Madiun

Fasilitas Lengkap di Tiga RTH Baru Kota Madiun

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Asri, Merak Indah, dan Respati Manis ditunjang berbagai fasilitas lengkap. Mulai dari taman, area bermain dan olahraga, tempat duduk, gazebo, identitas RTH, spot foto, serta sarana pendukung lain.

Seluruh sarana-prasarana mempertimbangkan fungsi edukasi, ekologi, rekreasi, interaksi sosial, serta ekonomi. ‘’Jadi pusat jujukan juga. Tapi, karena pandemi, warga harus menahan diri sejenak,’’ kata Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Utilitas RTH, PJU, dan Pemakaman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun Jemakir, Sabtu (21/8).

Kendati bertambah, menurut Jemakir, RTH di kota ini belum mencapai 30 persen dari total luas wilayah. Kendalanya, lahan terbuka semakin minim. Karena itu, penambahan RTH dilakukan dengan alternatif di kawasan perumahan dan permukiman. ‘’Jadi, ada lahan privat kompleks perumahan yang diserahkan ke pemkot, kami bangun,’’ terangnya.

Saat ini pihaknya menginventarisasi sejumlah perumahan yang berpotensi dibangun RTH. Jemakir memperkirakan dapat terealisasi tahun depan. Pun, anggaran tidak ter-cover dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun ini. ‘’Dalam PAK tidak ada alokasinya, kemungkinan tahun depan bisa kita tambah RTH-nya,’’ tuturnya.

Perawatan dan pemeliharaan tetap berjalan. Sedikitnya 140 personel disebar ke seluruh titik RTH. Anggaran pemeliharaan Rp 200 juta setahun untuk seluruhnya. ‘’RTH juga sebagai serapan dan menjaga lingkungan kawasan perkotaan. Karena itu, pemeliharaan intens dilakukan,’’ tegasnya. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button