AdvertorialMadiun

Forpemma Bantu Pemkot Madiun Gagas Pembangunan Berkelanjutan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Peran masyarakat dibutuhkan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Karena itu diperlukan forum komunikasi bagi kelompok masyarakat untuk merumuskan konsep pembangunan bottom up. Hingga akhirnya dibentuk forum pembangunan masyarakat Kota Madiun (Forpemma) yang diresmikan oleh wali kota Maidi di GCIO kemarin (21/10).

Maidi menyebut Madiun saat ini menuju kota metropolis. Artinya, Kota Madiun tidak cuma milik para warganya, tapi juga bagi pendatang. Dari situ kemudian pemkot berusaha memperbanyak ruang komunikasi publik. Jadi masyarakat diajak bicara. ‘’Dengan begitu pemerintah bisa tahu masalah macam apa yang dihadapi masyarakat dan apa yang harus diselesaikan,’’ ujar Maidi.

Karena itu, keberadaan forpemma bisa memberikan masukan dan gagasan soal perencanaan pembangunan berkelanjutan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan usulan yang mereka sampaikan setelah melalui sejumlah kajian dapat ditampung saat musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang). ‘’Kami harapkan bisa membawa dampak untuk mempercepat capaian program yang ada di dalam RPJMD. Intinya tetap disitu. Sehingga, masukan mereka bisa membawa kemajuan Kota Madiun,’’ terang mantan Sekda Kota Madiun tersebut.

Di dalam forpemma terdapat sejumlah elemen masyarakat. Mulai dari LSM, eksekutif, legislatif, pengacara, praktisi, akademisi, dan media. ‘’Organisasi ini terbentuk setelah Yayasan Bambu Nusantara terpilih sebagai mitra utama program madani di Kota Madiun dari USAID. Tujuannya supaya dapat berkontribusi positif dalam pembangunan daerah,’’ jelas Ketua Forpemma Budi Santoso.

Lebih lanjut, Budi berharap forpemma dapat memberikan masukan kepada pemkot untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. ‘’Kami bertekad sebagai sumber solusi untuk kemajuan Kota Madiun. Bukan justru menjadi sumber masalah,’’ katanya. (her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close