News

Flora Dan Fauna Di Myanmar

×

Flora Dan Fauna Di Myanmar

Share this article

Flora Dan Fauna Di Myanmar – Kabar baik dari Burma. Para ahli konservasi yang mengidentifikasi berbagai jenis burung di Tanah Air berhasil mengamati 1.114 jenis burung. Ini termasuk 20 spesies burung baru yang tidak tercatat antara tahun 2010 dan 2014.

Daw Thiri Dae Ung dari Burma Bird and Nature Society mengatakan tujuh dari 20 spesies tersebut tidak ditemukan di tempat lain di Asia Tenggara.

Flora Dan Fauna Di Myanmar

Sementara itu, Tet Zaw Naing, salah satu peneliti, mengatakan burung penjaga besar dan elang botak merupakan dua dari 20 jenis burung yang tidak tercatat selama empat tahun survei lapangan yang dilakukan oleh Bird Society and Nature and Wildlife. Conservation Society, Flora and Fauna International dan beberapa organisasi lainnya.

The Inle Lake: Pesona Keindahan Dan Budaya Di Myanmar

Burma adalah salah satu benteng keanekaragaman hayati di Asia. Diperintah oleh kediktatoran militer yang kejam dan brutal selama 50 tahun terakhir, negara ini telah mengadopsi kebijakan yang mengisolasinya dari dunia internasional. Oleh karena itu, lambatnya pembangunan di negara berpenduduk 50 juta jiwa ini tentunya memungkinkan terjadinya pertumbuhan dan pengembangan keanekaragaman hayati yang berkelanjutan dari perspektif konservasi.

Namun, segalanya berubah dengan cepat setelah tahun 2011, ketika militer mulai berbagi kekuasaan dengan oposisi dan pintu masuk investasi mulai terbuka. Pakar lingkungan khawatir situasi ini akan mengarah pada pembangunan skala besar tanpa mempertimbangkan dampak lingkungan. Terutama perlindungan satwa di dalam negeri.

Masalah lain terkait perburuan juga memprihatinkan. Banyak burung mati ditemukan di sekitar Danau Tangtaman dan Paleik dekat Mandalay, kota terbesar kedua di Burma. Jangan lupakan meluasnya penggunaan pestisida yang mengancam perlindungan burung, seiring dengan promosi sektor pertanian yang dilakukan oleh pemerintah Burma.

Baca Juga  Apa Akibatnya Jika Anggota Piket Kelas Tidak Bersatu

Selain itu, sejak tahun 2012, orang asing diperbolehkan menyewa tanah di Burma. Tanahnya yang subur dan statusnya sebagai “semangkuk nasi Asia” telah menarik negara-negara seperti India dan Tiongkok untuk berinvestasi di bidang pertanian.

Berbagai Satwa Endemik Di Asia Tenggara

Tidak dapat dibayangkan berapa banyak lahan yang akan dibuka untuk pertanian di masa depan. Terlebih lagi, belum ada yang yakin apakah pemerintah Burma akan memprioritaskan konservasi alam. Spesies monyet baru dari Burma, lutung, terancam punah. Hewan ini memiliki ciri unik dengan adanya lingkaran putih di sekitar matanya. (Thaung Menang/BBC)

Lutung Popa, dinamai berdasarkan lokasinya di Pegunungan Popa, berada dalam status kritis dan hanya tersisa sekitar 200 ekor.

Para ilmuwan telah lama menduga kemungkinan adanya spesies baru berdasarkan DNA yang diekstrak dari kotoran monyet liar di Burma. Namun bukti adanya monyet sulit ditemukan.

Dengan informasi yang terbatas, para ilmuwan beralih ke spesimen yang dikumpulkan dari waktu ke waktu dan disimpan di museum sejarah alam di London, Leyden, New York, dan Singapura.

Sebangau National Park

Peneliti mengekstraksi DNA lalu mengukur ciri fisik seperti panjang ekor dan telinga, lalu membandingkannya dengan populasi liar.

Proses ini akhirnya mengungkap keberadaan spesies baru, lutung Popa, yang ditemukan di hutan Myanmar tengah.

Sebagian besar populasi monyet tinggal di taman satwa liar di kaki Gunung Popa yang dianggap keramat oleh masyarakat setempat.

Deskripsi ilmiah tentang spesies ini akan membantu melindunginya, kata Frank Momberg dari Flora and Zoo International.

Contoh Yg Diatastuliskan Fauna Dan Flora Di Asean 10 Negara ​

“Jangkar poppa sudah sangat terancam punah dan terancam punah, jadi penting untuk melindungi populasi yang tersisa dan melibatkan masyarakat lokal dan pemangku kepentingan sektor swasta untuk melindungi masa depan mereka,” tambahnya.

Baca Juga  Kampung Naga Disebut Kampung Adat Lantaran

Hanya ada 200 hingga 250 hewan dari spesies baru ini yang hidup di empat populasi terisolasi.

Keterbukaan ini menyebabkan ditemukannya spesies baru dalam catatan ilmiah, termasuk berbagai jenis reptil dan amfibi. Namun, penemuan primitif baru jarang terjadi.

Hewan-hewan ini berisiko akibat hilangnya habitat dan perburuan, kata Christian Ross dari Laboratorium Genetika Primata di Pusat Primata Jerman di Göttingen.

Keunikan Dan Keindahan Bukit Panyangrayan, Wisata Alam Di Tasikmalaya Yang Lagi Hits Dan Viral

“Perburuan liar merupakan masalah besar, namun ancaman terbesarnya adalah habitat mereka hampir habis dan terus menyusut, serta terfragmentasi oleh perambahan manusia,” ujarnya.

Studi genetik menunjukkan bahwa lutung Popa (Trachypithecus popa) menyimpang dari spesies lain yang diketahui sekitar satu juta tahun yang lalu.

Dapatkan pembaruan berita pilihan harian dan berita terkini. Yuk gabung di grup News Update Telegram, klik link https://t.me/comupdate dan join. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

BERITA TERKAIT 4 Spesies krustasea baru ditemukan, dari krustasea hingga permata Para ilmuwan menemukan keanekaragaman spesies baru di Somalia Spesies dinosaurus baru ditemukan, dengan hanya dua jari, spesies krustasea baru ditemukan di bagian terpanas planet ini, para peneliti menemukan spesies hiu yang aneh. Kulit dan gigi

Fauna And Flora International Job Vacancy: Marine Programme Manager, Yangon

Jixie mencari berita yang mendekati preferensi dan pilihan Anda. Koleksi ini disajikan sebagai berita pilihan yang lebih relevan dengan minat Anda.

Hubungan aneh antara partai politik Korea Utara menolak penunjukan gubernur Jakarta oleh presiden, dan RUU DKJ disahkan dengan 15.601 suara dalam paripurna.

Flora dan fauna di indonesia, flora dan fauna di afrika, flora dan fauna negara myanmar, flora dan fauna di asiatis, flora dan fauna di eropa, flora dan fauna myanmar, foto fauna dan flora, pesebaran flora dan fauna, mencari flora dan fauna, persebaran fauna dan flora, majalah flora dan fauna, poster flora dan fauna