features

Febriana Fitri Nur Alifah Geluti Seni Tari sejak Belia

Dari Kisah Asmara Lahirlah Duhka

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Dunia seni tari sudah mendarah daging dalam diri Febriana Fitri Nur Alifah. Tidak sekadar mahir berolah tubuh, warga Perumahan Bumi Antariksa itu juga piawai menciptakan tarian maupun koreografi.

Misalnya tarian bernama Mekar Layung. Tari tersebut merupakan ciptaan Ifi, sapaan akrab Febriana Fitri Nur Alifah. Lewat tari itu pula Ifi dkk pada Januari lalu masuk 7 besar penyaji terbaik kategori regu kompetensi kreasi tari tradisi Nusantara yang digelar sebuah komunitas tari lintas profesi.

Ifi menggeluti seni tari sejak masih belia. Pun, selama sekolah selalu mengikuti ekstrakurikuler tari. Sementara, saat SMP sempat bergabung sebuah sanggar untuk belajar modern dance. ‘’Lumayan sering ikut lomba juga, dan mengisi event untuk penyambutan tamu maupun acara pernikahan,’’ ujarnya, Sabtu (9/10).

Kemampuan Ifi menari semakin terasah sejak kuliah di Prodi Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Sejak itu pula putri pasangan Darmoko dan Widiawati tersebut mulai menjajal dunia koreografi dengan menciptakan sejumlah tarian. Salah satunya Tari Duhka. ‘’Inspirasinya dari kisah asmara saya,’’ ungkap gadis 24 tahun itu.

Setelah lulus kuliah pada 2019 lalu, Ifi mendirikan sebuah sanggar tari di Kota Madiun. Lantaran modal terbatas, warga Perumahan Bumi Antariksa, Kelurahan Klegen, Kartoharjo, itu hanya bisa mengontrak sebuah tempat berukuran sekitar 3×5 meter. ‘’Sekarang sudah pindah di salah satu rumah meskipun tidak begitu besar,’’ tuturnya.

Berkat tangan dinginnya, beberapa anak didik Ifi berhasil memenangi kompetisi resmi. ‘’Misalnya juara II TikTok Dance Competition yang diadakan Universitas Semarang tahun ini,’’ katanya. (tr1/c1/isd/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button