features

Figha Setia Pribadi, Pehobi Ikan Hias Sarat Prestasi

Nama Figha Setia Pribadi cukup mentereng di kalangan pehobi koi. Sederet prestasi berhasil dia ukir di tingkat nasional hingga internasional. Berkat prestasi yang diraihnya, koi dari peternakan Figha laris terjual sampai mancanegara.

FATIHAH IBNU FIQRI, Jawa Pos Radar Magetan

SOSOK Figha Setia Pribadi, 31, tak asing di kalangan pehobi koi Magetan. Figha bersama Heru Santoso, 48, merupakan pendiri komunitas penggemar Koi Nishikihoi Magetan. Komunitas itu berdiri pada 2015, setahun sejak Figha menekuni hobi memelihara koi. ‘’Sekarang sudah ada 20 anggota, dengan bermacam jenis koi,’’ ujarnya.
Sebagai pehobi, Figha tergolong rajin mengikuti berbagai kejuaraan. Dari puluhan kompetisi yang telah diikuti, dia sukses menyabet sejumlah prestasi bergengsi. Misalnya, Best in Size untuk jenis koi Koromo pada gelaran Asia Cup Koi Show di Jakarta, 2017 silam.

Akhir Mei lalu, Figha dan timnya meraih juara kategori Most Point di event Tulungagung Festival Koi Show 2021. ‘’Harga koi naik berlipat kalau juara kompetisi,’’ ungkapnya.

Koi hasil peternakan Figha terjual ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Pehobi dari berbagai daerah acap membeli koi dari Figha. Bahkan, pada 2017 lalu koinya sempat laku terjual ke Filipina. ‘’Memelihara koi itu seperti berinvestasi,’’ kata warga Sumberdodol, Panekan, itu.

Figha bermimpi menggelar kejuaraan koi sekelas nasional di Magetan. Menurutnya, penyelenggaraan event penting untuk lebih mengenalkan koi terhadap masyarakat. Terlebih, hobi koi terbukti merupakan bisnis yang menguntungkan, asalkan tekun. ‘’Saat ini pehobi di Magetan masih mengambil ikan dari luar daerah. Semoga ke depan Magetan punya pembibitan sendiri,’’ ucapnya.*(naz/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button