Madiun

Fasilitas Alun-Alun Kota Madiun Direhabilitasi

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Kontraktor lokal mengemban tanggung jawab besar. Pemkot memercayakan rehabilitasi fasilitas taman alun-alun Kota Madiun kepada CV Gita Jaya Agung.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun Soeko Dwi Handiarto menegaskan, pemenang tender proyek dengan pagu Rp 1,75 miliar itu telah memulai pekerjaan sejak Februari. Saat ini progres awalnya diklaim melampaui target. ‘’Per hari ini (kemarin, Red) target 3 persen, tapi di lapangan sudah mencapai 6 persen,’’ kata Soeko.

Soeko menjamin rehabilitasi tidak mengubah keaslian bangunan. Hanya, dilakukan penambahan bangunan menyerupai paseban utama di sebelah kanan dan kirinya. Volumenya pun hampir sama dengan bangunan terdahulu. ‘’Ditambah volumenya dengan model yang sama,’’ ujarnya.

Tujuan penambahan konstruksi agar paseban dapat menampung lebih banyak tamu undangan. Sehingga tidak perlu lagi menyewa terop ketika ada acara pemerintahan. ‘’Ke depan lebih efisiensi anggaran,’’ tuturnya.

Selain rehabilitasi paseban, pekerjaan itu satu paket dengan panggung seni. Bundaran atau lampu HPIT yang saat ini berada di tengah alun-alun bakal dibongkar. Digantikan panggung permanen. Selanjutnya dapat difungsikan untuk kegiatan pentas seni dan budaya. ‘’Misalnya parade senja atau drumband tiap hari Minggu dan acara lainnya tidak perlu sewa panggung lagi,’’ terangnya.

Ditargetkan seluruh pekerjaan itu rampung Mei mendatang. Sebab, Juni telah digunakan untuk persiapan upacara kemerdekaan RI 17 Agustus. Sementara untuk rencana pembangunan jalur pedestrian dan penataan lokasi pedagang kaki lima (PKL) menjadi kewenangan dinas pekerjaan umum dan tata ruang (DPUTR) kota setempat. ‘’Kami berharap pekerjaan selesai sesuai target. Juga, ada penambahan beberapa lampu artistik,’’ ucapnya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button