalnya diduga batu yang terletak di halaman rumah warga itu lantas dicek. Sukarno beserta empat warga lain mengeruk tanah di sekitar batu sebelum akhirnya mendapati tekstur lebih mirip tulang. ‘’Beberapa waktu lalu ada tim purbakala datang ke sini. Perkiraan awal, ini fosil binatang purba,’’ ungkapnya.

Pernyataan tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur itu, lanjut dia, membuat warga setempat ramai-ramai berburu fosil. Fragmen pun lantas banyak ditemukan. Meliputi fosil gajah, banteng, kura-kura, kera, hingga kuda nil. ‘’Tim purbakala itu yang mengatakan jenis-jenis fosil tersebut hewan apa saja,’’ ujar Sukarno.

Kepala Desa Sumberbendo Suprapto menyampaikan bahwa sudah sejak lama terdapat temuan-temuan seperti itu. Namun, warga tidak terlalu menghiraukan lantaran dianggap sebagai batu biasa. ‘’Beberapa waktu lalu ada tim dari Trowulan dan Sangiran yang ke sini untuk memastikan itu. Katanya juga akan ditindaklanjuti dalam waktu dekat,’’ katanya.

Suprapto berharap, temuan fosil hewan purba itu bisa menambah objek wisata dan ikon desanya. ‘’Bisa dibuatkan museum ke depannya. Banyak anggapan dari sesepuh di sini kalau saat ini sudah waktunya bondho (kekayaan, Red) yang terpendam untuk keluar. Sesuai nama Sumberbendo atau sumber bondho,’’ sebutnya. (den/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close