Madiun

FLLAJ Kota Madiun Rumuskan Solusi Ring Road Barat

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Harapan tidak adanya lagi korban kecelakaan di Ring Road Barat bergantung dari pembahasan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kota Madiun.

Secepatnya, Satlantas Polres Madiun Kota bakal mengundang pihak terkait di FLLAJ, pekan ini. ‘’Rencananya, Selasa atau Rabu ini,’’ kata Kasat Lantas Polres Madiun Kota AKP Budi Cahyono.

Dalam pembahasan tersebut bakal dilakukan evaluasi lalu lintas di Jalan Ring Road Barat. Sekaligus menyampaikan masukan-masukan masyarakat yang sampai saat ini terus ditampung. Kemudian disepakati solusi untuk mengatasi kecelakaan di jalur tersebut. ‘’Yang jelas untuk poin pembahasan, kami sampaikan evaluasi kejadian laka,’’ ujarnya.

Budi juga memberikan atensi khusus harapan keluarga korban. Sedikitnya lima lembaga pendidikan yang ada di jalur tersebut diberi tanda zona aman sekolah (ZOS). Hal itu bakal Budi sampaikan dalam forum tersebut. ‘’Ini masukan yang baik sekaligus menjadi atensi khusus,’’ tuturnya.

Budi juga bakal memperketat penjagaan. Pihaknya bakal mengirim petugas ke sejumlah titik rawan kecelakaan. Juga menempatkan penjagaan di lima sekolah tersebut. ‘’Terutama saat jam sibuk,’’ sebutnya.

Poin lain yang juga bakal dia sampaikan yakni memperketat penindakan. Pihaknya tidak bakal menoleransi pelanggaran di jalur tersebut. Baik kendaraan melawan arah maupun melaju di atas kecepatan maksimal yang diizinkan. ‘’Di jalur tersebut kecepatan maksimal 60 km/jam,’’ katanya.

Kecepatan tinggi menjadi penyebab utama kecelakaan di jalur tersebut. Hal itu juga menyebabkan pengendara terkecil (sepeda motor, sepeda) merasa waswas melintas. Pun jalur sepanjang 5,2 kilometer itu menjelma menjadi jalur semi-tol. ‘’Ya betul. Kami sudah survei, kendaraan melintas dengan kecepatan tinggi,’’ ungkapnya.

Dengan jalan itu, Budi berharap dapat menekan angka kecelakaan di jalur tersebut. Hingga kini tujuh nyawa melayang serta 22 orang luka-luka dari 15 total kecelakaan. Sejauh ini area black spot di wilayah hukum Polres Madiun Kota berada di Jalan Raya Jiwan-Solo Km 171-172. Tidak menutup kemungkinan area black spot bakal ditetapkan di Jalan Ring Road Barat. Tergantung hasil kajian dan evaluasi. ‘’Kami terus menampung masukan dari masyarakat, khususnya di jalur tersebut,’’ ucapnya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button