Madiun

Firman Noel Telussa Getol Ajak Warga Gemar Membaca

Buka Warung Literasi dengan Ratusan Koleksi Buku

Mengajak warga gemar membaca bisa dilakukan dengan berbagai cara. Firman Noel Telussa sengaja mendirikan warung yang dilengkapi perpustakaan mini. Bagaimana ceritanya?

===================

ASEP SYAEFUL BACHRI, Madiun, Jawa Pos Radar Madiun

DI sebuah rumah sederhana ujung Jalan Penataran, Kelurahan Patihan, sore itu Firman Noel Telussa tampak sendang menata ulang beberapa koleksi bukunya. Sementara, beberapa orang asyik membaca sambil menyeruput kopi di warung depan rumah itu.

Sekilas warung berukuran sekitar 3×4 itu seperti warung pada umumnya. Pun, yang dijual berupa minuman semacam kopi dan teh serta makanan ringan. Bedanya, warung itu dilengkapi perpustakaan kecil tak jauh dari bangunan tersebut.

Saat ini perpustakaan itu memiliki sekitar 850 judul buku yang dikoleksi Firman sejak kelas IV SD. Jenisnya beragam, mulai komik, sejarah, agama, psikologi, hingga buku karya tokoh nasional seperti Soekarno dan Hatta. ‘’Masih ada sekitar 1.000 buku yang saya titipkan di rumah teman. Belum ada tempat,’’ ujar pria 44 tahun tersebut.

Warung yang diberi nama Warung Literasi Darma Gandhul tersebut dirintis sejak 2015 silam. Bermula saat Firman menggelar lapak buku gratis di sejumlah tempat keramaian menggandeng beberapa organisasi kepemudaan. ‘’Sampai sekarang masih jalan. Tiap Minggu saat car free day,’’ tuturnya.

Selain sibuk mengajak masyarakat berliterasi melalui warung literasi dan perpustakaan jalanan tersebut, saat ini Firman sedang menggarap buku. Buku yang diproyeksikan terbit tahun depan itu merupakan novel sejarah autobiografi  seorang tokoh lokal. ”Pengenalan sejarah itu penting, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang paham sejarahnya,’’ ucapnya. *** (isd/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close